SITE STATUS
Jumlah Member :
484.151 member
user online :
2056 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Macam-Macam Gangguan Sperma

   

Macam-Macam Gangguan Sperma



Sebagai seorang makhluk hidup pasti kita ingin memiliki keturunan. Tetapi bagaimana bila Bunda tak kunjung hamil? Bisa jadi karena adanya gangguan sperma pada suami.

Sperma adalah sel (spermatozoa) jantan yang dapat membuahi sel telur sehingga kehamilan bisa terjadi. Sel spermatozoa ini menjadi salah satu faktor yang menentukan subur atau tidaknya seorang pria. Kehamilan akan sulit terjadi bila sel spermatozoa seorang pria mengalami gangguan.

Biasanya gangguan sperma terjadi karena volume sperma sedikit dan bentuk serta ukurannya yang tidak normal.

Berikut jenis gangguan sperma yang sering terjadi:

1.     Azoospermia

Azoospermia adalah kelainan di mana tidak ditemukan sel sperma sama sekali dalam semen (air mani). Ada dua kemungkinan penyebabnya selain faktor keturunan; adanya penyumbatan di Vas Deferens (saluran sperma) atau memang testis gagal memproduksi sperma. Bila terjadi penyumbatan harus dilakukan operasi. Tetapi bila Azoospermia dikarenakan gagal testis maka kehamilan tidak mungkin terjadi atau bisa dikatakan mandul.

2.     Oligospermia

Oligospermia atau dikenal juga dengan Oligozoospermia adalah gangguan di mana jumlah sel sperma dalam air mani sangat sedikit. Normalnya terdapat 20 juta sel sperma dalam 1 ml sperma. Bila seorang pria memiliki sel sperma kurang dari angka tersebut maka dapat dikatakan menderita Oligospermia. Penyebabnya bisa karena kesehatan, lingkungan dan gaya hidup.

3.     Asthenozoospermia

Pria yang menderita gangguan ini memiliki sel sperma yang normal tetapi pergerakannya lambat sehingga sering tidak mampu mencapai lapisan mukosa rahim menuju ovarium dan membuahi sel telur. Gerakan sel sperma bermacam-macam, ada yang lincah dan mampu berenang dengan cepat, ada yang lambat dan berkelok-kelok. Jika sel sperma lebih banyak yang bergerak lambat maka dikatakan Asthenozoospermia. Penyebab lambatnya pergerakan sel sperma bisa karena bentuknya yang tidak normal seperti kepala besar dengan ekor pendek. Keputihan pada wanita bisa menjadi penyebab sel sperma lambat bergerak.

4.     Teratospermia

Jika bentuk sel sperma pria hanya normal sekitar 30%, bisa dikatakan ia mengalami Teratospermia. Belum diketahui pasti penyebabnya, namun ada informasi yang mengatakan bahwa kelainan hormon, infeksi dan tumor merupakan salah satu pemicunya.

Upaya Sederhana

Berikut beberapa hal upaya sederhana yang dapat dilakukan pria bila ingin segera memiliki momongan:

-       Hindari stress. Biasakan meluangkan waktu untuk berbaring dan rileks sejenak tanpa aktivitas apapun. Lakukan 15 menit sehari.

-       Berhenti merokok.

-       Berhenti mengonsumsi makanan instant.

-       Jangan berendam di dalam air yang bersuhu lebih dari 36° Celcius lebih dari 15 menit.

-       Jangan gunakan celana yang terlalu ketat.

Sekarang Bunda sudah mengerti beda gangguan sperma berbeda pula penanganannya. Ada yang perlu mengganti gaya hidup, mengonsumsi makanan tertentu, ada juga yang memang harus dilakukan tindakan operasi. Jangan lupa untuk terus berdoa dan bersabar ya, Bunda!

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman