SITE STATUS
Jumlah Member :
482.135 member
user online :
2682 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Jika si Kecil Bertanya Arti Puasa

   

Jika si Kecil Bertanya Arti Puasa



Kita baru saja memasuki bulan Ramadhan. Bulan di mana setiap umat muslim merayakannya dan melakukan aktifitas berpuasa. Dalam Islam yang diwajibkan berpuasa adalah mereka yang sudah dewasa (akil balig), namun begitu, Bunda juga bisa memanfaatkan bulan ini untuk memperkenalkan arti puasa pada si kecil.

Hj. Fitriani F. Syahrul Msi, Psi. Direktur TK-SD Lentera Insan, Depok sekaligus Dosen Psikologi di PAUD Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta mengingatkan orangtua harus memiliki ‘bekal’ supaya dapat menerangkan ketika si kecil bertanya tentang puasa. “Jangan sampai orangtua sendiri minim informasi sehingga anak tidak puas dengan jawaban yang diberikan.” jelas fitriani.

Tentu saja detail jawaban disesuaikan dengan usia anak. untuk itu orangtua perlu memilah mana jawaban yang tepat untuk buah hatinya.

Fitriani menjelaskan lebih lanjut anak di bawah 4 tahun belum bisa menangkap hal-hal yang tidak biasa. Misalnya jika Bunda menjelaskan berpuasa adalah kewajiban, menahan hawa napsu, bersabar dan lain sebagainya mereka cenderung bingung dan akan terus bertanya. Bahkan bisa jadi Bunda sendiri yang kewalahan menjawabnya.

Caranya mudah, Bunda bisa menerangkan pada pergeseran jam makan. Jelaskan orang berpuasa itu tidak makan dari mulai Subuh sampai waktu Maghrib tiba.

Kalau si kecil  (3 tahun) tertarik dan mau ikut berpuasa biarkan saja, tetapi ingat usia ini hanya untuk memperkenalkan saja, belum fokus pada kewajiban. Katakan jam 9 pagi (snack time) mereka sudah boleh berbuka. Untuk menambambah semangat Bunda boleh memberikan bonus sesuatu bila mereka berhasil.

Selain berpuasa Bunda juga bisa memanfaatkan bulan ini dengan memperkenalkan aktifitas lain di bulan Ramadhan seperti sahur dan berbuka puasa bersama, shalat tarawih, mengaji bersama, dll.

Tips :
  • tetap utamakan kebutuhan gizi untuk si kecil. Jangan sampai karena belajar berpuasa kebutuhan gizinya terabaikan
  • untuk menambah semangat bisa ajak si kecil mendekor rumah dengan suasana Ramadhan. Misalnya pesan-pesan yang ditulis di atas kertas berwarna “Ayo Berpuasa!” dan lain sebagainya.
  • Jangan membandingkan kemampuan berpuasa anak satu dengan lainnya
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman