SITE STATUS
Jumlah Member :
484.079 member
user online :
2090 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Pirosis (Heartburn) Selama Kehamilan

   

Pirosis (Heartburn) Selama Kehamilan



Apakah Bunda sedang hamil dan sering mengeluhkan rasa panas di dada? Mungkin Bunda terserang pirosis. Pirosis atau biasa juga dikenal dengan heartburn adalah salah satu keluhan yang terjadi saat kehamilan dengan gejala rasa terbakar, tercekam atau teriris di dada. Sebagian penderita juga merasakan nyeri saat menelan. Gelaja-gejala di atas bisa juga disertai dengan bersendawa, mulut terasa asam dan pahit, dan cepat sekali terasa kenyang.
Pirosis ini munculnya bervariasi, ada yang di awal kehamilan ada juga yang di akhir kehamilan, atau bisa juga di awal dan bertambah parah sesuai bertambahnya usia kehamilan. Umumnya rasa tidak nyaman ini akan muncul setelah makan dan saat melakukan gerakan membungkuk, berbaring dan mengejan.

Penyebab
Penyebab terjadinya pirosis adalah karena meluapkan isi  lambung (asam klorida, pepsin dan makanan) dan isi usus dua belas jari ke arah kerongkongan. Prosesnya terjadi saat makanan bergerak secara perlahan dari usus halus dan lambung lalu ditekan oleh rahim. Saat rahim semakin membesar maka tekanan semakin ke atas, inilah yang membuat gejala semakin kuat terasa.

Pencegahan

Sebelum Bunda mengalami pirosis, lakukan upaya pencegahan berikut ini :
-    Hindari makan dan minum terlalu banyak sehingga berat badan tetap dalam kondisi normal. Sebaiknya tidak makan 3 jam sebelum tidur.
-    Tidurlah dalam posisi miring. Posisi tubuh yang rata merangsang terjadinya pirosis.

Pengobatan :
Mengobati pirosis tidak terlalu sulit, cukup berikan antasid dalam dosis tepat. Beberapa antasid dapat mengurangi gejala dan memberikan rasa lega. Namun, jika Bunda ragu mengenai dosis, efek samping dan hal lain tanyakan pada dokter terlebih dahulu.
Pada penderita yang lebih berat bisa sampai terjadi pendarahan dan sulit menelan.

Tips :
-    Hindari mengonsumsi antasid secara berlebih. Konsultasikan pada dokter tentang keluhan dan obat-obatan yang bunda minum.
-    Jangan tengkurap atau berbaring setelah makan. Hal ini baik dilakukan pada saat hamil atau pun tidak.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman