SITE STATUS
Jumlah Member :
480.470 member
user online :
1625 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Hal-hal Penting di Trimester Pertama (2)

   

Hal-hal Penting di Trimester Pertama (2)



Minggu ini kita masih akan membahas tentang hal-hal penting di trimester pertama kehamilan Bunda. Berikut hal-hal penting lainnya yang perlu Bunda ketahui:

1. Ibu hamil bukanlah orang yang sedang sakit. Ibu hamil bukanlah sebuah guci yang mudah pecah. Lakukan aktivitas Bunda seperti biasa, jangan hanya malas-malasan dan diam saja di rumah. Kecuali Bunda sakit, sebaiknya Bunda beristirahat di rumah.

2. Berbeda dengan Bunda yang sulit makan, ada ibu hamil yang malah tidak  bisa berhenti makan. Makan untuk dua orang hanyalah mitos belaka. Makan secukupnya supaya peningkatan berat badan tidak melebihi normal di trimester pertama kehamilan.

3. Benarkah tidak boleh berhubungan intim? Hubungan intim boleh saja asal tidak ada komplikasi. Ada dokter yang menyarankan untuk tidak ejakulasi di dalam vagina karena sperma dapat menimbulkan kontraksi meski tidak selalu terjadi.

4. Beberapa Bunda mengalami sakit kepala hebat pada trimester pertama. Jangan minum sembarang obat. Paracetamol masih tergolong aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Banyak minum air putih, makan teratur dan olahraga ringan secara rutin dapat mengurangi sakit kepala. 

5. Mendekati akhir trimester pertama mungkin Bunda akan merasakan perubahan tubuh yang cukup signifikan. Mungkin Bunda mulai merasa sakit pinggang. Hindari membungkuk. Jaga agar tulang belakang selalu dalam keadaan yang tegak.

6. Banyak Bunda dan pasangan yang sengaja menunda pemeriksaan di awal kehamilan karena berbagai alasan. Namun, sebenarnya pemeriksaan kehamilan (antenatal care/ANC) di awal trimester cukup penting.  Bidan akan mencatat berat badan, tensi darah,  dan sebagainya termasuk nasihat kesehatan serta pemberian suplemen dan vaksinasi.

Selamat ya, Bun! Sebentar lagi Bunda akan memasuki kehamilan trimester kedua. Nikmati kehamilan Bunda setiap hari agar janin tumbuh sehat dan bahagia.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman