SITE STATUS
Jumlah Member :
484.373 member
user online :
2143 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Cara Mengajak si kecil Makan Sayur

   

Cara Mengajak si kecil Makan Sayur



Sulitnya anak makan sayur sudah menjadi hal yang biasa. Kebanyakan Bunda bingung harus berbuat apa lagi untuk membuat si kecil mau makan sayur. Meskipun tak jarang Bunda menghias makanan semenarik mungkin, tetap saja si kecil menolak makan begitu tahu menu makannya adalah sayuran. Padahal sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang membantu si kecil dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. Misalnya saja sayur bayam yang mengandung banyak mineral besi, atau sawi yang kaya kalsium dan brokoli yang mengandung vitamin A. Yuk, simak artikel berikut!
Sebelum Bunda mengetahui bagaimana caranya supaya si kecil mau makan sayur, Bunda perlu tahu dulu mengapa si kecil tidak suka sayur?

Cara mengolah
Biasanya anak-anak tidak suka sayur karena cara mengolah sayur yang membuatnya merasa makan sayur tidak enak. Selain itu, mungkin Bunda mencampur semua bahan makanan dan memblendernya jadi satu, sehingga anak malas untuk mengunyah. Sedangkan sayur kaya serat yang perlu dikunyah.
Kebiasaan tidak mengunyah ini membuat anak menolak makan sayur. Bunda perlu melakukan beberapa cara supaya si kecil mau makan sayur.

Berikut beberapa cara yang dapat Bunda lakukan:
-       Mulailah mengenalkan sayur sejak dini (6-8 bulan) sehingga ia terbiasa dengan rasa sayur dan terbiasa memakannya.
-       Biasanya kita lebih senang membuat menu makanan digoreng daripada ditumis atau dibuat sayur bening. Mulai sekarang sering-seringlah membuat sayur bening atau mengenalkannya dengan salad.
-       Bila si kecil menolak makan sayur begitu ia melihatnya, Bunda perlu menyelipkan sayur di dalam suapannya. Membentuk nasi seperti bola-bola sangat membantu menyembunyikan sayur.
-       Jangan memaksa anak makan saat ia menolak. Justru Bunda harus membangun suasana yang ceria supaya ia semangat makannya.
-       Untuk menambah semangatnya makan, ajaklah si kecil berkreasi dengan makanannya sendiri. Misalnya mencetak nasinya dengan cetakan Hello Kitty kesukaannya. Dengan begitu ia akan semangat menghabiskan makanannya.
-       Anak mencontoh dari orangtuanya. Bila Bunda ingin si kecil suka sayuran, Bunda pun harus mencontohkan makan sayur di depannya. Biasakan makan bersama dan katakan betapa sehatnya menu sayuran keluarga Bunda hari ini.
Lakukan trik di atas bila si kecil menolak makan sayur. Tetapi jangan memaksa ya, Bun! Lakukan perlahan sampai ia mulai terbiasa makan sayur.

Tips:
-       Bunda bisa membuatkan camilan dari sayur. Misalnya saja sandwich berisi potongan sayur, cookies wortel, dll.
-       Campurkan wortel dan jagung dalam sayuran sehingga warna yang muncul semakin menarik.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman