SITE STATUS
Jumlah Member :
484.367 member
user online :
1995 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Perlukah Sepatu Prewalker untuk Si Kecil?

   

Perlukah Sepatu Prewalker untuk Si Kecil?



Bagi seorang Bunda, tak bosan rasanya berlama-lama di toko bayi atau menghabiskan waktu browsing online baby shop. Senang rasanya melihat pernak-pernik bayi mulai dari baju, asesoris hingga sepatu. Sepatu bayi atau dikenal dengan sebutan sepatu prewalker saat ini modelnya lucu-lucu dan mengikuti gaya orang dewasa, misalnya sepatu boot ala cowboy, sepatu kulit, atau sepatu keds yang trendy. Tapi tunggu dulu,Bun! Sebenarnya si kecil perlu tidak ya pakai prewalker? Atau jangan-jangan sepatu prewalker malah mengganggu pertumbuhan tulangnya. Baca sampai habis artikel ini dan temukan jawabannya segera ya, Bun!

Tanpa Alas

Sebelum membeli sepatu prewalker Bunda perlu tahu dulu apa fungsi sepatu untuk bayi. Fungsi sepatu untuk bayi tak lain adalah untuk menghangatkan kakinya saat cuaca dingin, untuk melindungi telapak kakinya dari permukaan yang kasar bila ia sudah mulai belajar berdiri dan berjalan, dan sekarang ini fungsi sepatu bayi cenderung ke arah fashion untuk membuat warna pakaian dan sepatunya serasi.

Untuk membantunya belajar berjalan bayi tidak memerlukan sepatu. Bayi akan lebih senang belajar berjalan tanpa alas. Berjalan tanpa sepatu membuatnya lebih seimbang dan indera peraba di kakinya lebih terstimulasi. Tetapi, pastikan tidak ada benda-benda tajam yang dapat melukai kakinya saat belajar berjalan.

Pertumbuhan Tulang

Beberapa Bunda yang sering memakaikan si kecil prewalker mungkin kuatir, apakah sepatu prewalker menganggu pertumbuhan tulangnya? Meski si kecil lebih senang belajar tanpa alas, prewalker tidak akan mengganggu pertumbuhan tulangnya. Bila saat ini telapak kakinya flat, bentuk kaki tidak lurus, Bunda tak perlu kuatir. Bentuk kaki masih akan berubah hingga ia berusia 6-7 tahun. Ajak ia berlari, tanpa alas.

Kini Bunda sudah tahu bahwa prewalker sesungguhnya tidak membantu kemampuannya berjalan dan tidak mempengaruhi pertumbuhan tulang. Bila ingin membeli prewalker, beli secukupnya saja.

Tips:

- bila si kecil sudah mulai bisa berjalan, ganti sepatu prewalkernya. Alas sepatu prewalker tidak tebal sehingga tidak bisa melindunginya dari benda tajam di lantai.
- jangan memaksakan menggunakan sepatu prewalker yang kekecilan. Pastikan sepatu 1,5cm lebih besar dari ukuran kakinya.
- bila si kecil merasa tidak nyaman dengan sepatu prewalkernya, lepaskan. Jangan demi fashion Bunda mengabaikan kenyamanannya.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman