SITE STATUS
Jumlah Member :
506.329 member
user online :
552 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - 1. Apakah kondisi yg capek dan stress memang berpengaruh pada perkembangan janin? 2. Usia janin saya 7 jalan 8w, kata Dr, janin saya lemah karena semalam di USG janin belum terlihat meskipun dinding rahim membesar. Apakah ini pertanda tidak bagus Dok? :(


1. Apakah kondisi yg capek dan stress memang berpengaruh pada perkembangan janin? 2. Usia janin saya 7 jalan 8w, kata Dr, janin saya lemah karena semalam di USG janin belum terlihat meskipun dinding rahim membesar. Apakah ini pertanda tidak bagus Dok? :(
1. Apakah kondisi yg capek dan stress memang berpengaruh pada perkembangan janin?
2. Usia janin saya 7 jalan 8w, kata Dr, janin saya lemah karena semalam di USG janin belum terlihat meskipun dinding rahim membesar. Apakah ini pertanda tidak bagus Dok? :(
3. Kata Dr, di dalam ada kista 3-4cm dan rahim membentuk ke belakang, jadi sulit untuk mendeteksi janin, tetapi semua tidak masalah bagi janin dan saya pribadi. Apakah pendapat dr. saya benar dok?
4. Pedas itu berpengaruh thdp janin ga dok?
Mohon konfirmasinya.
Terima kasih.
04 Nov 2014, 12:10
Dari : Windikrist

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

1. Kutipan dari artikel dengan judul Hindari Stres Saat Hamil:
Kehamilan merupakan anugrah terbesar bagi seorang wanita. Saat hamil, biasanya Bunda akan diliputi rasa kebahagiaan. Namun, tak jarang juga ada sebagian Bunda yang mudah merasa stres pada saat mengandung. Apa saja pengaruh stres bagi perkembangan janin dan bagaimana mengatasinya?

Stres pada kehamilan dapat memicu pre-eklamsia dan gangguan otak janin. Penyebabnya adalah terlalu banyak hormon kartisol yang diprosuksi pada saat Bunda stres dan bila sulit dikendalikan oleh tubuh dapat menembus plasenta dan mengganggu perkembangan otak janin. Tidak hanya itu, banyak kasus bayi lahir secara premature dan berat badan kurang bila selama dalam kandungan, Bunda sering mengalami stres.

2. Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Kantong kehamilan" dengan judul pertanyaan "Kantong kehamilan" pada Tanya Dokter: hai dr. tanti saya terakhir menstruasi tanggal 25 Mei 2012... saya coba test pack hasilnya negatif, lalu saya ke dokter kandungan tgl 7 Juli 2012(karena penasaran) pas di USG dokter bilang ada kantong rahim dan bisa jadi hamil.. saya dikasih promativ kemudian tanggal 11 Juli ternyata saya menstruasi.Saya di USG ulang ternyata kata dokternya benar saya mengalami menstruasi.. kemudian dijelaskan kalo MUNGKIN embrio nya tidak jadi terbentuk, keluar secara alami. lalu saya diberika ncefadroxil dan asammefenamat... apakah itu aman saya konsumsi? apa yang saya alami tersebut hanya semata telat menstruasi saja atau ada hal yg lainnya... trims

dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda,
Kadang pada kehamilan terjadi situasi di mana hanya terjadi pembentukan kantung kehamilan namun tidak ditemui adanya pembelahan yang membentuk janin. Hal ini umumnya disebabkan oleh kelainan kromosom dan baru terdeteksi setelah di lakukan pemeriksaan USG. Pada keadaan kehamilan kosong ini atau disebut juga blighted ovum biasanya akan terjadi keguguran secara alami, bila tidak terjadi keguguran maka dokter akan memberikan tindakan kuretase untuk membersihkan rahim.
Apabila telah dilakukan pemeriksaan USG dan tampak adanya kantong kehamilan tanpa adanya embrio, maka kemungkinan besar yang anda alami adalah blighted Ovum dan keguguran secara alami.
Obat yang diberikan oleh dokter anda merupakan antibiotic dan obat pereda rasa nyeri yang sebaiknya anda minum sesuai anjuran Dokter anda. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.

3. Kutipan dari artikel dengan judul Dampak Kista Pada Bunda Hamil: Menurut dr. Nugroho Kampono SpOG (K) dari Brawijaya Women & Children Hospital tidak semua kista harus dioperasi. Bila Bunda hamil usia 2-3 minggu dan ditemukan kista sebesar 3-4 cm mungkin itu hanya kista lutein. Kista lutein yaitu kista yang muncul karena indung telur yang bekerja keras untuk menghasilkan hormon supaya kehamilan kuat . Saat kehamilan memasuki usia 8-12 minggu di mana fungsi hormon mulai diambil alih oleh plasenta maka kista itu akan hilang dengan sendirinya. “Itu bukan tumor, itu hanyalah kista yang bersifat fungsional. Kalau fungsinya selesai dia akan hilang.” jelasnya.

Namun, ada juga kista neo plasma (tumbuhan baru) atau biasa disebut tumor jinak. Umumnya ukurannya sekitar 5-6 cm. Dengan ukuran begitu Bunda bisa tetap meneruskan kehamilan bersama kista dan dilakukan operasi setelah Bunda melahirkan. “Kalau dicaesar, bisa sekaligus mengambil kistanya” tuturnya.

Tapi ada kista yang harus diambil tindakan operasi di tengah kehamilan, namanya kista dermoit yaitu kista yang padat (berisi kelenjar, lemak, rambut). Kista dermoit meski ukurannya hanya 5-6 cm bisa menghalangi turunnya kepala bayi sehingga bayi tidak bisa lahir. Untuk kasus ini akan dilakukan orperasi dengan catatan usia kehamilan tidak lebih dan tidak kurang dari 16 minggu, karena pada usia ini fungsi hormon sudah diambil alih oleh plasenta.

Kista bisa berbahaya kalau ia pecah karena terdesak seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Kalau kista pecah akan membahayakan janin dan berujung pada kelahiran bayi premature. Untuk penyebabnya dr. Nugroho mengaku pihak medis belum menemukan apa penyebab pasti munculnya kista.

Tips :
Lakukan USG pada 12 minggu pertama kehamilan, selain untuk melihat keadaan janin juga untuk mendeteksi adakah kelainan yang muncul

4. Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Diana Wanti" dengan judul pertanyaan "Dada sering berdebar kencang dan pengaruh bagi ibu hamil makan pedas dan minum air es?" pada Tanya Bidan: bu bidan, kehamilan sya skrg brusia 27 minggu keluhan sya, dada sya sering berdebar kencang knp ya bu?trz apa sh pengaruh bagi ibu hamil lo qt sering makan pedas dan minum air es? sya tunggu jawabannya mksh bu

Bidan menjawab:
Dear bunda Diana Wanti,
Selama hamil, volume darah akan meningkat 30 - 50 % untuk membantu pertumbuhan janin. Jumlah darah yang memompa jantung bunda pun akan meningkat setiap menitnya sebesar 30 - 50 % , sehingga detak jantung pun meningkat. Bila keluhan semakin sering dan mengganggu, disarankan bunda untuk melakukan pemeriksaan langsung dengan dokter.
Untuk makanan pedas aman dikonsumsi, tidak mempengaruhi perkembangan janin, tapi sebaiknya agak dikurangi ya bunda, semua yang lebih tidak baik kan bunda. Untuk konsumsi air es, boleh - boleh saja bunda, asalkan tidak manis ya.


Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel