SITE STATUS
Jumlah Member :
505.883 member
user online :
414 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Nyeri pinggang & perut bawah


Nyeri pinggang & perut bawah
Assalamualaikum dr... Sy mau tanya. Kemarin sy habis melakukan perjalanan jauh dengan naik sepeda motor. selama diperjalanan sy merasakan nyeri pinggang belakang sangat hebat sampai untuk shalat pun tidak kuat kesakitan & nyeri di perut bawah. Saya kira itu wajar karna kecapean. Tp Setelah 3hr pulang dr perjalanan rasa nyeri itu masih terasa, dan sy sudah telat 3hr juga, akhirnya sy test pack dan hasilnya positif. Astagfirullah... Berarti usia kehamilan sy sudah 5 minggu ya dok??? Sekarang rasa sensitif terhadap bau2 mulai muncul.
Pertanyaannya, apakah sy perlu segera melakukan pemeriksaan ke dokter???
Apakah rasa nyeri yg sampai saat ini itu berbahaya untuk janin saya atau tidak dok ?
Terima kasih.
18 Feb 2017, 11:23
Dari : Uchy Puji Wijayanti

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul "Masalah-Masalah Kehamilan" :
Sakit Punggung
Dengan bertambahnya usia kehamilan, tubuh Bunda akan berubah. Pertambahan berat badan dan perut yang semakin membesar akan menambah beban tulang belakang untuk menopang tubuh Bunda, sehingga akan muncul ketegangan pada otot punggung.
Cara mengatasi:
- Usahakan posisi tetap tegak dan tidak membungkuk. Ingatkanlah diri untuk selalu mendorong dada ke depan.
- Gunakan sepatu rata yang nyaman dan tidak licin. Memakai high heels saat hamil berisiko tinggi terkena sakit punggung.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " yuni.shani " dengan judul pertanyaan "Nyeri perut bawah saat hamil " pada Tanya Bidan: selamat sore dok. saya mw nanya usia kandungan saya 19 minggu. akhr buln kmrn saya ke dkter kndungan. saya dksi obt gk pernh sya mnum. kdg suka pgn munth. nah skrg di dlm perut sya sprti ny janin ny suka bnyk gerak. dan perut bagian bwh kdg nyeri nie gpp dok ??.

Bidan menjawab
Dear bunda Yuni.Shani,
Sebaiknya terapi yang sudah diberikan dokter, tetap dikonsumsi, bila dirasakan ingin muntah tiap mengkonsumsi obat, diskusikan kembali dengan dokter untuk alternatif terapi pengganti. Keluhan nyeri pada daerah perut bagian bawah dapat disebabkan dari meregangnya ligamentum penggantung rahim, yang berada di perut bagian kanan dan kiri. Disarankan untuk melakukan rileksasi, bila keluhan semakin mengganggu sebaiknya periksakan keadaan bunda pada dokter, agar mendapatkan terapi serta tindakan yang sesuai.


Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "cintanisya" dengan judul pertanyaan "Nyeri perut bawah dan tanda kehamilan" pada Tanya Dokter: dok q mau tanya...kalau daerah vagina nyeri n bagian rahim jg nyeri apa itu pertanda hamil...nyerinya seperti kalau mau hamil...wkt q hamil anak pertma seperti itu...dan kalau mmg itu pertanda hamil q sngt syukur alhamdulillah

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Tanda awal kehamilan yaitu tidak adanya menstruasi, adanya nyeri ringan pada payudara, berubahnya warna daerah sekitar puting payudara menjadi lebih gelap, bertambah nafsu makan, cepat lelah dan terkadang terasa kencang atau nyeri pada daerah perut bawah karena ada perubahan pada rahim. Timbulnya tanda bervariasi pada masing-masing individu, maka itu untuk lebih pastinya anda lebih baik memeriksa urine Beta HCG dengan alat test pack HCG. Demikian jawaban saya.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel