SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
3201 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Rasa Tidak Nyaman pada Bunda Hamil

   

Rasa Tidak Nyaman pada Bunda Hamil



Menjadi Bunda hamil, mau tidak mau akan mengalami perubahan baik secara fisik maupun emosional. Perubahan-perubahan ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.

Berikut beberapa perubahan yang bisa Bunda alami selama hamil:

1.     Payudara sakit
Saat hamil, payudara mempersiapkan produksi Air Susu Ibu (ASI). Tidak heran payudara Bunda mulai membengkak dan terkadang terasa sakit. Bahkan bisa mengeluarkan ASI sebelum si kecil lahir.

2.     Kelelahan dan sakit kepala
Kelelahan muncul di sepanjang kehamilan. Di trimester ketiga di saat perut semakin membesar Bunda mudah sekali lelah bahkan sering sakit kepala. Jangan minum sembarang obat. Sebaiknya minum paracetamol yang masih tergolong aman.

3.     Gusi berdarah
Gusi berdarah saat hamil disebabkan faktor hormonal. Perdarahan terjadi karena adanya pelebaran dan pelunakkan pembuluh darah di area gusi. Jaga selalu kebersihan gigi dan gusi. Jangan lupa untuk sikat gigi sebelum tidur.

4.     Sulit tidur
Biasanya di trimester akhir Bunda akan mengalami sulit tidur karena posisi perut yang kian membesar. Bunda tak lagi nyaman diam pada satu posisi dalam waktu yang lama. Coba tidur dalam posisi miring ke kiri, gunakan bantal untuk mendukung tubuh.

5.     Mual dan muntah
Mual dan muntah saat hamil terjadi karena perubahan hormonal yang meningkatkan asam lambung. Cara mengatasinya dengan menghindari makan dalam porsi besar. Makanlah dengan porsi kecil namun sering.

6.     Napas pendek
Pada saat hamil, kerja jantung dan paru-paru Bunda semakin berat. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan dan berenang. Tidur dalam posisi miring juga dapat mengatasi napas pendek.

7.     Bengkak
Beberapa Bunda hamil mengalami pembengkakan di wajah, tangan, kaki dan bagian tubuh lainnya. Kurangi makanan yang mengandung garam dan istirahat kaki lebih tinggi dari posisi tubuh. Bisa juga mengganjalnya dengan bantal saat Bunda tidur.

8.     Keputihan
Karena perubahan hormon, cairan vagina biasanya akan bertambah banyak. Bila cairan berwarna kuning kehijauan, berbau, dan terasa gatal, konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda untuk mendapat pengobatan segera.

9.     Nyeri punggung dan pinggang
Rahim yang membesar dan berat badan yang bertambah dapat melemahkan otot-otot tubuh di sekitar perut yang mengakibatkan tekanan pada punggung dan pinggang Bunda. Usahakan untuk tetap dalam posisi tegak saat berdiri dan duduk.

10. Wasir
Berawal dari masalah konstipasi Bunda bisa mengalami wasir. Faktor  hormonal dan juga suplemen zat besi yang mempengaruhi saluran pencernaan. Besarnya ukuran janin juga dapat menyebabkan sembelit. Minumlah air putih minimal 2 liter sehari.

Nah, Bunda itulah 10 rasa tidak nyaman yang sering dialami Bunda hamil. Meski begitu, cobalah untuk menikmati kehamilan Bunda supaya Bunda tidak stress saat hamil.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman