SITE STATUS
Jumlah Member :
476.406 member
user online :
1973 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

KB Menyebabkan Gemuk? Tidak Cocok?

   

KB Menyebabkan Gemuk? Tidak Cocok?



Banyak Bunda mengeluhkan kenaikan berat badan yang disebabkan oleh penggunaan KB hormonal, semisal suntik dan pil. Tapi, apakah benar?

Perlu Bunda ketahui, banyak penelitian dan pendapat berbeda mengenai hal tersebut. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa kenaikan berat badan adalah hal yang umum terjadi pada tiap perempuan dan laki-laki seiring dengan bertambahnya usia. Namun disisi lain, ada pendapat yang menyatakan bahwa penggunaan KB hormonal mampu memicu pertambahan massa otot dan berat badan.

Menurut penelitian The American Journal of Obstetrics and Gynecology, disebutkan bahwa jenis metoda kontrasepsi yang mampu menyebabkan obesitas adalah kontrasepsi suntik Depo Provera. Depo Provera mengandung hormon sintetis yang menyebabkan rendahnya hormon estrogen, mencegah pelepasan sel telur, karena inilah KB suntik banyak diminati karena efektif, serta mudah dan ekonomis.

Dengan banyaknya perbedaan hasil penelitian dan pendapat, dapat disimpulkan bahwa kandungan hormon sintetis dalam KB jenis suntik dan pil, menimbulkan efek yang berbeda-beda bagi tiap perempuan. Kenaikan berat badan tentulah dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari kesehatan, makanan dan lingkungan. Jika Bunda merasa ragu dalam memilih alat kontrasepsi yang tepat, konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui jenis alat kontrasepsi yang tepat untuk Bunda.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman