SITE STATUS
Jumlah Member :
485.614 member
user online :
1719 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Nyaman Melakukan Perjalanan Dinas ke Luar Negeri

   

Nyaman Melakukan Perjalanan Dinas ke Luar Negeri



Jika buah hati Anda belum sepenuhnya mengerti konsep waktu, berapa hari kepergian Anda bisa diterjemahkan menjadi berapa dongeng sebelum tidur akan dibacakan oleh ayah, atau siapa pun yang akan melakukannya untuk Anda. Agar ia bisa lebih mengerti akan perubahan yang akan dialami, ajak ia ikut menyiapkan koper Anda agar ia punya gambaran bahwa Anda akan pergi untuk beberapa hari.
Pada saat yang sama, katakana padanya bahwa Anda akan segera pulang ke rumah untuknya. Selain menyiapkan mental anak, Anda pun perlu menyiapkan mental sendiri, apalagi jika penugasan ini merupakan kali pertama Anda melakukannya setelah mempunyai anak. Seiring dengan itu, selayaknya Anda memastikan bahwa urusan rumah tangga sudah dibereskan terlebih dulu.
Mintalah dukungan suami, agar peran Anda sebagai ibu untuk sementara digantikan olehnya, sehingga Anda pun bisa konsentrasi penuh pada pekerjaan. Dalam hal ini, dukungan supporting family selain suami amat dibutuhkan, semisal orangtua atau mertua, kerabat terdekat, ataupun pengasuh bayi/anak Anda.
Agar perjalanan ini nyaman, catatlah semua hal yang menunjang kebutuhan berkomunikasi, baik itu alamat, nomor telepon, dan nomor kamar hotel Anda, ataupun nomor telepon yang bisa digunakan di tempat tujuan. Siapa tahu, ponsel kehilangan sinyal atau berada di luar jangkauan. Jangan lupa untuk selalu memberi kabar, via telepon, SMS, maupun email, supaya setiap keadaan apa yang terjadi dapat dimonitor dan dipantau perkembangannya. Agar si kecil nyaman ditinggal, konon Anda disarankan untuk jangan terlalu memikirkan si kecil, karena ikatan batin yang kuat antara ibu dan anak bisa membuatnya merasakan apa yang Anda rasakan. Kalau Anda gelisah, si kecil pun akan merasakan hal yang sama. Kemungkinan dia menjadi rewel dan uring-uringan selama ditinggal.
Perlu diketahui, untuk perjalanan ke luar negeri, Anda wajib membawa paspor yang masih berlaku. Banyak negara tujuan yang mensyaratkan paspor masih berlaku paling tidak enam bulan ke depan sejak tanggal kedatangan sebelum mereka mengeluarkan visa atau mengizinkan Anda masuk ke sana. Oleh sebab itu, lebih baik Anda mengecek apakah paspor Anda masih berlaku atau sudah mendekati kedaluwarsa. Pastikan pula paspor Anda berada dalam kondisi baik, tidak lecek, laminasinya masih melekat dengan baik, dan tidak ada halaman yang sobek atau hilang. Beberapa negara juga mewajibkan adanya visa atau surat izin tinggal di suatu negara (beberapa negara di Asia tidak mengharuskan Anda memiliki visa).
Permohonan visa sebaiknya juga Anda lakukan jauh-jauh hari, karena tidak selamanya permohonan itu berjalan mulus. Untuk melindungi terjadinya hal-hal di luar kuasa Anda, misalnya kecelakaan, sakit, atau kehilangan barang, belilah asuransi perjalanan. Biasanya, jika Anda berobat, rumah sakit setempat menanyakan apakah Anda mempunyai asuransi atau tidak. Pilih asuransi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika surat-surat dokumen Anda hilang saat melakukan perjalanan, Anda harus segera menghubungi polisi setempat dan perwakilan negara kita di sana. Karena itu, sebaiknya Anda menyimpan fotokopi paspor, visa, dan kartu identitas lainnya di tempat yang berbeda, sehingga jika hal itu terjadi, maka Anda bisa menunjukkan bukti kewarganegaraan Anda setiap kali ada pemeriksaan. Untuk uang, bawalah secukupnya, atau langsung tukarkan dengan mata uang negara yang Anda kunjungi. Hubungi bank penerbit kartu kredit Anda bila berniat menggunakannya, supaya Anda tahu kurs ataupun penggunaan tertentu di negara tertentu. Bawalah pakaian secukupnya, yang dapat disesuaikan dengan jenis acara yang hendak Anda hadiri serta cocok dengan iklim yang sedang berlaku.
Agar irit tempat, bawalah busana kerja yang bisa dipadupadankan. Agar terlihat profesional, lebih baik Anda membawa busana yang business look dan bermodel klasik. Jika Anda melakukan banyak perjalanan dan tidak terlalu banyak menghadiri meeting, Anda bisa membawa pakaian yang nyaman dan sopan. Bawa sepasang sepatu yang bermodel tertutup dan nyaman dipakai. Mengingat bahwa Anda sangat ingin berhubungan dengan si kecil, pikirkan juga biaya komunikasi yang harus dikeluarkan, apalagi bila tidak ditanggung kantor. Jika menggunakan telepon genggam di luar negeri dengan nomor Indonesia, biayanya biasanya cukup mahal (kira-kira 100-150% tarif internasional biasa).
Demikian pula halnya dengan telepon hotel. Salah satu solusi, belilah kartu telepon prabayar lokal untuk telepon genggam Anda. Dengan begitu, Anda bisa leluasa menghubungi relasi di negara tujuan dengan biaya lokal, sementara itu, Anda juga terhindar dari roaming saat menerima telepon dari tanah air. Perjalanan jauh akan menguras energi, padahal Anda harus tampil prima dan berkonsentrasi penuh pada pekerjaan. Selama Anda mengonsumsi makanan yang tepat dan tidur yang cukup, hal itu bisa diatasi dengan mudah. Tetapi, untuk perjalanan ke tempat yang mempunyai beda waktu cukup banyak, jetlag sering kali tidak bisa dihindari dan mengganggu pola tidur Anda.
Jetlag memang bersifat individual. Artinya, ada orang-orang tertentu yang bisa dengan mudah menyesuaikan dirinya dengan waktu, dan ada yang sangat sulit. Bagaimanapun, ini harus diatasi. Caranya adalah dengan memutar jam tangan Anda sesuai waktu setempat dan sesuaikan pula mental Anda. Jika perbedaan waktu cukup banyak dan Anda tiba pada pagi hari di negara tujuan, sebaiknya Anda membuat janji atau mengadakan pertemuan pada siang hari. Pasalnya, melewati sore biasanya Anda akan menjadi sangat lelah dan mengantuk. Anda juga dapat minum obat untuk menanggulangi jetlag. (HANNIE KUSUMA)
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman