SITE STATUS
Jumlah Member :
481.998 member
user online :
2515 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Meminimalisir Resiko Stretchmarks

   

Meminimalisir Resiko Stretchmarks



Bagi Bunda yang memang menantikan buah hati, kehamilan menjadi anugerah yang tak ternilai. Bunda akan merasa begitu bahagia dan bersyukur. Tetapi di saat yang bersamaan, mungkin Bunda merasa kurang nyaman dengan beberapa perubahan di tubuh Bunda, salah satunya seperti munculnya stretchmarks di perut, lengan dan paha. Stretchmarks ini bisa dikatakan adalah 'bekas' kehamilan yang cukup membuat kuatir para Bunda, karena menghilangkan stretchmarks bukanlah hal mudah. Sebenarnya apa sih yg membuat munculnya stretchmarks dan apakah bisa dicegah atau setidaknya diminimalisir?

Peregangan Kulit
Stretchmarks terjadi karena banyaknya peregangan kulit akibat perut, lengan dan paha yang semakin membesar. Peregangan, khususnya di perut akan memberikan efek guratan-guratan putih, yang dikenal dengan sebutan stretchmarks.

Apakah stretchmarks bisa hilang?
Sampai saat ini belum ada krim atau salep yang benar-benar terbukti dapat menghilangkan stretchmarks. Ada beberapa informasi yang menyebutkan bahwa stretchmarks dapat dihilangkan secara permanen dengan perawatan dual laser di klinik kecantikan. Dual laser adalah kombinasi dari sinar yang dapat merangsang tumbuhnya sel-sel baru sehingga kulit lebih kenyal dan stretchmarks secara perlahan akan berkurang bahkan hilang sama sekali.

Upaya Pencegahan
Bagi Bunda yang saat ini sedang hamil muda, di mana perut belum membesar, Bunda bisa lakukan upaya pencegahan. Berikut ada beberapa langkah yang bisa Bunda lakukan untuk mengurangi resiko munculnya stretchmarks:
1. Cukupi kebutuhan air putih setiap hari. Minum delapan gelas sehari dapat membantu menjaga elastisitas kulit Bunda.
2. Jaga kenaikan berat badan jangan sampai terlalu drastis. Usahakan kenaikan berat badan Bunda antara 12-15kg saja. Berat badan yang terlalu tinggi rentan mengalami peregangan yang banyak sehingga stretchmarks akan muncul lebih banyak.
3.  Rajin menggunakan cream atau body butter ke seluruh perut, tangan dan lengan. Hal ini berguna untuk membuat kulit tetap lembab sehingga membuatnya lebih elastis meskipun perut meregang.
4. Konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin E untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Lakukanlah upaya pencegahan ini untuk meminimalkan munculnya stretchmarks, tetapi bila Bunda memiliki kulit yang terlalu tipis bukan tidak mungkin stretchmarks akan tetap muncul. Jangan sedih, nikmatilah setiap perubahan yang terjadi. Beberapa Bunda malah bangga memiliki stretchmarks, sebagai tanda bahwa ia pernah mengalami keajaiban kehamilan.

Tips:
- Pilih cream dan body butter yang free parabens dan merkuri.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman