SITE STATUS
Jumlah Member :
300.470 member
user online :
2059 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Balita

Mengapa Anak Mengalami Kesulitan Belajar Bicara?

New Topic :  
18-12-2007 11:55:28 ke: 1
Jumlah Posts : 918
Jumlah di-Like : 4
Dalam periode 24 tahun (Tahun 1971 sampai dengan 1995) Dr. James MacDonnald bekerja
di Ohio State University, mendalami masalah Keterlambatan Bicara pada Anak. Sebagai seorang ahli Patologi Bahasa dan Wicara, ia melatih para terapis wicara dan orangtua untuk menjadi 'rekan' bicara dari anak-anak. Intinya, ia ingin mengajarkan orang dewasa untuk tidak mendominasi pembicaraan dan menjadikan anak sebagai 'obyek' dalam suatu pembicaraan. Sejak pensiun di tahun 1995, Jim mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk memimpin "Communicating Partners Center". Ia telah membuat banyak tulisan mengenai Keterlambatan Bicara, sekaligus juga membuka forum diskusi "Communicating" di internet.
Di bawah ini adalah salah satu tulisannya yang merupakan analisa / hasil penelitian atas ribuan anak yang mengalami keterlambatan dalam perkembangan verbal /bicara-nya. Yang penting untuk diingat dalam membaca tulisan-tulisan Jim adalah bahwa komunikasi berarti kemampuan bicara DAN mendengar yang berlangsung DUA ARAH.
Mengapa Anak Mengalami Kesulitan dalam Belajar Berbicara

Ini hanyalah sedikit dari sekian banyak masalah yang kami temui:

KETERBATASAN dalam PENDENGARAN
Seringkali ditemui kondisi medis sementara maupun kerusakan permanen dalam pendengaran anak

PERKEMBANGAN OTOT yang LAMBAT
Beberapa anak mengalami kesulitan melakukan gerakan mulut/rahang cepat untuk mengkombinasikan dan mengkoordinasikan apa yang ingin mereka katakan dengan suara & bahasa yang harus mulut mereka hasilkan

KELAMBANAN dalam MENGERTI BAHASA ORANG DEWASA
Tidak mudah bagi anak untuk memproses panjang (dan cepat)-nya informasi yang di-'ekspos' oleh orang dewasa melalui bahasa 'rumit' yang mereka pakai

SEDIKITNYA LATIHAN DALAM BERINTERAKSI dengan ORANG LAIN
Anak kurang mendapat kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain guna melatih kemampuan komunikasi mereka

PERAN yang TERLALU PASIF dalam KEHIDUPAN SOSIAL
Kebanyakan anak lebih sering ditempatkan dalam posisi "menerima" dan tidak "memberi" dalam hubungannya dengan orang lain.Hal ini mengakibatkan tidak terbiasanya mereka berpartisipasi secara aktif; hal yang dibutuhkan dalam perkembangan bicara mereka

CARA KOMUNIKASI "KUNO" SUDAH TERLALU NYAMAN DIPAKAI
Beberapa anak, khususnya dalam hubungan di dalam keluarganya, terbiasa dengan nyaman berkomunikasi menggunakan gerakan,bahasa tubuh maupun bunyi-bunyian saja. Hal ini boleh jadi merupakan cara komunikasi yang efektif di dalam rumah, namun tidak dalam lingkup masyaarakat, di mana anak butuh menggunakan bahasa secara verbal sampai ke tingkat kata-kata yang rumit

ORANG DEWASA TIDAK MENGANGGAP ANAK MAMPU
Banyak orang dewasa tidak melibatkan anak dalam berkomunikasi, karena memiliki pemikiran bahwa anak tersebut belum mampu berpartisipasi aktif ataupun mengerti pembicaraan yang berlangsung.

ORANG DEWASA BICARA ATAS NAMA MEREKA
Seringkali orang dewasa bicara atas nama anak, sehingga mereka kelihatan tidak berbicara

TIDAK CUKUP WAKTU untuk BERBICARA
Sering terjadi bahwa dalam suatu proses komunikasi, orang dewasa tidak menunggu cukup lama guna memberi kesempatan pada anak untuk merespon. Kebanyakan anak bersikap pasif dalam berkomunikasi, sepertinya mereka mengerti bahwa mereka tidak akan diberi kesempatan untuk bicara.

TERLALU BANYAK RANGSANGAN
Sekalipun untuk niat dan tujuan yang baik, seringkali anak di'jejali' dengan terlalu banyak bahasa, sehingga mereka kewalahan. Rasanya seperti anak yang sedang belajar menangkap bola, lalu dilempari beberapa bola sekaligus.

TERLALU BANYAK BAHASA "SEKOLAH"; KURANG BAHASA yang "KOMUNIKATIF"
Kebanyakan anak pada awal usianya diajarkan bahasa yang mencakup 'warna', 'angka', yang sebetulnya tidak terlalu bermanfaat dalam komunikasi sehari-hari. Anak membutuhkan rangsangan bahasa yang sifatnya praktis; mencakup kosa kata yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, karena mereka akan melatih kemampuan berbahasanya melalui kehidupan sehari-hari.

TERLALU BANYAK BAHASA "PERTUJUKAN"; KURANG "OBROLAN" SOSIAL
Kebanyakan anak menggunakan bahasa untuk menunjukkan kemampuannya meniru sesuatu kepada orang dewasa; apakah itu sajak pendek, syair lagu, mengulang cerita yang didongengkan kepada mereka, dll. Hanya sedikit yang mendapatkan kesempatan untuk 'ngobrol' dan bertanya jawab secara santai, sehingga terbangun hubungan 'pertemanan' dengan orang yang berkomunikasi dengan mereka.

TERLALU BANYAK BERMAIN SENDIRIAN
Tentunya anak belajar banyak melalui permainannya dengan boneka, robot atau mainan lainnya. Namun untuk melatih kemampuan nya berkomunikasi, ia akan membutuhkan juga manusia yang melakukan pembicaraan timbal balik sesuai dengan kemampuan si anak.
   
17-06-2011 10:04:57 ke: 2
Jumlah Posts : 21
Jumlah di-Like : belum ada like
Thx infonya.  Karena teman kami ada yang anaknya usia 2,5 th tetapi msh belum bisa berkomunikasi dengan baik. hanya 1, 2 kata saja yang jelas.  Saya juga bingung ketika itu, karena anak kami ketika usia 1 th sudah banyak kata2 yang bisa dimengerti dan mulai bercakap-cakap. Sekarang usianya sudah 2 tahun dan sudah sangat lancar berbicara. Semoga bisa membantu teman kami.

salam


bunda Yuni
   
17-06-2011 14:10:31 ke: 3
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Anak saya umur 23 bulan masih belum bisa bicara sama sekali. untuk masalah pendengaran saya sudah memeriksakan ke THT tapi hasilnya normal. apakah anak saya mengalami autisme?

Salam

Bunda Rafi
   
17-06-2011 21:43:25 ke: 4
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
Apakah Ada yg bisa merekomendasikan tempat terapi wicara/ speech therapy di Jakarta?
   
27-06-2011 18:04:53 ke: 5
Jumlah Posts : 149
Jumlah di-Like : belum ada like
 Ini riil dialami teman...anaknya terlambat bicara. Singkat cerita hasil konsultasi akhir adalah anak tersebut mengalami keterlambatan bicara karena tingkat stress ibunya yang tinggi saat bayi di dalam kandungan.

Talia
di http://www.facebook.com/keluarganobelberbagitips
   
29-06-2011 20:00:51 ke: 6
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
 hi bunda semua...

anak saya 2.6tahun belum terlalu jelas kata2 yang diucapkan, tetapi kalau ditanya di abisa jawab,... 

saya menanyakan pada orangtua saya, ternyta semua saudara saya dan saudara ibu saya juga mengalami hal yang sama, lambat berbicara sampai umur hampir 3tahun, tetapi waktu bayi umur 9-10bulan sudah bisa berjalan... faktor genetik mungkin,

regards,
Mifta_ibu_icca
   
14-07-2011 18:26:15 ke: 7
Jumlah Posts : 22
Jumlah di-Like : belum ada like
makasih yah bunda atas infonya... 

Saya mau share aja nih bunda...
Kebetulan saya pernah mengikuti seminar susu saat anak saya masih bayi dulu
Disana ada ibu2 yang curhat, kalau anaknya yang umurnya sudah 3 tahun, bahasanya masih kacaw, malah cenderung tidak bisa bicara.

Dan si ibu juga cerita, kalau anaknya diajarkan banyak bahasa,
ayahnya mengajarkan bahasa mandarin, suster dan ibunya bahasa inggris, pembantunya bahasa indonesia.

hmmm...saat itu pembicara nya Kak SEto (klo gak salah) bliaw mengatakan, kalau anak pun akan bingung kalau diajarkan begitu banyak bahasa.
memang ada baiknya mengajarkan beberapa bahasa sekaligus saat anak masih sangat belia, karena bayi itu otaknya lagi berkembang..tapi juga jangan langsung bebarengan.

biarkan bayi mengerti bahasa ibu nya dahulu baru diajarkan bahasa lainnya. gitu katanya...
   
16-07-2011 15:34:04 ke: 8
Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : belum ada like
Anak saya juga dulu telat bicara; salah satu faktor adalah kurang di "simulasi" alias kurang di ajak latihan bicara seperti menyanyi , bercerita...

maklum waktu itu sy kerja full time, so sejak baby si anak sama mbak nya, lalu sama si mbak di taruh aja di boks di puterin vcd lagu anak2. Emang sih anteng dianya sepanjang hari, tetapi ternyata lagu-lagu di VCD itu speed nya terlalu cepat, sementara kecepatan daya tangkap otak anak belum sampai.

Akhirnya strategi di ubah...dia sering diajak nyanyi sederhana dengan speed lambat, supaya bisa ikut menirukan, lalu diajak ngobrol, di bacakan cerita dari buku cerita...TV and VCD di seleksi yang cocok dg perkembangan otak anak (usia anak).

Alhamdullillah...sekarang bicaranya lancar.


   
 page  1   
atau login dengan Facebook Anda