SITE STATUS
Jumlah Member :
480.528 member
user online :
2183 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Yuk, Pijat Bayi Bunda!

   

Yuk, Pijat Bayi Bunda!



Proses kelahiran bisa menjadi pengalaman traumatik bagi bayi. Salah satunya karena bayi harus meninggalkan rahim yang sangat aman dan nyaman baginya. Perasaan aman dan nyaman ini dapat kembali muncul dengan adanya sentuhan atau pijatan dari Bunda yang populer dengan sebutan pijat bayi. Mari kita kenal lebih dekat dengan pijat bayi!

Seni memijat telah dipraktekkan hampir di seluruh dunia dan terbukti sangat bermanfaat untuk bayi. Sentuhan dan pijatan yang tepat khususnya dari Bunda dapat membantu tumbuh kembang dan memberikan pengaruh positif pada bayi. Meningkatnya berat badan adalah salah satu manfaat pijat bayi. Selain itu bila dilakukan dengan tepat pijat bayi dapat menambah daya tahan tubuh, sehingga bayi tidak mudah sakit. Manfaat lainnya si kecil dapat tidur lebih lelap dan tenang serta ikatan kasih sayang antara Bunda dan dirinya akan semakin erat.

Pijat bayi boleh dilakukan pada bayi baru lahir, bahkan bisa dilakukan setiap hari hingga usia 6-7 bulan. Sebaiknya pijatan dilakukan pada pagi hari sebelum mandi atau pada malam hari di saat si kecil siap tidur.
 
Apa yang perlu disiapkan?
Sebelum memijat bayi cuci tangan dengan sabun hingga bersih. Lepaskan segala perhiasan yang bisa melukainya. Pastikan bayi tidak dalam keadaan lapar. Siapkan baby oil atau lotion bayi untuk memijat. Siapkan juga handuk, popok, baju ganti, dan minyak telon. Berikan pijatan sekitar 15 menit.

Siap dipijat
Sebelum memijat mintalah ijin padanya. Katakan, “Bunda pijit Dede dulu ya!” . Selama melakukan pijatan pandanglah ia. Tatap matanya supaya bayi bisa merasakan kasih sayang Bunda. Bunda bisa bernyanyi atau memutar lagu lembut. Mulailah dengan mengusap tubuh bayi dan perlahan tambahkan sedikit tekanannya. Lihat reaksi si kecil. Bila ia menangis atau terlihat tidak nyaman, hentikanlah. Mungkin memang si kecil sedang tidak ingin dipijat.

Berikut tehnik-tehnik memijat yang bisa Bunda lakukan:
-  Mulailah pijatan dari kaki hingga kepala. Lakukan tehnik memeras, memutar atau seperti memerah susu. Lakukan gerakan dari atas ke bawah. Tehnik ini bisa dilakukan juga untuk bagian tangan.
-  Urut telapak kaki bayi dengan kedua ibu jari Bunda. Urut dari tumit menuju ke jari. Bisa juga membuat gerakan memutar membentuk lingkaran-lingkaran kecil.
-  Rapatkan kaki dan urut paha bayi dari atas ke bawah.
-  Memijat perut dapat membantu mengeluarkan gas di perut bayi. Pijatlah dengan gerakan ILU; Pijat perut bayi dari atas ke bawah membentuk huruf I, lalu bentuklah huruf L terbalik dan terakhir bentuklah huruf U dimulai dari kanan bawah lalu ke atas kemudian berakhir di kiri bawah perut.
-  Pijat dada bayi dengan tehnik memutar.
-  Untuk memijat punggung gerakan pijatan naik turun atau seperti membentuk lingkaran-lingkaran kecil.
-  Bunda boleh melakukan pijatan pada wajah dan kepala bayi. Hati-hati jangan sampai mata si kecil terkena minyak atau lotion.  
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman