SITE STATUS
Jumlah Member :
499.910 member
user online :
1106 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Ajak si Kecil Menyambut Imlek

   

Ajak si Kecil Menyambut Imlek



Perayaan Tahun Baru Imlek akan segera tiba beberapa hari lagi. Tahun Baru Imlek adalah perayaan menyambut masuknya hari pertama di tahun yang baru pada pertanggalan Cina. Moment Tahun Baru Imlek merupakan saat-saat di mana keluarga besar berkumpul bersama. Kegiatan saling mengunjungi keluarga satu sama lain, makan-makan bersama, berbagi angpao pada anak-anak menjadi kegiatan yang selalu dinantikan.

Nah, bagi Bunda masyarakat keturunan Tionghoa, mungkin kini tengah sibuk mempersiapkannya.  Mulai dari membersihkan rumah, membuat kue-kue kering hingga menyiapkan angpao menjadi kesibukan Bunda beberapa hari belakangan ini. Yuk, ajak si kecil ikut mempersiapkannya sambil mengenalkan budaya dan tradisi keluarga!

Persiapan Imlek

- Ceritakan asal muasal Budaya Imlek padanya. Ceritakan juga bagaimana meriahnya keluarga menyambut perayaan Imlek. Dengan begitu ia akan merasa memiliki dan bangga dengan budayanya sendiri. Perhatikan si kecil mulai tidak sabar dan menghitung hari menunggu Tahun Baru Imlek tiba.

- Tentu Bunda ingin rumah terlihat lebih bersih dan rapi. Bunda bisa sedikit berkreasi mendekor ruangan dengan warna merah, khususnya ruang tamu. Ajak si kecil berbelanja beberapa keperluan untuk mendekor. Libatkan ia dalam memilih pernak pernik Imlek, misalnya “Ade suka piring yang bunga-bunga atau polos?”. Dengan begitu ia akan merasa dihargai dan senang menyambut Imlek.

- Belikan si kecil baju-baju yang bertema Imlek. Di beberapa mal besar biasanya dijual baju-baju anak untuk perayaan Imlek. Pastikan baju berbahan katun yang nyaman dipakai. Jika memiliki budget lebih, ada baiknya membeli dua pasang untuk pagi dan sore hari.

- Bila Bunda memilih membuat kue-kue kering sendiri, ajak si kecil ‘membantu’ Bunda seperti memegang mixer atau menuangkan bahan-bahan ke dalam adonan. Lihat betapa senangnya si kecil membuat kue di dapur. Pada saat memilin atau membentuk adonan, berikan sedikit adonan untuknya. Biasanya anak-anak suka berkreasi dengan adonan kue.

- Persiapkan angpao untuk dibagikan pada anak-anak dan keponakan. Segera tukarkan uang pecahan jauh-jauh hari sebelumnya. Bunda bisa menggunakan moment ini untuk menjelaskan pada si kecil pentingnya menabung. Lihat bagaimana si kecil antusias menabungkan uang angpaonya nanti.

Tips:

- Buatlah dafar menu. Bila Bunda senang memasak, tidak ada salahnya mencoba resep baru dan sajikan untuk keluarga tercinta.

- Tidak perlu memaksa jika Bunda tidak sempat membuat kue kering sendiri. Pesan kue kering jauh hari sebelum Imlek.

Selamat Tahun Baru Imlek 2013. Gong Xi Fa Cai!
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman