SITE STATUS
Jumlah Member :
482.143 member
user online :
1832 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Jelaskan Makna Idul Fitri Pada Anak!

   

Jelaskan Makna Idul Fitri Pada Anak!



Bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi dan sebentar lagi kita akan merayakan Hari Kemenangan bagi umat muslim yakni Hari raya Idul Fitri. Hari Idul Fitri atau Lebaran merupakan salah satu perayaan yang dinantikan, tak terkecuali anak-anak. Kebanyakan anak-anak mengidentikan Lebaran dengan baju baru, uang ‘persen’, makan ketupat dan jalan-jalan ke rumah keluarga. Tetapi tentu saja itu bukan makna sesungguhnya
Nah, kita sebagai orangtua perlu menjelaskan padanya apa makna Lebaran sesungguhnya, supaya ia dapat memetik hikmah Lebaran.

Hati Bersih Kembali
Hari Lebaran dan baju baru erat sekali hubungannya. Betapa tidak, sebagian besar umat muslim merasa perlu membeli baju baru yang akan dipakai pada saat Lebaran nanti. Tak heran bila anak-anak menantikan hari di mana seluruh keluarga pergi berbelanja baju baru untuk persiapan Lebaran.
Saat Lebaran tiba mereka bangga dengan baju baru yang dibelikan Bunda. Namun, pasti lain lagi ceritanya bila ternyata Bunda tak memiliki cukup uang untuk baju baru. Si kecil bisa saja bersedih dan menangis karena melihat anak-anak lain memakai baju baru sedangkan ia tidak.
Untuk itu Bunda perlu menjelaskan esensi Lebaran sesungguhnya. Jelaskan bahwa baju baru hanyalah simbol dari hati yang baru, hati yang kembali bersih. Caranya dengan meminta maaf dan memaafkan sehingga tidak ada lagi rasa benci yang dapat mengotori hati kita.
Bunda bisa mengatakan, “Tidak apa-apa Dede tidak pakai baju baru, yang penting hati Dede ‘baru’ dan bersih lagi sekarang.”
Pastikan Bunda juga memakai baju lama yang masih layak pakai saat Lebaran sehingga anak dapat mencontohnya.

Berbagi
Uang ‘persen’ merupakan salah satu yang ditunggu mereka juga saat lebaran. Anak-anak seperti berlomba-lomba mendapatkan uang paling banyak. Biasanya malam hari sebelum tertidur mereka sibuk menghitung uang ‘hasil’ Lebaran. Di sini Bunda perlu menjelaskan indahnya berbagi. Jelaskan bahwa tidak semua teman-temannya seberuntung dia, Untuk itu alangkah baiknya bila ia mau berbagi. Mintalah ia untuk menyisihkan uangnya dan berikan pada mereka yang kurang mampu. Jangan lupa, Bunda juga perlu menyisihkan uang Bunda supaya anak tak merasa hanya diperintah.

Kebersamaan
Lebaran adalah kesempatan yang tepat untuk kumpul bersama seluruh keluarga. Ciptakan kebersamaan yang harmonis dan libatkan anak-anak di dalamnya. Misalnya, ajak si kecil menawarkan kue ke seluruh keluarga. Bunda bisa memujinya di depan keluarga bahwa dia ikut membantu Bunda membuat kue. dengan begitu ia akan merasakan betapa indahnya kebersamaan dalam keluarga.
 
Selamat Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin.
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman