SITE STATUS
Jumlah Member :
496.048 member
user online :
4055 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Manfaat ASI Eksklusif untuk Bayi dan Bunda

   

Manfaat ASI Eksklusif untuk Bayi dan Bunda



Melalui Peraturan Pemerintah RI no. 33 tahun 2012 pemerintah gencar melakukan kampanye pentingnya Air Susu Ibu (ASI) demi meningkatkan angka menyusui. Pemerintah juga melarang adanya kegiatan promosi pengganti ASI di  berbagai fasilitas kesehatan. Bahkan, mewajibkan perusahaan menyediakan fasilitas khusus untuk karyawannya memerah ASI saat di kantor.

Kampanye ini disambut baik oleh para ibu khususnya, meskipun masih ada beberapa yang belum menyadari manfaat ASI. Kini, para ibu muda merasa bangga bisa memberikan buah hatinya ASI, terlebih lagi jika bisa menerapkan ASI eksklusif. ASI eksklusif adalah istilah pemberian ASI dari usia minimal hingga 6 bulan tanpa tambahan apapun, baik air putih, susu formula atau makanan lain. ASI sebagai nutrisi paling ideal untuk bayi tentu saja tidak bisa tergantikan oleh apapun, bahkan dengan susu formula paling mahal sekalipun.

Manfaat ASI

Pemberian ASI eksklusif berperan penting terhadap perkembangan motorik kasar dan halus, kemampuan bicara dan berbahasa, juga kemampuan bersosialisais dan kemandiriannya. Bukan hanya itu, ASI juga merupakan cairan yang mengandung antibodi terhadap berbagai penyakit akibat infeksi virus, bakteri dan jamur.

ASI mengandung Taurin (zat putih telur), Laktosa (hidrat arang utama), Asam lemak ikatan panjang  yang dibutuhkan oleh otak untuk mengembangkan kecerdasan seorang anak. Kandungan tersebut mungkin hanya sedikit bahkan tidak ada dalam susu formula (susu sapi). Di samping itu proses pemberian ASI dapat menjalin kasih sayang antara ibu dan bayi.

KB Alami

Beberapa Bunda yang menyusui mengaku tidak mengalami menstruasi untuk beberapa minggu, bulan bahkan tahun. Efek menyusui berbeda-beda pada setiap wanita. Apakah ini berarti Bunda tidak bisa hamil saat menyusui?

Pemberian ASI eksklusif bisa menjadi KB alami setelah melahirkan. Saat bayi menyusu, ada rangsangan pada puting yang mengirimkan sinyal ke otak untuk memproduksi hormon prolaktin. Hormon inilah yang mencegah produksi sel telur sehingga tidak terjadi menstruasi.

Namun, kemungkinan untuk tetap hamil masih ada mengingat kadar hormon setiap orang berbeda. Tapi kemungkinannya kecil, hanya kurang dari 2%,. Untuk mencegah terjadinya kehamilan, sebaiknya Bunda tetap menggunakan kontrasepsi meski menyusui.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman