SITE STATUS
Jumlah Member :
279.173 member
user online :
3990 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Waktu tepat melepas KB spiral

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Waktu tepat melepas KB spiral 18-February-2014
Oleh :


Salam kenal dr. Tanti, 4tahun lalu saya melahirkan dan setelah 40hari saya memutuskan untuk pasang KB Spriral. Rencananya tahun ini saya ingin menambah momongan. Dok, waktu yang tepat untuk melepas KB spiral itu kapan yaa? dan bagaimana rasanya apakah sakit atau tidak? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih..
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Seperti pada pemasangan KB IUD, pelepasan IUD pun dilakukan sebaiknya setelah masa menstruasi atau ketika menstruasi agar mulut rahim melunak dan mudah untuk dilakukan prosedur pelepasan IUD. Rasa nyeri dan tidak nyaman mungkin dapat ditimbulkan terutama bila otot-otot tidak rileks dan menegang. Ikutilah saran dokter atau bidan saat prosedur dilakukan, buatlah suasana agar Bunda merasa nyaman dan santai. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman