SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
3591 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Merawat Kesehatan Gigi dan Gusi Saat Hamil

   

Merawat Kesehatan Gigi dan Gusi Saat Hamil



Kesehatan gigi dan gusi selama kehamilan harus diperhatikan. Perubahan aliran darah dan peningkatan hormon yang terjadi pada saat kehamilan berpengaruh besar pada kesehatan gigi dan gusi, diantaranya bisa  meningkatkan resiko terjadinya radang gusi dan karies gigi.Bunda yang tengah hamil harus tahu bahwa memiliki infeksi di dalam mulut dapat menjadi ancaman bukan hanya untuk Bunda, namun juga bagi janin yang dikandung.  
 
Menurut Jurnal of Obstetric Gynecology tahun 2010 menyatakan bahwa ibu hamil yang gusinya terinfeksi dapat menularkan infeksi pada janin melalui peredaran darah plasenta. Untuk itu sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk melakukan perawatan  dan pembersihan gigi dan gusi. Paling tidak, selalu menyikat gigi 2-3 kali sehari.

Berikut ini beberapa hal yang yang perlu diperhatikan dalam merawat gigi dan gusi selama masa kehamilan:
- Pada trimester pertama Bunda kerap kali mengalami 
morning sickness. Karena  rasa mual dan muntah yang dialami menyebabkan Bunda enggan melalukan perawatan standar seperti menyikat gigi. Untuk mengatasinya, cobalah menggunakan pasta gigi yang aroma dan rasanya tidak terlalu tajam. 
- Gunakan sikat gigi yang dengan bulu halus dan kepala sikat yang kecil untuk menghindari rasa mual dan ingin muntah pada saat menyikat gigi terutama gigi bagian belakang.  Bunda juga bisa menggunakan dental floss (benang gigi) untuk membersihkan sisa makanan yang terselip diantara gigi.
- Beritahukan kepada dokter gigi  bahwa Anda tengah hamil. Hal ini penting karena ada beberapa tindakan yang tidak boleh dilakukan pada kehamilan trimester pertama dan ketiga. Hindari juga pemeriksaan 
rontgen pada trimester tersebut. Namun, jika kondisi mendesak boleh dilakukan dengan syarat Bunda harus terlindungi menggunakan apron.
- Beritahukan juga pada dokter gigi yang memeriksa Bunda nama semua obat yang sedang Bunda konsumsi, termasuk vitamin yang  diberikan oleh dokter kandungan.
- Penuhi kebutuhan kalsium semasa hamil sesuai dengan anjuran dokter. Kalsium dibutuhkan juga untuk perkembangan gigi pada janin sejak trimester pertama.
- Perbanyak konsumsi sayuran dan buah berserat yang mengandung vitamin C dan B12 karena baik untuk gusi.
- Kurangi makanan yang manis dan asam karena berpotensi merusak gigi. 
- Bila ingin menggunakan obat kumur, periksa dulu label pada kemasan mengenai kontra indikasi pada ibu hamil. Pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman