SITE STATUS
Jumlah Member :
493.627 member
user online :
1266 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: artis paling sering pakai stocking

New Topic :  
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like

Ibu mana sih yang nggak panik ketika si buah hati yang sedang aktif-aktifnya tiba-tiba buang air besar lebih dari tiga kali sehari. Konsistensi BABnya pun tidak lunak seperti biasa tetapi cair dan terkadang disertai lendir.Bayi yang sebelumnya tertawa riang kini menjadi lemah dan lesu. Tak jarang, saking khawatirnya ibu langsung membawa sang bayi ke dokter.

Rasa khawatir yang dialami oleh ibu ketika anak mengalami mencret cukup beralasan.Di negara kita Indonesia dan negara berkembang lainnya, mencret atau diare masih merupakan penyebab utama angka kesakitan pada anak. Oleh karena itu, penanganan diare yang cepat dan tepat akan menurunkan angka kematian karena diare. Jadi, sebagai seorang ibu kiranya dapat mengetahui tentang diare, penanganan awalnya  dan keadaan seperti apakah yang membuat penyakit saluran cerna ini berpotensi untuk menjadi berat.

Sebenarnya kapan sih seorang anak dikatakan mengalami diare?

Dari definisinya, anak baru dikatakan mengalami diare jika buang air besar cair lebih dari 3 kali sehari dengan atau tanpa disertai lendir/darah.Pada dasarnya, diare adalah usaha pertahanan tubuh untuk mengeluarkan kuman dan racunnya dari tubuh, tapi menjadi masalah karena sering dengan menyerap cairan di dinding usus yang mengakibatkan dehidrasi.Penyebab terjadinya diare sangat banyak, tetapi yang paling sering pada anak adalah infeksi usus yang disebabkan oleh virus. Penyebab lainnya dapat berupa adalah bahan kimia makanan, obat-obatan, psikis, alergi susu sapi/makanan, malabsorpsi makanan dan gizi buruk.

Lalu apa yang harus Ibu lakukan saat sang buah hati mengalami diare?

1. Don’t be panic! Jangan panik. Kalau Ibu panik, semuanya bisa jadi runyam.Anak yang sebelumnya tenang bisa ketakutan karena kepanikan ibu. Jadi, saat menghadapi anak yang mengalami diare atau penyakit apapun seorang ibu haruslah tenang dan berpikir jernih.

2. Tangani segera. Prinsip penanganan diare adalah mengganti cairan yang hilang secepat mungkin.Bila anak masih mau minum dan tidak muntah, maka anak tetap diberikan ASI (kalau masih minum ASI) dan segera berikan cairan rehidrasi oral (CRO).Cairan ini bisa berupa oralit atau larutan gula-garam. Cairan tersebut mempunyai komposisi yang sama dengan cairan yang dikeluarkan bersama tinja anak yang diare. Pemberian cairan ini bisa dilakukan di rumah. Bila anak kita tidak menyukai rasa cairan tersebut, bisa diganti dengan cairan lain seperti air putih. Perhitungan cairannya adalah: kalau anak mencret, maka kita harus memberikan cairan sebanyak 10cc/kgBB dan kalau munta 2-5 cc/kgBB.

Anak yang mengalami diare tidak selalu harus diinfus dan dirawat.Selama anak masih sanggup untuk minum dan tidak mengalami muntah terus-menerus, maka si anak masih bisa kita tangani di rumah.Namun, jika anak tidak mampu minum karena muntah terus-terusan, jangan tunggu lagi, segera bawa buah hati kita ke pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Bagaimana pencegahannya agar anak tidak terkena diare ?

Beragam upaya dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya diare antara lain :

1. Penyediaan sarana air bersih dan pembuatan MCK yang layak

2. Meningkatkan personal higiene

3. Penyapihan yang benar. Jangan terburu-buru menyapih bayi kita dan memberinya susu tambahan atau makanan tambahan. Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dapat menghindarkan bayi kita dari diare yang disebabkan oleh alergi susu sapi. Susu tambahan bisa saja diberikan asalkan memang produksi ASI terbukti kurang atau ada masalah dengan puting susu ibunya.

4. Bila bayi di rumah butuh susu tambahan, maka penyiapan dan pembuatan susunya harus bersih : bersihkan botol  dan dot yang habis pakai, merebus dan merendamnya di air hangat, tidak membiasakan dot terbuka tanpa penutup sehingga terhinggapi oleh lalat atau tercampur debu. Untuk lebih jelasnya kita bisa langsung bertanya pada ahli gizi di Careline bebeclub.

Ingat kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati.Jadi, sebelum anak kita mengalami diare, maka sebagai ibu kita wajib mencegahnya.

Nah, bagi Ibu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang penanganan dini saat sang buah hati mengalami gangguan saluran pencernaan seperti diare, dan lain-lain, yuk gabung di komunitas bebeclub.  Bebeclub merupakan social network platform bagi kaum ibu. Jadi di sana, kita bisa saling berbagi berbagai informasi seputar kehamilan, persalinan, perkembangan dan kesehatan bayi, serta bisa bertanya langsung pada ahlinya lewat careline. Di sana ada bidan, ahli gizi, dan ibu-ibu yang berpengalaman yang sangat responsive menjawab pertanyaan kita. Tak hanya itu, tampilan bebeclub juga interaktif sehingga dapat diakses dengan gadget apapun.

   


02-10-2013 19:17:45 share
Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
Cara Ampuh Atasi Kesemutan Saat Hamil
Keluhan kesemutan, kram, nyeri sampai rasa lemah dan tidak bertenaga pada pergelangan tangan memang sering dirasakan dalam kehamilan terutama seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Ini disebabkan penekanan pada saraf di daerah pergelangan tangan akibat penimbunan cairan yg terjadi dalam kehamilan. Keluhan dirasakan lebih berat saat pagi hari setelah bangun tidur karena posisi tidur atau penekanan pada lengan atau pergelangan tangan saat tidur. Walaupun kondisi ini tidak membahayakan untuk kehamilan yang sedang berlangsung tetapi seringkali keluhan yang timbul cukup mengganggu dan menimbulkan kekhawatiran bagi para ibu.

Carpal tunnel syndrome adalah gangguan dari tangan yang disebabkan oleh tekanan pada saraf median di pergelangan tangan. Carpal tunnel syndrome dapat terjadi karena

gerakan tangan yang berlebihan dan berulang, arthritis atau selama kehamilan. Pada kehamilan perubahan hormon dapat menyebabkan retensi cairan, yang dapat memampatkan saraf median. CTS yang dipicu selama kehamilan biasanya sembuh segera setelah lahir. CTS paling sering terjadi selama trimester ketiga, tapi mungkin terjadi sejak trimester pertama dan kedua.

Apa penyebab dari CTS di kehamilan?

Bengkak pada pergelangan tangan / disebabkan oleh penumpukan cairan (edema) yang ,menyebabkan retensi pada saraf median.

Gejala dapat diperburuk oleh gerakan tangan yang berulang, posisi yang menekan berat badan atau berat badan tertumpu pada tangan, seperti saat berlutut atau merangkak.

Apa saja tanda dan gejala CTS?

? Mati rasa

Terasa seperti ditusuk jarum terutama pada ibu jari, dan jari tengah

Gejala dapat memburuk atau hanya terjadi pada malam

nyeri menyebar kelengan bawah atau lengan atas

? tangan terasa lemah

? Nyeri dan masalah dengan gerakan ibu jari

? kecanggungan dan kehilangan koordinasi tangan

Apa saja pilihan pengobatan untuk CTS?

? Istirahat / Modify actitivities terutama pada

? malam

? Pijat

? Mandi air hangat/rendam tangan pakai air hangat bisa di campur dengan garam mineral

? latihan pompa otot / latihan menggepalkan jari lalu merilekskan jari

? Hindari tidur di sisi yang menderita CTS misalnya jika yang kesemutan tangan kiri ya usahakan tidak miring ke kiri

? Hindari konsumsi kafein dan rokok

? Gunakan bantal untuk menopang tangan pada malam hari.

? Putar pergelangan tangan Anda dan regangkan telapak dan jari tangan

? Cobalah mengenakan belat pergelangan tangan di malam hari. Splints pergelangan tangan umumnya tersedia di toko obat atau apotek. Belat harus nyaman tetapi tidak ketat

? Rajin lakukan yoga, karena beberapa Postur Yoga . Dirancang untuk memperkuat, peregangan dan menyeimbangkan setiap sendi di tubuh bagian atas, serta tubuh bagian atas sendiri, dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kekuatan cengkeraman dengan sindrom terowongan karpal.

? Elektroterapi ? USG

? Akupunktur bisa membantu menyelesaikan masalah ini

? injeksi Cortisone ke pergelangan tangan

? Bedah sebagai upaya terakhir

Jika Anda merasa gejala ini lebih parah pada malam hari, itu karena cairan yang menumpuk di bagian bawah tubuh Anda di siang hari yang didistribusikan di tempat lain, termasuk tangan Anda, ketika Anda berbaring. (gravitasi terbalik.)

Dokter Anda dapat melakukan satu atau beberapa tes berikut ini untuk menentukan apakah Anda memiliki sindrom carpal tunnel:

? Riwayat gejala. Pola tanda-tanda dan gejala mungkin bisa menjadi petunjuk untuk mereka. Sebagai contoh, karena saraf median tidak memberikan sensasi ke jari kelingking Anda, gejala pada jari yang mungkin mengindikasikan masalah selain carpal tunnel syndrome. Petunjuk lain adalah waktu dari gejala. Khas adalah ketika Anda mengalami gejala carpal tunnel syndrome mungkin ketika sambil memegang telepon atau koran, mencengkeram roda kemudi, atau terbangun pada malam hari.

? Pemeriksaan fisik Dokter akan ingin menguji perasaan di jari dan kekuatan otot-otot di tangan Anda, karena dapat dipengaruhi oleh Carpal tunnel syndrome. Tekanan pada saraf median pada pergelangan tangan, dengan menekuk pergelangan tangan, menekan pada saraf atau hanya menekan pada saraf.

? Beberapa dokter merekomendasikan X-ray (tetapi ini sebaiknya dihindari jika Anda sedang dalam kondisi hamil) . Untuk mengetahui penyebab lain dari nyeri pergelangan tangan, seperti radang sendi atau patah tulang.

? Electromyogram. Elektromiografi mengukur muatan listrik kecil yang dihasilkan dalam otot. Sebuah elektroda berupa jarum tipis dimasukkan ke dalam otot Anda. Alat tersebut akan mencatat aktivitas listrik dalam otot Anda saat istirahat dan ketika otot Anda berkontraksi Tes ini dapat membantu menentukan apakah kerusakan otot telah terjadi.

? Para elektromiogram dan tes konduksi saraf studi juga berguna dalam memeriksa kondisi lain yang mungkin meniru carpal tunnel syndrome, seperti saraf terjepit di leher Anda.

? Dokter Anda mungkin menyarankan agar Anda melihat rheumatologist, ahli saraf, ahli bedah atau ahli bedah saraf tangan jika tanda-tanda atau gejala menunjukkan gangguan medis lainnya atau perlu pengobatan khusus.

Tidak ada strategi yang telah terbukti untuk mencegah sindrom carpal tunnel, namun Anda dapat meminimalkan stres pada tangan dan pergelangan tangan dengan mengambil tindakan pencegahan berikut:

? Mengurangi kekuatan pada pegangan tangan Anda. Kebanyakan orang menggunakan kekuatan lebih dari yang diperlukan untuk melakukan banyak tugas yang melibatkan tangan mereka. Jika pekerjaan Anda seperti kasir, misalnya, tekanlah tombol-tombol dengan lembut. Untuk pekerja yang menulis menggunakan tangan, gunakan pena besar dengan pegangan yang lembut.

? Sering-seringlah beristirahat. Berikan tangan dan pergelangan istirahat dengan peregangan lembut dan pembengkokan secara berkala.

? Memperbaiki postur tubuh Anda. Postur tubuh yang salah dapat menyebabkan bahu Anda untuk bergulir ke depan. Ketika bahu Anda berada dalam posisi ini, leher dan otot bahutertekan, dan saraf di leher Anda juga tertekan. ini juga dapat mempengaruhi pergelangan tangan, jari dan tangan.

? Jaga Tangan Anda tetap hangat. Jika Anda tidak dapat mengontrol suhu di tempat kerja, memakai sarung tangan dapat menjaga tangan dan pergelangan tangan hangat.
   
05-03-2012 23:09:14 bayi ku diare
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
 @bunda Ida,

Maaf ya bund, baru baca.
Kalo baby umur 5 bulan diare, coba perhatikan dulu bentuk BAB-nya juga frekuensinya per hari berapa kali. Perhatikan juga apakah diare disertai demam atau muntah dan terlihat lemas? Jika ya, segera bawa ke dokter/rumah sakit. Tapi kalo BAB-nya teksturnya encer/berbuih, frekuensinya bisa >5 kali/sehari, bunda amati dulu kebersihannya. 

Tangannya kan sering diemut, jaga kebersihannya ya. Sering-sering bersihkan, bisa dengan tisu basah. Setiap kali ingin menggendongnya/menyentuhnya usahakan tangan bunda dan orang lain bersih, cuci tangan setiap kali ingin pegang bayi. Beri makan pisang ambon dan oatmeal (havermut atau quaker oatmeal boleh), jangan beri gula/garam ke makanannya. Jika pakai sufor, pastikan airnya matang (menurut aturan WHO), dan beri dengan air yang banyak (jadi lebih encer dari biasanya, jangan kental!). Jangan memberikannya buah lain selain pisang, juga jangan memberinya sayur/teh/kopi/coklat, karena akan lebih memperparah keadaan. Sering2 memberinya minum.

Pastikan semua alat makannya (piring/sendok/botol susu/dot/dsb) dalam keadaan steril (jadi rebus selalu).

Kalo udah di usia >10 bulan terkena diare, bunda bisa berikan yogurt (merk bio kul yang paling bagus) dengan rasa plain (tanpa rasa). Dan setidaknya bunda siap sedia ini, untuk jaga2.

Diare itu yang paling sering dialami bayi/balita. Tapi bunda ga usah takut. Kalo bunda melakukan ini bisa sembuh dengan sendirinya dan kekebalan tubuhnya akan meningkat.


@bunda Arkhanza,

Itu normal bund! Jangan beri lacto-b sembarangan. Memang bayi usia bunda kalo BAB seperti itu.

   


05-03-2012 23:09:14 bayi ku diare
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
 @bunda Ida,

Maaf ya bund, baru baca.
Kalo baby umur 5 bulan diare, coba perhatikan dulu bentuk BAB-nya juga frekuensinya per hari berapa kali. Perhatikan juga apakah diare disertai demam atau muntah dan terlihat lemas? Jika ya, segera bawa ke dokter/rumah sakit. Tapi kalo BAB-nya teksturnya encer/berbuih, frekuensinya bisa >5 kali/sehari, bunda amati dulu kebersihannya. 

Tangannya kan sering diemut, jaga kebersihannya ya. Sering-sering bersihkan, bisa dengan tisu basah. Setiap kali ingin menggendongnya/menyentuhnya usahakan tangan bunda dan orang lain bersih, cuci tangan setiap kali ingin pegang bayi. Beri makan pisang ambon dan oatmeal (havermut atau quaker oatmeal boleh), jangan beri gula/garam ke makanannya. Jika pakai sufor, pastikan airnya matang (menurut aturan WHO), dan beri dengan air yang banyak (jadi lebih encer dari biasanya, jangan kental!). Jangan memberikannya buah lain selain pisang, juga jangan memberinya sayur/teh/kopi/coklat, karena akan lebih memperparah keadaan. Sering2 memberinya minum.

Pastikan semua alat makannya (piring/sendok/botol susu/dot/dsb) dalam keadaan steril (jadi rebus selalu).

Kalo udah di usia >10 bulan terkena diare, bunda bisa berikan yogurt (merk bio kul yang paling bagus) dengan rasa plain (tanpa rasa). Dan setidaknya bunda siap sedia ini, untuk jaga2.

Diare itu yang paling sering dialami bayi/balita. Tapi bunda ga usah takut. Kalo bunda melakukan ini bisa sembuh dengan sendirinya dan kekebalan tubuhnya akan meningkat.


@bunda Arkhanza,

Itu normal bund! Jangan beri lacto-b sembarangan. Memang bayi usia bunda kalo BAB seperti itu.

   
08-03-2017 23:33:41 shere dong yg hamil 4minggu
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
assallamu'allaiku. bunda2..ikut gabung ya. sy hamil 7minggu.. mual muntah dan kembung.. paling sering perut kembung.. di atasi pke obat or minuman apa ya bunda2..
   


02-12-2016 10:48:44 hpl Desember 2016
Jumlah Posts : 300
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda wandha@: sama bun aku juga 37w 3 hari...pernah yg jum'at keluar lendir bening sih bun paling sering konpal aja untuk yg lebih intens masih gak ada...tapi pas cek waktu itu posisi bayi sudah mapan dan siap lahir mgkin mggu" ini sudah lahir tapi k skrg belum ada tanda" lagi bun...soalx ayah udah gak sabaran banget nih dedek d keluarin huhuhu
   
Jumlah Posts : 70
Jumlah di-Like : belum ada like
@bunda dini sama kayak aku bund , semakin kuat debay nya nendang semakin kasa agak ngilu paling sering sblah kiri , tapi alhamdulillah bb janin ku normal , sekrang jln 7 bln bb janin ku 2 kg
   
17-11-2016 17:01:19 hpl april 2017 merapat
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda ella.. saya malah sering gak nentu kedutan-kedutannya.. tpi paling sering kalo pas laper.. dedenya kayak protes gitu..

   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
bun mau tanya dong... saya hamil anak pertama 28week.. belakangan ini sering bgt keputihan.. saya tnya bidan tapi ga dikasih obat..dan disuruh jangan sering" pakai pembersih.. jd hrus gmna ya bun..mngkin ada yg prnah mengalami sprti saya :)
   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
bun, saya kan kerja. sering pakai bedak padat pixy cream. aman tidak ya bun buat kehamilan saya.
   
Jumlah Posts : 37
Jumlah di-Like : belum ada like
tp biasa kan bun, hpl itu hitungan 40w. ya paling sering maju hpl ny, kalw lebih dr 40w blm ad tnda2, biasa d induksi sma dktr ny. dhitung dr hpht ke hpl ny 40w
   
28-07-2016 11:32:32 Diapers untuk NewBrown
Jumlah Posts : 2504
Jumlah di-Like : belum ada like
kalo aku sih gapapa bun. paling sering di cek aja takut ddnya poop
   
14-06-2016 11:09:33 hpl juli 2016
Jumlah Posts : 60
Jumlah di-Like : belum ada like
sama bund..gerakannya udah gak seaktif bulan2 sebelumnya..cuma lebih sering tegang dan mengeras perutnya sama nonjol2 di bagian tertentu, paling sering perut bagian kanan bawah sama atas..wajar gak ya bund?
   
11-06-2016 10:43:57 tanya bidan
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Tharie Brutal Strees,

Berdasarkan usia kehamilan denyut jantung janin dapat terdeteksi pada usia kehamilan 8 minggu yang dapat dideteksi dengan menggunakan USG, akan tetapi pada pemeriksaan biasa dengan menggunakan alat doppler, denyut jantung akan dapat didengan pertama kali pada usia kehamilan 10 minggu, dan paling sering terdeteksi pada usia kehamilan 12 minggu. Kerasnya suara serta kejelasan suara denyut jantung janin tergantung dari posisi janin dalam rahim, berat badan bunda, dan ketepatan menentukan HPHT.  

   
02-06-2016 18:59:10 hpl july 2016 32-33 minggu
Jumlah Posts : 13
Jumlah di-Like : belum ada like
@bunda mely paling sering tu pisang bun. tp gag jg bunda.