SITE STATUS
Jumlah Member :
480.528 member
user online :
2194 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Miliaria (Biang Keringat) yang Mengganggu

   

Miliaria (Biang Keringat) yang Mengganggu



Cuaca akhir-akhir ini tidak menentu. Meski hujan, namun di lain waktu terasa sangat panas. Dengan kondisi cuaca seperti ini bayi dan anak-anak cenderung rewel karena masalah biang keringat atau disebut juga keringat buntet.
Biang keringat atau bahasa medisnya Miliaria adalah gangguan kulit yang menimbulkan bintik-bintik merah di kulit yang terasa sangat gatal. Umumnya menyerang bayi dan anak-anak karena kulit mereka masih peka terhadap lingkungan. Miliaria yang sering menyerang bayi dan anak adalah Miliaria Rubra yang hanya menimbulkan bintik merah dan gatal. Miliaria Rubra tergolong Miliaria ringan. Lain halnya dengan Miliaria Profunda yang disebut juga Miliaria Api di mana penyebaran bintik-bintik lebih cepat dan kulit terasa seperti terbakar.

Penyebab
Walau pun cuaca tidak sedang panas, biang keringat bisa muncul juga. Mengapa itu bisa terjadi?
Biang keringat terjadi karena adanya penyumbatan pori-pori di mana seharusnya keringat keluar. Penyumbatan inilah yang akhirnya menimbulkan bintik-bintik berisi keringat yang tersumbat. Penyebab penyumbatan sendiri bisa terjadi karena bakteri dan juga karena keringat yang terserap kembali ke dalam kulit ari.
Selain itu faktor pakaian juga berpengaruh. Pakaian dengan bahan yang tidak menyerap keringat seperti nilon dapat menimbulkan biang keringat. Pakaian yang terlalu tebal di saat cuaca tidak terlalu dingin juga bisa menjadi salah satu faktor pencetusnya.

Pencegahan & Pengobatan
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu lakukanlah upaya pencegahan supaya si kecil terhindar dari biang keringat. Salah satunya dengan cara :
-    Memberikan pakaian yang menyerap keringat seperti bahan katun. Jangan lupa untuk
     selalu menjaga kebersihan pakaiannya.
-    Hindari mengenakan pakaian dari wol. Bulu wol menimbulkan rasa gatal terlebih pada
     kulit sensitif.
-    Mandikan si kecil minimal 2 kali sehari. Pada anak, disarankan mandi sebelum tidur.
-    Bila bayi dan anak terserang demam, ganti segera pakaiannya yang basah karena
     keringat. Beri obat penurun panas supaya cepat sembuh dan produksi keringatnya
     berkurang.
-    Berikan bedak bayi di sekujur tubuhnya, bahkan bila biang keringat tidak muncul.

Bila biang keringat sudah terlanjur memenuhi kulitnya lakukan upaya pengobatan. Pemberian lotion calamin dapat membantu, tetapi pastikan kulitnya kering sebelum mengoleskannya. Bila dia mengeluh gatal berlebihan mandikan segera dan gunakan sabun khusus untuk bayi. Bubuhkan bedak yang mengandung Zinc Oksida atau Magnesium Stearat. Bila ternyata biang keringat tidak berkurang dan kulit terluka segera konsultasikan ke dokter.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman