SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
3175 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bilamana Si Kecil Susah Makan

   

Bilamana Si Kecil Susah Makan



Bunda mana yang tidak akan kebingungan melihat balita kecilnya mendadak menolak makanan yang disajikan untuknya.

"Ada apa sebenarnya...? Mengapa si kecil tiba-tiba menjadi pemilih terhadap makanan yang disajikan...? Apa yang harus dilakukan...?"


Melalui artikel ini akan dibahas secara singkat tentang pertanyaan senada dari Bunda yang sedang menghadapi masalah dengan buah hati terkasihnya.

Alasan umum bagi si kecil, mencoba menu makanan padat merupakan sebuah pengalaman baru. Ia membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan berbagai tekstur, warna, dan rasa dari variasi menu yang disajikan. Bahkan ada beberapa anak yang sudah terbiasa dengan pola makannya yang lama, cenderung sulit untuk mencoba jenis makanan baru hingga sang Bunda harus menyajikannya beberapa kali.

Tips menghadapi si pemilih makanan

Beberapa tips berikut ini bisa diterapkan untuk menghadapi si kecil yang cenderung selektif pada menu yang disajikan:
  1. Sajikan variasi menu bergizi yang disesuaikan dengan selera dan usia si kecil Kenalkan si kecil pada menu baru secara bertahap.
  2. Sebelum beralih, pertahankan satu jenis menu untuk beberapa saat hingga si kecil mulai mengenalinya
  3. Hidangkan makanan sesuai dengan takaran porsi anak seusianya
  4. Tanamkan pemahaman bahwa ada beberapa anak yang memiliki selera makan yang sensitif, sehingga tidak mudah baginya untuk menerima jenis makanan baru yang dirasa masih asing baginya
  5. Usahakan untuk selalu berkreasi menambahkan variasi bahan-bahan makanan bergizi ke dalam menu makanan kegemaran si kecil
  6. Untuk memancing selera makan si kecil, hindari menyajikan makanan-makanan yang terlalu manis. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan pada gigi si kecil.
  7. Usahakan untuk menciptakan suasana makan yang tenang, hingga perhatian si kecil tidak terbagi ke tempat lain dan terpusat pada makanan yang disajikan
  8. Secara alami, si kecil memiliki naluri tentang seberapa banyak makanan yang dibutuhkan tubuhnya untuk tumbuh sehat. Jadi... biarkanlah si kecil bebas memutuskan makanan yang diinginkannya dan jangan pernah memaksakan si kecil untuk menghabiskan setiap menu yang disajikan, karena hal itu bisa menyebabkan si kecil menjadi lebih keras kepala dan enggan untuk mencoba makanan lain.
Hal penting yang bisa Anda lakukan hanyalah selalu menyajikan variasi menu makanan sehat dan menciptakan suasana makan yang tenang dan nyaman. Bila Anda masih kurang yakin kalau si kecil telah memenuhi kebutuhan nutrisinya, Anda bisa berkonsultasi pada dokter terkait tentang perlu tidaknya si kecil mengkonsumsi vitamin tambahan.

Selamat mencoba...!
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman