SITE STATUS
Jumlah Member :
480.559 member
user online :
1994 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Amankah Seks Kala Menstruasi?

   

Amankah Seks Kala Menstruasi?



Sebagai manusia yang beragama tentu kita tahu adanya pelarangan melakukan hubungan seksual kala Bunda menstruasi. Itu kalau ditinjau dari sisi agama. Namun, bagaimana kalau dilihat dari segi medik.

Apakah ada hal-hal yang berbahaya sehingga hal itu tidak boleh dilakukan? Misalnya melakukan hubungan seksual saat menstruasi akan menghambat darah yang sedang keluar dan mungkin bisa menimbulkan kanker rahim (kanker serviks).

Dr. Martina Claudia, SpOG dari Siloam Hospital dan Eka Hospital  menjelaskan, meski hubungan seksual dilakukan saat menstruasi tidak akan menyebabkan kanker serviks pada wanita. “Itu tidak benar. 98 % kanker serviks disebabkan oleh HPV ( Human Papiloma Virus) yang jalan masuknya melalui hubungan seksual. Jadi, terlepas itu dilakukan saat menstruasi atau tidak itu tidak ada hubungannya.” Jelasnya.

Dr. Claudia menjelaskan memang secara logika melakukan hubungan seksual saat menstruasi dikhawatirkan dapat menimbulkan endometriosis atau familiar disebut kista. Karena, darah yang sedang keluar bisa terdorong dan kembali lagi ke dalam. Tapi itu hanya dilihat dari segi logika saja dan kalau pun ada kejadian seperti itu angkanya tergolong kecil sekali.

Selain endimetriosis juga dikhawatirkan terjadinya  infeksi, karena saat menstruasi mulut rahim terbuka sehingga kuman-kuman dari luar mudah sekali masuk. Dan tentu saja bisa menimbulkan rasa nyeri. “kita tahu saat menstruasi akan terasa kram di sekitar perut, dan ini bisa saja menimbulkan rasa nyeri.” tambahnya.

Intinya, tidak ada masalah yang signifikan melakukan hubungan seksual saat menstruasi, terlebih lagi jika suami atau istri merasa nyaman-nyaman saja melakukannya. Meski begitu, dr. Claudia menyarankan suami istri tidak melakukan hubungan seksual saat istri menstruasi. “karena kondisi perempuan yang menstruasi biasanya lemah. Akan lebih baik kalau hal itu tidak dilakukan dulu.”.
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman