SITE STATUS
Jumlah Member :
311.014 member
user online :
2725 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Immunization

apa campak/kerumut itu sama yaa????

New Topic :  
19-06-2008 15:27:45 ke: 1
Jumlah Posts : 1000
Jumlah di-Like : 11
ass wr wb, selamat sore temen2 semua. aq mau tanya nich, soal campak / kerumut apa itu sama yaa??? soalnya, hari jum'at kemarin zahwa kena krumut kata mamah aq, keluar bintik2 merah sebelum keluar bintik2 merah suhu tubuh zahwa tinggi sekali sampai 40 derajat klo pun turun hanya 38-39 derajat. padahal udah aq kasih sanmol. akhirnya aq putuskan untuk bawa ke RS. di RS. dokter masukkin obat penurun panas lewat anus zahwa. dan zahwa pun ga di boleh kan pulang karena masih observasi gitu. walhasil 1 jam kemudian suhu tubuh zahwa 38 derajat akhirnya karena zahwa udah rewel dan laper aq bilang aja ke dokternya udah boleh pulang/ belum? dan dokternya bilang udah boleh pulang tapi sanmolnya dikasih 4 jam 1 kali yaa klo badannya masih panas, itu pesen dokternya dan jgn lupa banyak minum. eh sampai hari minggu zahwa masih aja demam. kasian deh liatnya. akhirnya aq bawa zahwa ke tukang pijit kampung (dia mantan bidan RS bersalin dulunya) sekarang umurnya udah 100 an tapi masih hidup. sampai seninnya mama aq kasih obat kampung(air kunyit yg udah di parut, kuning telor ayam kampung mentah + madu dicampur jadi 1 dan diminukan ke zahwa)dan stop obat sanmolnya. alhamdulillah setelah zahwa minum obat kampung racikan mamah aq keluar bintik merah pada wajah, badan dan tangannya dan suhu tubuhnya pun kembali normal, sampai saat ini zahwa udah sehat dan lincah kembali. katanya mamah aq itu namanya kerumut. apa sama yaa kerumut dengan campak??? klo sama padahal zahwa udah di vaksin campak lhooo..... apa ciri2 sakit campak seperti yg udah aq uraikan di atas??? mohon infonya ya temen2, Tks alots, Bunda Nenni & Zahwa
   
20-06-2008 09:26:12 ke: 2
Jumlah Posts : 131
Jumlah di-Like : 4
Hai Bunda Nenni dan Zahwa, Kebetulan bulan lalu Meisya mengalami hal yang sama dgn Zahwa, pertama-tamanya sih rewel, kemudian suhu tubuhnya naik, keesokan harinya di mulut Meisya keluar semacam sariawan, aku sih kasih dia obat penurun panas dan rebusan air kacang hijau,  hari ketiga baru keluar bintik-2 merah diperut dan muka, kalo Mama aku bilang Meisya kena 'gabakan' (mungkin semacam kerumut gitu) krn gak ada airnya. Setelah keluar bintik-2 merah panasnya udah turun, untuk bintik-2 merah aku kasih parutan jagung muda.... Syukurlah keesokan harinya, panasnya udah ilang dan bintik-2 merah juga ilang.... lega rasanya... Semoga cerita saya ini bisa jadi masukkan buat Bunda Nenni dan Zahwa.... semoga Zahwa sehat selalu...   Meisya + mama Lany
   
20-06-2008 09:52:50 ke: 3
Jumlah Posts : 118
Jumlah di-Like : 2
Dear Bunda Nenni, Ini ada artikel mengenai Campak, semoga membantu

Penyebab

Campak, rubeola, atau measles Adalah penyakit infeksi yang sangat mudah menular atau infeksius sejak awal masa prodromal, yaitu kurang lebih 4 hari pertama sejak munculnya ruam. Campak disebabkan oleh paramiksovirus ( virus campak). Penularan terjadi melalui percikan ludah dari hidung, mulut maupun tenggorokan penderita campak (air borne disease ). Masa inkubasi adalah 10-14 hari sebelum gejala muncul.

Kekebalan terhadap campak diperoleh setelah vaksinasi, infeksi aktif dan kekebalan pasif pada seorang bayi yang lahir ibu yang telah kebal (berlangsung selama 1 tahun). Orang-orang yang rentan terhadap campak adalah: - bayi berumur lebih dari 1 tahun - bayi yang tidak mendapatkan imunisasi - remaja dan dewasa muda yang belum mendapatkan imunisasi kedua.

Gejala

Gejala mulai timbul dalam waktu 7-14 hari setelah terinfeksi, yaitu berupa: - Panas badan - nyeri tenggorokan - hidung meler ( Coryza ) - batuk ( Cough ) - Bercak Koplik - nyeri otot - mata merah ( conjuctivitis )

2-4 hari kemudian muncul bintik putih kecil di mulut bagian dalam (bintik Koplik). Ruam (kemerahan di kulit) yang terasa agak gatal muncul 3-5 hari setelah timbulnya gejala diatas. Ruam ini bisa berbentuk makula (ruam kemerahan yang mendatar) maupun papula (ruam kemerahan yang menonjol). Pada awalnya ruam tampak di wajah, yaitu di depan dan di bawah telinga serta di leher sebelah samping. Dalam waktu 1-2 hari, ruam menyebar ke batang tubuh, lengan dan tungkai, sedangkan ruam di wajah mulai memudar.

Pada puncak penyakit, penderita merasa sangat sakit, ruamnya meluas serta suhu tubuhnya mencapai 40° Celsius. 3-5 hari kemudian suhu tubuhnya turun, penderita mulai merasa baik dan ruam yang tersisa segera menghilang.

Demam, kecapaian, pilek, batuk dan mata yang radang dan merah selama beberapa hari diikuti dengan ruam jerawat merah yang mulai pada muka dan merebak ke tubuh dan ada selama 4 hari hingga 7 hari.

Komplikasi

Pada anak yang sehat dan gizinya cukup, campak jarang berakibat serius. Beberapa komplikasi yang bisa menyertai campak:

  1. Infeksi bakteri : Pneumonia dan Infeksi telinga tengah
  2. Kadang terjadi trombositopenia (penurunan jumlah trombosit), sehingga pendeita mudah memar dan mudah mengalami perdarahan
  3. Ensefalitis (inteksi otak) terjadi pada 1 dari 1,000-2.000 kasus.

Diagnosa

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan ruam kulit yang khas.

Pemeriksaan lain yang mungkin perlu dilakukan: - pemeriksaan darah, pemeriksaan darah tepi - pemeriksaan Ig M anti campak - Pemeriksaan komplikasi campak :

*       enteritis

*       Ensephalopati,

*       Bronkopneumoni

Pengobatan

Tidak ada pengobatan khusus untuk campak. Anak sebaiknya menjalani tirah baring. Untuk menurunkan demam, diberikan asetaminofen atau ibuprofen. Jika terjadi infeksi bakteri, diberikan antibiotik.

Pencegahan

Vaksin campak merupakan bagian dari imunisasi rutin pada anak-anak. Vaksin biasanya diberikan dalam bentuk kombinasi dengan gondongan dan campak Jerman (vaksin MMR/mumps, measles, rubella), disuntikkan pada otot paha atau lengan atas.

Jika hanya mengandung campak, vaksin dibeirkan pada umur 9 bulan. Dalam bentuk MMR, dosis pertama diberikan pada usia 12-15 bulan, dosis kedua diberikan pada usia 4-6 tahun.

 Diambil dari : Wikipidia

 
   
20-06-2008 10:08:56 ke: 4
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
hai...bunda Nenni dan Mama Lany   Anakku Catherine jg sama 1 bln yg lalu badannya panas sampai 39,5 derajat klo pun turun cuma 38 derajat. Aku sampai panik  takut klo panasnya tinggi bgt bisa step. Lsg aja aku bawa ke DSAnya, dan dikasih obat yg dimasukin lewat anus jg. Ternyata dia kena radang, dimulutnya banyak sariawannya. Catherine sampai ga mau mkn dan minum susu yg msk cuma air putih doank. Besoknya panasnya turun cuma muncul bintik2 merah jg kaya campak gitu d. Trus aku kasih aja obat cina merknya Ma pho (obat untuk panas dalam dan campak, kt org tua dl seh ampuh tuh obat utk campak). Kt DSA aku seh bukan campak, klo campak tuh anaknya batuk2, matanya berair dan merah trus hidungnya jg berair dan rewel. Bintik2 merahnya keluar dari belakan kuping dl trus baru menjalar kebadannya. 2 minggu yg lalu aku blk ke DSA utk imun, dan DSA nya blg klo campak bintik2 merahnya masih ada sampai skr.   itu aja cerita dari aku seh. Semoga anak2 kita sehat2 selalu ya...bunda2   Salam manis Mama Catherine  
   
20-06-2008 14:07:18 ke: 5
Jumlah Posts : 1000
Jumlah di-Like : 11
tks atas info dan share nya yaa bunda Lany, bunda Binar dan mama Catherine. zahwa sich ga batuk, matanya ga merah, hidungnya ga berair. zahwa hanya demam tinggi dan setelah demamnya turun keluar bintik2 merah. klo secara medis itu sakit apa yaa?? belum sempet euy ke DSA lagi pasca sembuhnya zahwa.hehehehe....... salam manis & kompak sll, Bunda Nenni & Zahwa
   
 page  1   
atau login dengan Facebook Anda