SITE STATUS
Jumlah Member :
498.917 member
user online :
1125 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Hipnotis dan Kegunaannya dalam Bidang Medis

   

Hipnotis dan Kegunaannya dalam Bidang Medis



 Anda mungkin pernah mendengar kata “hipnotis”sebelumnya dan mungkin berhubungan dengan dunia pertunjukkan sepertia cara sulap dan sebagainya. Di dalam dunia kedokteran, hipnotis dapat digunakan sebagai salah satu alternative terapi dalam pengobatan. Hipnotis adalah suatu keadaaan terfokusnya konsentrasi seseorang sehingga orang tersebut mengalami penurunan kesadaran terhadap lingkungan sekitarnya. Hipnoterapi adalah suatu terapi yang menggunakan metode hipnotis untuk mengatasi gangguan fisik maupun psikologis.

Para ahli belum mengetahui secara pasti bagaimana hipnotis dapat mempengaruhi tubuh manusia, namun mendapati fakta bahwa hipnotis dapat menyebabkan tubuh berada dalam keadaan relaksasi yang sangat dalam. Hipnotis tidak dapat bekerja di luar kemauan seseorang dan hanya akan berhasil jika orang tersebut telah bersedia secara  sukarela untuk menerima perintah atau petunjuk sang penghipnotis untuk melakukan sesuatu.

Hipnotis di dalam dunia kedokteran digunakan dengan tujuan untuk meringankan gejala dari suatu penyakit yang dirasakan oleh seseorang, bukan bertujuan untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Hipnotis dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah kecanduan (adiksi) terhadap obat-obatan terlarang, alcohol, makanan dan merokok. Rasa nyeri yang berhubun gandengan nyeri operasi, gangguan syaraf dan nyeri melahirkan juga dapat diatasi dengan hipnotis. Selain beberapa hal tersebut, hipnotis dapat digunakan untuk mengurangi stress psikologi dengan meningkatkan relaksasi dan sugestipositif.Hipnotis kerap digunakan untuk membantu mengatasi masalah insomnia, ansietas, phobia, obesitas, asthma dan irritable bowel syndrome (IBS).

Meskipun dinilai relative aman, hipnotis dapat menimbulkan komplikasi pada sebagian individu. Komplikasi dari hipnotis ini pada umumnya bersifat singkat dan sementara yaitu berupa kelelahan, gelisah, bingung, pingsan, pusing dan mual.Efek yang lebih serius telah dilaporkan yaitu berupa gangguan psikologi seperti ingatan traumatic, kejang dan lainnya.Adapun kontra indikasi untuk menjalankan terapi hipnotis yaitu bagi individu yang memiliki masalah psikiatri seperti Borderline personality disorder, Dissociative disorder, pasien dengan riwayat traumatic psikologis yang dalam dan juga epilepsy sebaiknya berkonsultasi dengan dokter psikiatris sebelum melakukan terapi hipnotis.

Hypnobirthing adalah metodehipnotis yang digunakan pada proses persalinan. Metode hipnotis ini harus dipelajari jauh hari sebelum hari persalinan tiba. Hypnobirthing dapat dipelajari dari buku-buku dan video maupun kelas kursus. Konsultasikan dengan dokter OBSGYN Anda sebelum mengikuti metode hipnotis ini.

Bagaimanakah cara hypnobirthing bekerja pada proses persalinan? Pada saat menjelang persalinan dan selama persalinan berlangsung, tubuh Ibu akan berada dalam keadaan siaga (fight-or-flight), keadaan ini akan mengakibatkan hormone stress (catecholamine) memperlambat pencernaan, meningkatkan detak jantung, memompa darah ke lengan dan kaki sehingga mengurangi aliran darah ke uterus yang mengakibatkan nyeri pada daerah kandungan serta kesulitan-kesulitan pada proses bersalin. Metode hypnobirthing pada saat persalinan membantu sang Ibu berada dalam keadaan relaksasi, sehingga hormone Oxytocin dan endorphine akan bekerja merelaksasikan otot-otot dan menciptakan perasaan nyaman.

Metode hypnobirthing mengajarkan untuk mengalihkan fokus nyeri bersalin dengan menggunakan afirmasi-afirmasi seperti “saya merasa rileks”, “bayi saya merasa rileks”, mengganti kata “kontraksi” dengan kata “sensasi”dan sebagainya. Dari pengalaman para Ibu yang menerapkan metode hypnobirthing ini, mereka mendapatkan ketenangan yang luar biasa serta proses persalinan yang berjalan mudah dan singkat. Selain itu, bayi yang dilahirkan dengan metode ini padaumumnya bersikap lebih tenang.

Perlu di perhatikan bahwa metode hypnobirthing harus dijalankan atas kemauan Ibu itu sendiri dan tidak bisa dipaksakan.Lebih baik bila dokter atau bidan yang membantu proses persalinan mengetahui dan menyetujui untuk dilakukannya metode hypnobirthing pada proses persalinan tersebut. (tee)

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman