SITE STATUS
Jumlah Member :
484.287 member
user online :
2090 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Jangan Abaikan Kasih Sayang dan Perhatian Padanya!

   

Jangan Abaikan Kasih Sayang dan Perhatian Padanya!



Siapa yang tidak perlu dicintai dan disayangi? Kita saja yang dewasa selalu ingin dicintai dan diperhatikan. Apalagi si kecil. Nah, mendekati hari kasih sayang yuk kita lebih mendekatkan diri lagi pada si kecil!

ebagian orangtua masih menganggap perhatian dan kasih sayang pada si kecil tidak mempengaruhi tumbuh kembangnya. Selama nutrisinya tercukupi, si kecil akan tumbuh dan berkembang normal.

Pemikiran seperti itu bukanlah pemikiran yang tepat, mengingat si kecil perlu mendapatkan perhatian dan kasih sayang orangtua, terlebih Bunda. Hormon Oksitoksin atau sering juga disebut hormon cinta ditimbulkan karena adanya perasaan keterikatan dan bentuk suatu hubungan. Hormon ini muncul setiap ada kontak pada orang yang dicintai. Sebuah penelitian membuktian Oksitoksin dapat memperkuat memori terhadap hal-hal baik.

Berikut bentuk-bentuk kasih sayang yang dinantikannya.

• Belaian lembut dan kontak mata saat menyusui
   Si kecil senang sekali dibelai, terlebih saat ia menikmati ASI. Terbukti sentuhan dapat menciptakan hubungan di antara sinap-sinap (jaringan penghubung sel otak) dalam otak bayi.  Dengan kata lain, sentuhan dapat mencerdaskan otak si kecil.
Selain sentuhan, kontak mata juga memiliki efek positif pada bayi. Di samping dapat membangun keterikatan, kontak mata dapat membuatnya mengenali dirinya dan membantu meningkatkan kemampuan mental dan fisiknya.

•  Peluk, Cium dan Pijat
Jadilah orang yang selalu berada di sampingnya dengan selalu memberinya pelukan dan ciuman hangat. Saat ia sedang senang atau pun bersedih.  Pelukan hangat dapat menenangkan hatinya dan memberinya rasa nyaman seperti saat ia sedang dalam kandungan Bunda. Menciumnya dapat melancarkan peredaran darah dan menghindarinya dari stress bahkan dipercaya menghilangkan penyakit. Bila perlu, berikan pijatan lembut yang menenangkan. Pijatan yang tepat terbukti dapat meningkatkan nafsu makannya.

•  Bermain
Sebagai layaknya seorang anak, mereka senang sekali bermain. Dan waktu bermainnya akan lebih menyenangkan bila bisa dihabiskan bersama Bunda dan Ayah. Bila si kecil masih bayi, mengajaknya bermain dengan mainan berbunyi bisa membuatnya bahagia. Dan ia mengenal lebih dekat sosok Ayah dan Bundanya. Bukan hanya itu, bermain dapat menstimulasi motorik halusnya dan sekaligus pengenalan objek. Bila si kecil sudah mulai sekolah, bermain bola di halaman rumah menjadi pilihan yang seru untuknya. Bermain bola dapat melatih motorik kasarnya.
 
• Berbicara
Berbicara menjadi waktu yang tidak boeh dilewatkan. Pada bayi, suara Bunda lebih menenangkan dan menyenangkan dibanding suara mainan.  Jangan kaget bila sesekali ia tertegun dan melihat Bunda lama, ini tandanya ia bisa menangkap dan mengerti apa yang Bunda katakan. Untuk si kecil yang lebih besar, berbicara dapat membuat hatinya lebih tenang dan nyaman. Dan ia tidak merasa sendiri karena punya Bunda dan Ayah di sampingnya.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman