SITE STATUS
Jumlah Member :
482.225 member
user online :
2519 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Hal-Hal Penting di Trimester Ketiga kehamilan

   

Hal-Hal Penting di Trimester Ketiga kehamilan



Memasuki trimester ketiga adalah tahap di mana Bunda akan merasakan keajaiban yang luar biasa. Dalam hitungan sekitar tiga bulan ke depan, Bunda akan melihat buah hati yang selama ini selalu terlindungi di dalam rahim Bunda. Berikut info dan tips seputar trimester ketiga kehamilan Bunda:

1. Trimester ketiga adalah rentang kehamilan 29 - 40 minggu. Berat janin usia 29 minggu sekitar 1,2kg dengan panjang 37cm. Janin akan memenuhi seluruh rahim Bunda sehingga Bunda mudah terasa sesak.

2. Pastikan nutrisi Bunda tercukupi mengingat sebentar lagi Bunda akan membutuhkan tenaga yang cukup untuk melalui proses persalinan nanti. Konsumsi omega 3, protein dan vitamin yang dapat membantu daya tahan tubuh sehingga Bunda tetap fit.

3. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan, yoga khusus wanita hamil, berenang yang dapat membantu janin masuk ke dalam posisi melahirkan (tidak sungsang).

4. Jika Bunda mengalami sakit punggung segera periksa posisi berdiri dan duduk Bunda. Biasanya wanita hamil akan cenderung membungkuk karena ingin melindungi perut Bunda yang membesar. Pastikan tulang belakang Bunda tetap tegak dengan cara mendorong dada ke depan. Jangan kuatir, Bun! Mendorong perut sedikit ke depan masih terhitung aman.

5. Untuk beberapa wanita hamil, akan mengalami kesulitan tidur. Bisa jadi dikarenakan perut yang semakin membesar, tetapi bisa juga karena stress yang berlebihan. Minum segelas susu hangat sebelum tidur dapat membantu Bunda tidur nyenyak.

6. Bila Perlu ikutlah ke dalam kelas yang memberikan pengetahuan tentang persalinan, memberikan Air Susu Ibu (ASI), mengurus bayi baru. Informasi dari kelas tersebut dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri Bunda untuk menghadapi persalinan dan mengurus si kecil nanti.

7. Sebaiknya jangan mengurut perut ke tukang urut untuk menghindari hal-hal yang dapat membahayakan janin. Bila janin belum berada dalam posisi melahirkan, konsultasikan pada dokter.

Nah Bunda kini tinggal tunggu moment bahagia itu. Jangan lupa, yang paling penting adalah Bunda menikmati kehamilan Bunda. Bila Bunda bahagia, si kecil pun akan merasakan bahagia.

Sehat selalu ya, Bunda!

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman