SITE STATUS
Jumlah Member :
484.427 member
user online :
2110 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Jenis Tangisan Bayi dan Artinya

   

Jenis Tangisan Bayi dan Artinya



Bayi identik sekali dengan kegiatan menangis. Ketika dia dilahirkan di dunia hal yang pertama kali dilakukannya adalah menangis. Kala itu Bunda dan suami pasti merasa senang luar biasa, tetapi setelah lahir dan Bunda sedang dalam keadaan lelah tangisan si kecil bisa jadi membuat kesal.
Bunda perlu menyadari bahwa menangis adalah satu-satunya cara si kecil berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Justru kalau si kecil tidak menangis itu menandakan ada sesuatu yang tidak beres dengan perkembangannya. Asalkan ia menangis satu sampai tiga jam sehari itu masih wajar.
Tangisan bayi bukan karena hobi atau karena dia cengeng tetapi karena bayi ingin menyampaikan sesuatu. Misalnya ia menangis saat dilahirkan untuk memberitahukan eksistensi dirinya dan juga sebagai tanda bahwa dia tidak nyaman saat pertama kali bernapas menggunakan paru-paru.

Berikut beberapa jenis tangisan si kecil dan maknanya yang perlu Bunda perhatikan :
• Pelan, kencang dan pelan kembali
Kalau bayi menangis seperti ini artinya dia dalam keadaan lelah, bosan dan mengantuk. Tak perlu kuatir, usap dan tepuk-tepuk lembut punggungnya supaya dia rileks dan segera tertidur.
• Semakin keras dan berirama
Ini menandakan si kecil lapar dan haus. Langsung saja berikan ASI dan lihat betapa dia bersemangat mengisapnya. Tangisan seperti ini juga berarti dia merasa tidak nyaman, misalnya popoknya sudah terlalu lembab dan Bunda harus segera menggantinya.
• Panjang melengking
Kalau bayi dalam keadaan takut atau kesakitan seperti inilah tangisannya, panjang dan melengking. Cek apakah ada bagian tubuh bayi yang sakit atau Bunda terlalu kuat mengikat popok kainnya.
• Merintih pelan
Tangisan seperti ini mengisyaratkan dia sedang stress. Misalnya karena dia merasa kesepian. Temani si kecil bermain atau kalau dia terlihat mengantuk ajaklah tidur di pelukan Bunda.

Tips :
-    Jangan panik dan stress apalagi sampai membuat Bunda menunjukan hal itu di depannya. Si kecil juga bisa merasakan apa yang Bunda rasakan, lho.
-    Mintalah suami bergantian menggendong atau mendekapnya, sementara itu lakukan kegiatan yang membuat Bunda rileks

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman