SITE STATUS
Jumlah Member :
482.218 member
user online :
2280 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Pentingnya Mengenalkan Komputer Sejak Dini

   

Pentingnya Mengenalkan Komputer Sejak Dini



Jaman sudah semakin canggih dan segala sesuatunya bisa diketahui dengan cepat melaui teknologi. Komputer adalah salah satu perangkat yang wajib dikuasai bila tidak ingin ketinggalan informasi. Kemajuan jaman ini mau tidak mau mengharus anak-anak mengenal teknologi sejak dini (TK & SD). Mengenalkan komputer sejak dini sangat bermanfaat untuk masa depannya. 
 
Beberapa orangtua mungkin merasa kesulitan saat mengajarkan komputer pada anak khususnya bagi anak TK. Mereka mungkin lebih senang menekan tombol keyboard secara tak beraturan, atau memainkan mouse dan meng-kliknya berkali-kali. Hal itu wajar mengingat sifat anak yang cenderung aktif dan sulit diam dalam waktu cukup lama. Tapi bila Bunda dan suami mau menuntun dan mendampinginya dengan sabar, lama-lama ia akan terbiasa dan menikmatinya. 

Mulailah dengan menjelaskan beberapa fungsi tombol di keyboard. Misalnya untuk mengetik huruf dan angka. Mintalah ia mengetikkan nama dan sekolahnya.
Berlatih komputer dapat merangsang motorik halusnya dan ia belajar mengikuti perintah dengan teratur. Berikanlah CD edukasi yang dapat ia lihat di komputer, misalnya tentang anggota tubuh, tentang binatang, dll.

Untuk anak yang sudah duduk di SD, belajar komputer adalah hal yang menyenangkan. Mereka bisa mengetik, membuat tabel, mengarang cerita, menggambar, memecahkan soal pelajaran dan masih banyak manfaat lainnya. Ijinkanlah si kecil bermain games. Pilihkan permainan yang mengasah kemampuan otaknya, misalnya menjumlahkan, mencari jalan keluar, menyusun kata, dll.
 
Dampak Negatif
Selain efek positif komputer juga memiliki dampak negatif. Untuk itu Bunda perlu tahu bagaimana cara mengatasinya. Dampak negatifnya antara lain pada kesehatan mata. Bila ia terbiasa melihat ke layar komputer dengan jarak dekat, lama kelamaan penglihatannya bisa bermasalah. Pertumbuhan struktur bola matanya bisa terganggu dan memanjang yang mengakibatkan mata anak minus. Gunakan screen filter pada layar untuk meredam cahaya monitor. Jarak pandang yang baik antara monitor dengan mata adalah 46-47 cm.
Dampak negatif lainnya bisa muncul bila ia sudah mengenal internet. Bunda perlu mengawasinya situs apa sajakah yang ia buka. Maraknya situs porno dan kekerasan membuat Bunda dan suami harus waspada. Jelaskan bahwa ia hanya boleh membuka situs untuk pelajaran sekolah. Kalau perlu block situs-situs yang ia tidak boleh membukanya.
 
Tips :
-       Buat peraturan berapa lama ia boleh belajar dan bermain di depan komputer. Jangan lupa untuk disiplin menerapkannya.
 
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman