SITE STATUS
Jumlah Member :
485.721 member
user online :
1279 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Nutrisi Pada Program Kehamilan

   

Nutrisi Pada Program Kehamilan



Ingin hamil? Jika, ya, selamat! Dengan merencanakan kehamilan, tandanya Bunda telah siap secara emosional untuk memiliki seorang buah hati. Langkah selanjutnya adalah meningkatkan kesuburan. Salah satu langkah untuk meningkatkan kesuburan adalah mengonsumsi makanan yang sehat, nutrisi yang baik dapat meningkatkan keberhasilan kehamilan dan mempersiapkan tubuh Bunda sebagai ‘rumah’ yang nyaman bagi janin. Pola makan yang buruk dapat mempengaruhi kualitas nutrisi yang diserap oleh tubuh, hal ini tentu saja menghambat proses terjadinya kehamilan.
 
Konsumsi asam folat sangat penting selama progam kehamilan. Dengan mengkonsumsi  400mcg asam folat per hari, terutama pada masa sebelum dan selama masa awal kehamilan, dapat mengurangi resiko gangguan perkembangan otak pada janin. Asam folat dapat Bunda peroleh dalam bentuk suplemen atau dari sumber alami semisal: alpukat. Kandungan asam folat yang cukup tinggi pada alpukat ditunjang pula dengan kandungan vitamin B6, betakaroten, vitamin E dan klorofil. Penelitian menunjukan bahwa konsumsi vitamin B6 sekurangnya 10mg/hari selama program kehamilan, mampu meminimalisir efek morning sickness pada masa kehamilan.
 
Vitamin lain yang menujang proses kehamilan adalah vitamin C dan E. Kedua vitamin ini sama pentingnya dengan asam folat.  Selain menunjang daya tahan tubuh, vitamin C mampu meningkatkan kesuburan, asupan vitamin C alami bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah-buahan semisal: stroberi, jambu biji, jeruk, papaya, dll. Bosan dengan buah-buahan tersebut? Tidak masalah, bunda dapat mengolahnya menjadi smoothie, jus bahkan gelato.  Selanjutnya, vitamin E memiliki peran yang tak kalah penting, Bunda! selain berperan sebagain antioksidan, ia juga mampu melindungi sel telur dari radikal bebas. Sumber vitamin E alami selain alpukat, dapat Bunda peroleh melalui konsumsi kacang almond, bayam, brokoli, dll.
 
Beberapa tips berikut ini dapat membantu Bunda dalam menjalani program kehamilan:
1. Hindari rokok
2. Konsultasikan program hamil kepada dokter
3. Istirahat yang cukup
4. Stop konsumsi alkohol
5. Olah raga yang cukup

 

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman