SITE STATUS
Jumlah Member :
506.368 member
user online :
390 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Susah BAB


Susah BAB
selamat sore...Dokter, saya mau tanya kenapa saya sekarng ini susah buang air besar. bahkan tdk merasakan ingin BAB, hnya perut berasa kembung dan ngilu2 sebelah kiri. usia janin saya skrg 9 minggu 5 hari.
tx
08 Feb 2017, 16:16
Dari : Finish Murny Jjz

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Perubahan-Perubahan Yang Terjadi Selama Kehamilan " :Berikut ini beberapa hal yang akan Bunda alami selama masa kehamilan
1. Trimester Pertama : Masa Penuh Gejolak dan Emosi

Yang akan Bunda alami :
• Sering mual-mual dan muntah, terutama pada pagi hari, dan ini yang dinamakan morningsickness.
• Menjadi cepat lelah dan mudah mengantuk.
• Mungkin tiba-tiba menginginkan sesuatu yang “aneh-aneh”. Misalnya, ingin makan rujak pada jam 2 pagi.
• Emosi Bunda akan cepat sekali berubah. Semula tampak gembira, namun dalam beberapa detik bisa mendadak menangis tersedu-sedu, merasa tertekan dan sedih, tanpa sebab yang jelas atau hanya karena masalah kecil.
Perubahan fisik dan gangguannya :
Selain perubahan emosi yang meledak-ledak saat kehamilan, ada sederet perubahan fisik yang terjadi pada tubuh Bunda serta gangguan yang mungkin timbul, diantaranya:
• Metabolisme tubuh meningkat antara 10-25%.
• Detak jantung dan pernapasan bertambah cepat.
• Dinding rahim menebal.
• Payudara menjadi lebih sensitif, terutama sekitar puting dan areola (lingkaran berwarna hitam yang mengelilingi puting susu).

2. Trimester Kedua : Masa-Masa Bahagia
Inilah saatnya Bunda merasakan nikmatnya masa-masa kehamilan. Karena, Bunda tidak terlalu merasa “tersiksa” dibanding trimester pertama. Dan, mulai merasakan gerakan janin yang bergerak-gerak di dalam perut.

Yang akan Bunda alami :
• Emosi cenderung lebih stabil dan keluhan morning sickness juga jauh berkurang. • Si kecil sudah mulai “beraksi”.
• Bunda akan merasa bahagia dengan kehamilan ini sehingga lebih bersemangat melakukan latihan (olahraga ringan sesuai anjuran dokter) serta beraktivitas.
• Bunda merasa cukup nyaman dengan keadaan yang sekarang, sehingga mulai timbul keinginan untuk menikmati hubungan seks.
Perubahan fisik dan gangguannya :
• Pertambahan berat badan makin nyata
• Sering pegal-pegal
• Sakit punggung
• Lelah
• Kejang otot kaki
• Pinggang linu
• Kaki kram
• Kaki bengkak

3. Trimester Ketiga : Takut dan Cemas Menghadapi hari-H
Masa ini merupakan masa-masa penantian yang “melelahkan”. “Perjalanan” menuju persalinan tinggal hitungan hari saja.

Yang akan Bunda alami :
• Semakin dekat dengan hari-H, biasanya Bunda akan merasa semakin takut dan cemas.
• Bunda akan merasa tidak percaya diri dengan penampilan karena perubahan pada bentuk fisik.
• Sering mengeluh sakit, pegal, ngilu, dan berbagai rasa tidak nyaman pada tubuh. Terutama pada punggung dan panggul, karena bayi sudah semakin besar dan sudah mulai menyiapkan diri untuk lahir.
• Mengeluh sulit tidur karena perut yang semakin membesar dan akan membuat Bunda merasa tidak nyaman ketika berbaring.
Perubahan fisik dan gangguannya :
• Bengkak pada kaki dan tangan
• Sering sesak napas atau napasnya pendek akibat desakan janin yang kian membesar
• Membesarnya pembuluh darah balik pada dubur (wasir atau ambeien) Tapi, perlu diingat bahwa proses kehamilan itu sendiri unik. Apa yang dialami oleh Bunda, tidak akan sama persis dengan apa yang dialami oleh sahabat, kakak perempuan, atau ibu Bunda ketika hamil. Kondisi tubuh setiap wanita berbeda-beda, sehingga reaksi dan perubahan tubuh pun lain. Apapun yang terjadi, bulatkan tekad Bunda agar selalu semangat dan menikmati masa-masa ini sampai hari kelahiran buah hati tercinta datang.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Tika Uje " dengan judul pertanyaan " Hamil susah BAB konsumsi La*ing " pada Tanya Bidan: Dok, sy sedang hamil muda, memng sy sdh susah BAB sdh dr dlu dan sy konsumsi laxing, skrng sy sedang hamil amankah klo sy terus konsumsi? Mksh

Bidan menjawab
Dear bunda Tika Uje,
Saat hamil keluhan susah buang air besar dapat terjadi akibat adanya peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan relaksasi otot sehingga kerja usus kurang efesien, selain itu jika bunda kurang beraktifitas, maka kerja usus dalam mencerna makanan akan menjadi turun dan menyebabkan kotoran dalam sistem pencernaan menjadi sulit dibuang. Beberapa obat yang dikonsumsi saat hamil dapat mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan janin. Untuk mengatasi susah BAB disarankan untuk konsumsi makanan berserat tinggi, memperbanyak konsumsi air putih, rutin berolah raga, dan berkonsultasi dengan dokter untuk terapi yang tepat untuk mengatasi keluhan bunda.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " triee " dengan judul pertanyaan "Perut kembung saat hamil " pada Tanya Dokter:Salam kenal dok, Dok,sejak awal kehamilan smp sekarang 20week. saya ada keluhan perut atas saya kembung. Semakin besar usia kehamilan rasa kembung tambah semakin, shg membuat saya sulit utk makan. smp2 diusia 20week ini saya belum naik BB. Saya sudah diresepan obat maag P*ly*s*ane dan O*m*p**zole malah rasa kembung makin menjadi. dan saya pun (maaf) sulit utk buang gas. menurut dokter saya harus bgmn, karena saya ingin asupan gizi utk saya dan janin agar terpenuhi dan rasa kembung ini bisa menghilang. terima kasih dok,atas jawabannya.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Efek dari perubahan hormonal pada keadaan hamil mengakibatkan terjadinya gas pada saluran pencernaan bertambah banyak. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman ini, perhatikan menu makanan anda, bahan makanan yang biasanya menyebabkan gas pada saluran pencernaan yaitu brokoli, kol, kembang kol, soda, pemanis buatan, bawang Bombay,bahan makanan yang mengandung susu. Dengan memperhatikan bahan makanan yang anda makan sehari-hari bukan berarti anda harus menghindarinya, namun anda dapat mengatur pola makan anda agar tidak terlalu banyak bahan makanan yang mengandung gas yang anda makan dalam satu waktu. Makanlah dalam porsi kecil namun sering, dan kunyahlah makanan anda perlahan-lahan jangan terburu-buru menelan makanan. Bila anda merasakan rasa kembung, lakukan aktifitas fisik, seperti berjalan-jalan, mencuci piring setelah makan, dan lain-lain. Naikkan kaki anda ke posisi yang lebih tinggi, dan gunakan pakaian yang longgar. Demikian saran saya.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Berita