SITE STATUS
Jumlah Member :
506.496 member
user online :
287 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kehamilan


kehamilan
assalamualaikum dok .
sy mau tnya skrg khamilan sy 25 mggu, bhayakah sering mkan mie instant dan es? .
15 Mar 2017, 14:49
Dari : IRawati Kahar

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari berita yang berjudul "Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan (II) " :Perempuan hamil umumnya mendapat berbagai macam larangan, baik dari orangtua, saudara atau pun teman. Tetapi sebagian Bunda meyakini larangan itu tanpa tahu kebenarannya.

Kalau pekan kemarin dr. UF. Bagazi, SpOG yang biasa praktek di Brawijaya Women and Children Hospital telah membahas 5 mitos dan fakta yang beredar di masyarakat. Kali ini ia akan kembali menjelaskan 5 hal lainnya, yakni :
Orgasme meningkatkan resiko keguguran
Bagi wanita yang sedang hamil normal tanpa pemberat, orgasme sama sekali tidak menimbulkan keguguran, sebaliknya beberapa ahli dalam penelitiannya mengatakan melakukan seks di saat hamil memiliki efek yang positif. Bahkan kalau dilakukan secara reguler bisa menurunkan resiko preeklamsi.

Mengonsumsi ikan mentah bayi menjadi bau amis
tidak ada hubungannya antara ikan mentah yang dimakan dengan bau amis yang timbul pada bayi. Hanya saja dikhawatirkan ikan yang belum matang terkontaminasi merkuri dan jika mengonsumsi merkuri berlebih dapat berpengaruh buruk pada kehamilan.

Minum air es bayi menjadi besar
Berat bayi ditentukan beberapa faktor, di antaranya ras, gaya hidup dan kadar gula yang meningkat (Diabetes mellitus). Jika dihubungkan dengan es, maka komponen gula dalam es the manis atau es sirup, dll inilah yang bisa membuat bayi besar.

Minum kacang kedelai membuat bayi putih bersih
kulit bayi ditentukan keturunan bukan dari apa yang dikonsumsi Bunda. Asalkan Bunda cukup minum air putih si kecil pun akan menjadi bersih.

Minum sari kunyit bisa keguguran
tidak benar. Meski kunyit seringkali dipakai untuk melancarkan haid tapi kunyit tidak berbahaya sehingga menimbulkan keguguran

Nah, Bun dengan dibahasnya 10 Mitos dan Fakta seputar kehamilan dalam 2 pekan ini semoga menambah pengetahuan Bunda akan kebenaran suatu larangan.
Sebagai penutup dr. Bagazi berpesan, “Jangan mengaburkan instruksi medis yang kuat, selalu konsultasikan pada dokter kandungan Bunda”.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Nury Kholif" dengan judul pertanyaan " Apakah ibu hamil dilarang makan mie??? " pada Tanya Bidan:aslamualaikum, bunda apakah ibu hamil dilarang makan mie? makanan apa saja yg dilarang sejak hamil?

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Nury Kholif,
Konsumsi mie instan sebaiknya dikurangi, akan lebih baik lagi bila dapat dihindari selama masa kehamilan, karena mie instan umumnya selain mengandung bahan pengawet juga mengandung MSG yang cukup besar. Konsumsi MSG yang terlampau sering diduga akan mengganggu pertumbuhan saraf janin dan menjadi pemicu penyakit gangguan saraf ketika anak lahir.

Makanan yang dilarang selama hamil adalah yang mengandung kafein, alkohol, makanan yang dimasak setengah matang atau di bakar, lalapan mentah, makanan yang banyak mengandung bahan pengawet dan MSG.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " FitrieDR_26 " dengan judul pertanyaan "nutrisi buat ibu hamil" pada Tanya Dokter: dok saya hamil UK saya 1bln ,,apa2 saja yaa dok nutrisi yg harus saya konsumsi?apa benr ibu hamil gak boleh makan mie instan??trimakasih dokter

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Menjaga asupan nutrisi yang baik bagi ibu hamil sangatlah penting terutama untuk perkembangan Janin Bunda. Selalu memakan makanan yang berasal dari bahan makanan segar alami kemudian memasaknya hingga matang untuk menghindari infeksi bakteri dan parasit.
Suplemen makanan merupakan bentuk konsentrat dari vitamin, mineral dan lainnya untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Namun, suplemen makanan tidak dapat menggantikan ataupun dijadikan sumber nutrisi utama untuk mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang. Memakan buah dan sayur sangat penting terutama karena mengandung serat alami dan kandungan vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh. Kegunaan asam folat antara lain untuk mencegah resiko terjadinya keguguran, mencegah adanya kecacatan pada persyarafan janin dan membantu pembentukan sel darah merah. Pada ibu menyusui juga di anjurkan untuk mengkonsumsi asam folat karena kebaikan dan manfaat zat tersebut. Asam folat tergolong aman untuk di konsumsi sebelum maupun saat hamil, juga ketika menyusui. Apabila anda tidak memiliki keadaan kontraindikasi terhadap asam folat seperti alergi dan lainnya maka aman dan dianjurkan untuk menggunakan tambahan suplemen asam folat. Mengonsumsi asam folat 400mcg/hari pada trimester pertama dan meneruskan hingga 600mcg/hari pada kehamilan 4-9 bulan sangat dianjurkan untuk mengurangi resiko bayi mengalami gangguan lain, seperti cacat celah bibir dan langit-langit, kelahiran premature, bayi lahir dengan berat rendah hingga keguguran. Makanan alami yang tinggi akan asam folat yakni sayuran berdaun seperti bayam, brokoli, salada, okra, asparagus, dll. Selain sayuran, buah-buahan seperti pisang dan melon juga tinggi akan asam folat. Kacang-kacangan termasuk kacang tanah dan kacang merah juga bisa menjadi alternatif lain. Bunda juga bisa mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung asam folat dan nutrisi lainnya sebagai suplemen




Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter