SITE STATUS
Jumlah Member :
484.063 member
user online :
1763 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Mengatasi Ulah si Kecil Berbicara Kasar

   

Mengatasi Ulah si Kecil Berbicara Kasar



Marah, malu, bingung mungkin saja menjadi reaksi Bunda saat mendengar si kecil mengucapkan kata kasar di depan Bunda terlebih lagi di depan umum. Tahan dulu, sebaiknya jangan langsung memarahinya karena bisa membuatnya rendah diri.
Supaya hal ini tidak berlanjut menjadi kebiasaan Bunda harus segera memperbaikinya. Pertama, cari tahu terlebih dahulu dari mana ia mengenal kata itu.

Lingkungan
Anak adalah peniru yang ulung. Apa yang dilihat dan didengarnya hari ini akan ditirukannya kelak. Anak-anak belum mengerti baik dan buruk, yang ada di pikirannya hanya melakukan apa yang pernah terekam di otaknya. Misalnya : ia mendengar tetangga atau teman Bunda berbicara kasar pada saat bertengkar, atau Bunda bertengkar dengan seseorang dan tak sengaja terdengar olehnya. Kata-kata yang keluar dari mulut tetangga dan juga Bunda terekam di otaknya dan suatu saat ia akan berkata yang sama bila situasinya hampir sama.
Selain lingkungan, media juga berpengaruh kuat. Sebuah penelitian mengatakan anak bisa menghabiskan 30-35 jam dalam sepekan untuk menonton televisi.   Mungkin Bunda tidak sadar bahwa sedikit demi sedikit anak mengenal dan mempelajari kata-kata baru di media, kata positif mau pun negatif. Batasi waktu menontonnya!

Upaya mengatasinya :
• Jangan  marah
Jangan memarahinya sehingga membuat ia kecewa karena pada dasarnya anak tidak mengerti apa yang diucapkan. Ia hanya bereksperimen dari apa yang didengar dan dilihatnya selama ini.
• Jelaskan
Berikan penjelasan bahwa kata-kata itu tidak pantas diucapkan. Jangan lupa berikan penjelasan dengan menggunakan kata-kata yang sesuai usianya.
• Hindari hukuman
Memberinya hukuman tidak akan menyelesaikan masalah dan memutuskan perilaku buruknya. Justru sebaliknya ia akan merasa heran kenapa ia dihukum dan di lain hari ia akan mencari tahu alasannya pada orang lain yang belum tentu benar penjelasannya.

Tips :
• Jangan sekali-sekali menertawakannya karena ia akan merasa hal itu diperbolehkan.
• Terapkan peraturan pada seluruh anggota keluarga bahwa tidak boleh menggunakan kata-kata kasar di rumah, terutama di depan si kecil.
• Dampingi saat ia menonton televisi sehingga Bunda bisa langsung menjelaskannya.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman