SITE STATUS
Jumlah Member :
481.977 member
user online :
2470 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Saat Batuk Pilek Menyerangnya

   

Saat Batuk Pilek Menyerangnya



Kita merasa bersyukur memiliki keluarga kecil yang bahagia. Namun, terkadang kebahagiaan berubah menjadi kesedihan saat melihat si buah hati sakit. Dari sekian banyak penyakit, batuk dan pilek tergolong penyakit yang seringkali menyerang anak-anak. Mengapa si kecil mudah sekali terserang batuk dan pilek? Bagaimana cara menanganinya?
 
Penyebab & Gejala
Batuk pilek kerap kali muncul pada saat perubahan cuaca, biasanya dari kering ke musim hujan. Pada perpindahan cuaca ini kekebalan tubuh seseorang cenderung menurun tak terkecuali si kecil. Tetapi justru virus dan bakteri berkembang sangat baik.
Batuk pilek disebabkan oleh virus yang menyerang kekebalan tubuh si kecil. Jenis virus ini berasal dari kelompok RNA (asam ribonukleat). Selain virus, batuk pilek bisa terjadi bila terinfeksi bakteri.
Sesuai dengan namanya, gejalanya sudah pasti batuk, hidung berair dan berlendir. Biasanya disertai dengan demam.
 
Cara Menangani
Bunda tak perlu kuatir berlebihan. Memang menyedihkan melihatnya sulit bernapas, tetapi biasanya ia akan sembuh dengan sendirinya. Umumnya batuk pilek akan sembuh dalam 2-3 hari, tetapi bisa juga berlangsung selama 7-10 hari dan disertai infeksi bakteri. Bila lebih dari 2 minggu tidak kunjung sembuh, kemungkinan besar batuk pileknya disebabkan oleh alergi. Bunda bisa membawanya ke dokter bila ia tak sembuh lebih dari 10 hari.
 
Sebelum mendapat penanganan dokter, Bunda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini bila si kecil batuk pilek :
  1. Hentikan sejenak penggunaan botol saat menyusu. Susui si kecil langsung dari payudara Bunda untuk menghindari tertutupnya saluran yang menghubungkan antara hidung dengan telinga.
  2. Bila ingin memberinya antibiotik disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan asal memberinya antibiotik.
  3. Bila demamnya mencapai 38,5 derajat celcius berikan obat penurun panas khusus anak-anak.
  4. Bunda bisa melakukan penyedotan lendir di hidung bayi dengan alat penyedot khusus.
Bagaimana dengan pemberian obat?
Perlu Bunda ketahui bahwa sebenarnya tidak ada obat yang dapat menyembuhkan batuk pilek, karena batuk pilek pada umumnya disebabkan oleh virus yang akan sembuh dengan sendirinya. Pengobatan bertujuan untuk mengurangi gejala yang timbul agar tidak terlalu berat. Beberapa orangtua memang memberikan antibiotik dengan harapan si anak cepat sembuh. Namun, pemberian antibiotik yang terlalu sering justru membuat bakteri dalam tubuh kebal terhadap antibiotik. Lebih baik Bunda memberikannya banyak minum air putih , ASI atau susu formula (untuk bayi di bawah 6 bulan), istirahat yang cukup dan beri ia makanan dengan gizi seimbang. Hal ini dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuhnya.
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman