SITE STATUS
Jumlah Member :
506.403 member
user online :
402 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


melisa
berat badan sebelum hamil 84 kg , ini hamil 13 minggu tp berat malah turun jd 79 kg . penambahan berat badan yg benar gmn ya dok ?
03 Mar 2017, 17:20
Dari : Melisa Agati

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Kontrol Kenaikan Berat Badan saat Hamil " :Bila pekan lalu Infobunda membahas tentang kenaikan berat badan yang terlalu sedikit saat hamil, sebaliknya, kali ini situs kesayangan Bunda akan membahas tentang kenaikan berat badan yang terlalu banyak saat hamil. Sama halnya seperti kurang berat badan, kenaikan berat badan berlebih, juga dapat membahayakan janin. tetapi sebenarnya mengapa sih berat badan mudah naik saat hamil!

Pada masa kehamilan terjadi perubahan hormon yang pada beberapa ibu hamil menyebabkan nafsu makan meningkat. Tidak jarang ibu hamil berpikir Eating For Two atau makan untuk dua orang, yaitu Bunda dan janin. Padahal itu tidak benar, hamil bukan berarti harus makan untuk dua porsi. Bila Bunda berpikir seperti itu, tidak heran berat badan Bunda meningkat tajam.

Bahaya berat berlebih
Berat badan yang berlebihan saat hamil meningkatkan resiko gangguan kehamilan. Hal ini dapat membahayakan Bunda dan janin Bunda. berikut beberapa resikonya:
- Preeklampsia
Preeklamsia ditandai dengan meningkatnya tekanan darah Bunda, diikuti tangan dan kaki yang membengkak tidak wajar, Preeklampsia menghambat aliran darah kepada janin yang bisa berakibat fatal. Bisa mengakibatkan kematian pada Bunda dan juga janin.
- Obesitas pada bayi
Bila kenaikan berat badan Bunda hingga 24kg, bayi akan beresiko terkena Obesitas.
- Operasi Caesar
Karena besarnya bayi, proses persalinan tidak bisa dilakukan secara normal. Timbunan lemak yang ada menyulitkan bayi melewati jalan lahir.
- Bayi lahir premature
- Kematian pada bayi baru lahir

Untuk menghindari resiko-resiko di atas, tentunya Bunda harus melakukan upaya untuk mengontrol kenaikan berat badan Bunda.

Apa yang harus dilakukan?
Supaya kenaikan berat badan tidak terus bertambah, lakukan:
1. Makan normal.
Makanlah seperti biasa (Pagi, Siang dan Sore) dengan porsi yang normal. Ibu hamil memerlukan nutrisi yang cukup, tetapi bukan berarti makan terus menerus dan tidak pada waktu yang seharusnya.
2. Hindari makanan yang banyak mengandung Gula, lemak dan Sodium
Makanan yang mengandung Gula, Lemak, dan Sodium berdampak buruk untuk kesehatan Ibu Hamil. Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan kegemukan. Hindari minuman dan makanan .
3. Olahraga. Salah satu cara membuat berat badan tetap stabil adalah dengan rutin berolahraga. Namun hati-hati, jangan lakukan olahraga yang terlalu ekstrim yang bisa membahayakan Bunda dan janin Bunda. Jalan pagi, berenang ataupun Yoga hamil dapat menjadi pilihan.

Nah Bunda, mudah bukan melakukan langkah-langkah ini untuk mengontrol berat badan Bunda saat hamil? Selain itu kenaikan berat badan yang tidak terlalu banyak, memudahkan Bunda untuk kembali ke berat badan Bunda sebelum hamil.
Tips:
- Bila malam hari terasa lapar, ambillah camilan sehat. Makanlah buah-buahan yang banyak mengandung air.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "mamafardhan " dengan judul pertanyaan "Berat badan tidak naik saat hamil " pada Tanya Bidan:sy mw tanya dok, sy hamil sudah 18mgg tp berat badan sy tetap dan belum naik dari awal kehamilan yaitu 63kg, pdhl sy sudah mkn 3x sehari+ngemil dn buah, tp qo BB sy masih blm berubah ya dok?Apakah BB yg tidak naik bisa berpengaruh thdp janin sy dok?dn apa yg harus sy konsumsi untuk menambah BB sy?trims..

Bidan menjawab
Dear bunda Mamafardhan,
Apakah saat trimester awal BB bunda turun ?? Bila pada saat pemeriksaan kehamilan, berat badan janin sesuai dengan masa kehamilan, bunda tidak perlu khawatir, biasanya berat badan bunda akan meningkat drastis pada saat kehamilan trimester kedua dan ketiga. Tetap konsumsi makanan dengan gizi seimbang, cukup cairan serta mineral, vitamin, dan besi, makanan selingan diantara waktu makan, dan jangan lupa tetap rutin melakukan pemeriksaan kehamilan agar dapat terpantau pertumbuhan serta perkembangan janin.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " fitri-ferry " dengan judul pertanyaan "Berat badan ideal ibu hamil " pada Tanya Dokter:dok,kini usia kehamilan saya 30minggu,berat badan saya sebelum hamil 41kg,tinggi badan 150kg,sekarang hamil 30minggu berat saya cuma 50kg,apkah berat sya skrng termasuk normal n kira2 brp berat badan bayi saya skrng dok,???

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada umumnya pada kehamilan usia 29-30 minggu, berat badan janin mencapai 1300 gram, panjang 35 cm dan sang ibu mengalami kenaikan berat badan sebanyak 7,7 kg dari berat awal sebelum kehamilan. Angka tersebut dapat berbeda-beda tergantung dari karakteristik masing-masing individu. Untuk selanjutnya bunda dapat melihat table perkembangan berat badan ibu dan janin pada halaman home website infobunda. http://www.infobunda.com/pages/badan/index.php



Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Forum
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis :