SITE STATUS
Jumlah Member :
500.110 member
user online :
881 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Atasi Obesitas Pada Anak

   

Atasi Obesitas Pada Anak



Obesitas pada anak kini menjadi masalah besar di negara-negara maju. Sebab, anak-anak yang mengalami kegemukan sudah membawa bibit penyakit, seperti? gangguan pembuluh darah, jantung, diabetes, dan hipertensi. Obesitas pada anak juga akan berdampak ketika dewasa.

Obesitas atau kegemukan diartikan sebagai penimbunan jaringan lemak tubuh secara berlebihan. Obesitas mempunyai dampak terhadap tumbuh kembang anak dan berpotensi mengalami berbagai penyebab kesakitan dan kematian, antara lain penyakit kardiovaskuler, dilipidemia, hipertensi, diabetes melitus (DM), dan sebagainya. Hingga sekarang belum ada obat menurunkan berat badan bagi anak-anak yang menderita obesitas.

Menurut Dr. dr. Damayanti R. Sjarif dari Bagian Gizi dan Metabolisme Departemen Kesehatan Anak FKUI, hanya dengan aktivitas fisik dan mengubah pola makan, berat badan anak obesitas bisa diturunkan. Satu-satunya obat penurun berat badan untuk anak yang telah direkomendasi FDA (badan pengawas obat dan makanan di AS) adalah orsilat. Obat itu pun baru bisa diberikan pada anak obesitas berusia 12 tahun ke atas.

Oleh karena itu, upaya yang harus dilakukan bagi anak-anak obesitas ini hanya dengan mengubah pola makan dan beraktivitas. "Bagian Gizi dan Metabolisme FKUI telah meneliti 12 anak obesitas dengan menggunakan metode beraktivitas dan mengubah pola makan. Anak-anak tetap boleh mengonsumsi makanan apa saja karena mereka sedang dalam masa pertumbuhan. Hanya bagi anak obese, makanan berat telah ditentukan waktunya."

Pada anak obese pada saat jam makan pagi, siang, dan malam merupakan makan besar untuknya disertai dengan gizi yang seimbang tentunya. Tetapi, di luar jam itu mereka hanya boleh makan buah-buahan. "Ngemil-nya diganti buah-buahan. Jam menonton televisi dibatasi cukup tiga jam, karena salah satu penyebab obese diam di depan televisi berjam-jam sambil ngemil."

Olahraga juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan, karena dapat membakar lemak di dalam tubuh. Olahraga yang sangat bagus untuk anak-anak adalah jalan kaki, joging, naik sepeda dan berenang.

Penanganan obesitas harus dilakukan sejak dini, dan dilakukan secara komprehensif. Penanganan kasus obesitas pada anak dengan cara modifikasi diet, aktifitas fisik dan perubahan perilaku harus dilakukan secara simultan. Pemberian modifikasi diet pada penangananan anak dan remaja dengan obesitas adalah dengan menerapkan gizi seimbang untuk pencapaian tumbuh kembang. Dalam menangani anak dengan obesitas diperlukan keterlibatan keluarga secara aktif.

Sumber: Berbagai sumber
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman