SITE STATUS
Jumlah Member :
465.313 member
user online :
1857 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Berbagai Jenis Susu untuk Kebutuhan Sehari-hari

   

Berbagai Jenis Susu untuk Kebutuhan Sehari-hari

Posted:2009-12-17 15:59:55


Kita semua tahu bahwa susu baik untuk pertumbuhan dan perkembangan seseorang, termasuk buah hati Bunda. Beragam jenis susu yang beredar di pasaran memiliki kadar kandungan yang berbeda-beda.

Sebagai orangtua yang selalu ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil, Bunda dituntut untuk mengetahui kandungan susu dan memilih mana yang terbaik untuknya.

Sebaiknya sebelum membeli susu perhatikan komposisi yang tertulis di kemasannya. Jangan terjebak kemasan atau hadiah-hadiah menarik yang ditawarkan.
Berikut jenis-jenis susu yang beredar di pasaran :

Susu Segar
Ini adalah jenis susu paling baik untuk dikonsumsi. Karena susu masih baru dan kandungan manisnya pun alami tanpa penambah gula. Namun, begitu Bunda harus memperhatikan cara memasaknya jangan sampai pecah sehingga rasanya tetap nikmat.

Susu Bubuk
Susu bubuk mengandung uap air yang sedikit. biasanya susu jenis ini sudah dilengkapi dengan lemak, protein dan sedikit gula. karena kandungan gula yang tidak terlalu banyak biasanya orangtua suka menambahkan gula. Tambahkan saja sedikit gula supaya si kecil suka meminumnya.

Susu Kental Manis
Dari namanya saja kita sudah dapat mengetahui bahwa kandungannya lebih banyak gula, sekitar 30-40%. Kandungan lemak dan proteinnya tidak terlalu banyak. Susu jenis ini bisa dikatakan sebagai penghasil kalori untuk meningkatkan energi saat beraktifitas.

Susu UHT
Susu UHT (Ultra High Temperature) yakni susu yang diproses dengan temperatur tinggi 135 ° C atau 275 ° F selama 1-2 detik untuk membunuh mikroorganisme dalam susu sehingga rasa dan kandungannya tidak rusak. Anak di atas 1 tahun sudah boleh mengonsumsi susu ini namun tidak disarankan berlebihan. Kalau ingin dinikmati hangat jangan dipanaskan, cukup direndam dalam air hangat.

Sebagai informasi tambahan, variasi rasa yang terdapat dalan berbagai jenis susu tidak mengurangi kandungan gizi di dalamnya. Jadi bila is kecil ingin memilih rasa sesuai seleranya silahkan saja.

Tips :
  • Jika putra atau putri Bunda obesitas bisa memberikan susu sedikit lebih cair supaya tidak terlalu banyak lemaknya, terutama untuk susu kental manis.
  • Untuk anak yang mengalami alergi susu Bunda perlu berkonsultasi ke dokter untuk memilih susu mana yang tepat untuknya.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman