SITE STATUS
Jumlah Member :
480.689 member
user online :
1779 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kenali Fakta Bayi Baru Lahir (part 2)

   

Kenali Fakta Bayi Baru Lahir (part 2)



Seperti yang Infobunda janjikan, minggu ini kita masih akan membahas informasi tentang fakta-fakta bayi baru lahir. Karena masih ada beberapa Bunda yang cemas dengan keadaan bayi baru lahir yang ternyata keadaan itu normal.

Berikut fakta-fakta bayi baru lahir lainnya: 
1. Kaki berbentuk O. Beberapa Bunda panik melihat bentuk kaki si kecil yang tidak lurus. Tidak sedikit yang akhirnya memutuskan untuk membedong tubuh bayi rapat-rapat yang malah akan membuatnya tidak nyaman. Bentuk kaki bayi O adalah normal. Bentuk itu akan hilang saat ia berusia 1-2 tahun.
2. Kepalanya besar. Jangan langsung panik dan berpikir bayi tidak normal. 25-30% berat bayi ada di kepalanya. Bahkan otak bayi mengambil 10% dari berat badan keseluruhan bayi. Dan berat tersebut akan bertambah seiring dengan usianya.
3. Feses pertama hitam kehijauan. "Lho, kok pup-nya hitam?". Feses pertama kali setelah lahir (biasanya pada usia 2 hari) disebut mekonium dan berwarna hitam kehijauan. Beberapa hari kemudian akan menjadi hijau kecokelatan dan akhirnya kuning dengan tekstur yang lebih padat. 
4. Suara grok-grok saat bernapas. Bayi baru lahir biasanya akan mengeluarkan suara grok-grok saat bernapas. Hal ini karena fungsi pernapasannya masih lunak dan belum bisa berfungsi maksimal. Rajinlah menjemur bayi pada pagi hari karena matahari pagi mengandung vitamin D yang baik untuk mengoptimalkan fungsi pernapasannya. 
5. Mata tidak simetris (juling). Mata juling dapat mengganggu penampilannya kelak. Tentu hal itu tidak diinginkan Bunda. Tapi jangan kuatir, mata bayi memang tampak juling karena belum fokus melihat. Kemampuan melihatnya akan meningkat saat berusia 3-4 bulan.
6. Kulitnya kuning. Kulit yang menguning ada yang normal ada juga yang perlu penanganan khusus. Kuning yang muncul di hari kedua dan ketiga setelah lahir dengan kadar bilirubin yang rendah masih dikatakan normal. Tetapi bila kuning muncul sesaat setelah lahir dan bilirubin tinggi (lebih dari 10), Bunda harus periksakan ke dokter anak.

Nah, Bunda. Janganlah terlampaui cemas karena belum tentu yang Bunda cemaskan itu adalah kondisi tidak normal.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman