SITE STATUS
Jumlah Member :
485.665 member
user online :
1883 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Pilih Bersalin Normal atau Caesar ya? (1)

   

Pilih Bersalin Normal atau Caesar ya? (1)



Sebentar lagi si kecil akan lahir ke dunia dan suara tangisan bayi akan segera menghiasi rumah Bunda. Sampai sejauh ini, apakah Bunda sudah memutuskan untuk melahirkan secara normal atau caesar?

Supaya Bunda tidak keliru mengambil keputusan, berikut ulasannya mengenai proses kelahiran normal dan Caesar.

Persalinan Normal


Persalinan normal adalah proses pengeluaran janin tanpa alat bantu apa pun. Dokter dan tenaga medis yang ada hanyalah memantau dan memberikan instruksi untuk Bunda, seperti tarik nafas dan mengejan.

Bunda pasti pernah mendengar bahwa persalinan normal lebih sakit dari Caesar yang hanya memakan waktu beberapa menit saja dan tanpa rasa sakit. Jangan kuatir, sekarang ini dunia kedokteran sudah lebih maju dan para dokternya pun kooperatif sehingga Bunda lebih nyaman. Di beberapa rumah sakit juga tersedia pelayanan terapi penataan emosi dan pikiran. Kalau Bunda mendengar cerita kerabat atau teman-teman tentang persalinan normal yang sakit sekali, jangan lantas membuat Bunda takut dan cemas. ingatlah bahwa setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda.

Bunda perlu tahu proses persalinan normal ada beberapa tahap, yakni :
Kontraksi rahim
Biasanya kontraksi akan berlangsung selama 30 detik dengan selang waktu 15-20 menit. Bila persalinan semakin dekat durasi kontraksi akan semakin lama dan berselang 3-5 menit. Bila Bunda merasa tak nyaman cobalah berjalan atau jongkok untuk membantu menurunkan janin ke panggul. Bunda akan merasakan nyeri di bagian punggung bawah.
Pecah ketuban
Bila ketuban telah pecah kontraksi akan semakin hebat dan tekanan dari kepala bayi bertambah kuat ke bagian tengah panggul. Pecahnya ketuban ini sebagai tanda bahwa persalinan akan terjadi dalam 12-24 jam ke depan.
• Keluar lendir dan darah
Bila lendir yang bercampur darah telah keluar persalinan akan segera tiba paling lama dalam 24 jam. Pada saat ini Bunda jangan panik dan tak perlu mengejan terlebih dahulu. Simpan tenaga Bunda sampai mendapat instruksi dari bidan atau dokter.

Bila Bunda ingin tahu tentang persalinan Caesar dan mengapa tindakan Caesar diambil, tunggu ulasannya minggu depan di situs kesayangan Bunda ini.
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman