SITE STATUS
Jumlah Member :
494.718 member
user online :
3049 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Gerak janin di dalam kandungan


Gerak janin di dalam kandungan
Dok..saya mau tanya usia kehamilan saya tepat nya 4 bulan..tetapi saya sering sekali merasakan kedutan di perut bawah sebelah kiri..apakah itu kedutan janin? dan apakah tidak berbahaya apabila kedutan nya selalu di sebelah kiri
14 Oct 2014, 14:15
Dari : Nadiranandiany

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "anata" dengan judul pertanyaan "Terasa tegang pada perut saat kehamilan" pada Tanya Dokter: aku lagi hamil usia kandunganku 6 bulan keluhanku sering sakit kayaknya kejang otot bagian kemaluan saya dan bagian pangkal paha kiri dan kanan dekat kemaluan saya sakitnya ini klo pas lagi tidur pas mau balik ke kiri dan kanan juga saat mau berdiri susah sekali terasa kejang dibagian tersebut pada waktu berdiri dari kursi dan baru mau melangkah berjalan pasti terasa kejang dibagian tersebut. bu dokter tolong dibantu ini aku takut terjadi sesuatu sama calon bayiku dan saya karna sebelumnya 2 anakku belum pernah terasa seperti ini...mksh

dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda, Dari keterangan bunda, dokter anda telah memberikan suplemen yang berisi multivitamin dan mineral.Multivitamin dan mineral terutama asam folat dan zat besi sangat dibutuhkan pada keadaan hamil.Asam folat dapat membantu mencegah resiko keguguran dan kecacatan syaraf pada janin.Sebaiknya Bunda meminum suplemen tersebut sesuai nasihat dokter.Rasa kejang dan tegang pada perut serta paha anda kerap di rasakan oleh wanita hamil, hal ini dikarenakan adanya perkembangan dari ukuran Rahim serta bertambahnya bobot yang harus ditopang lebih dari keadaan sebelum kehamilan.Apabila rasa tegang atau kejang ini anda rasakan, maka beristirahatlah sebentar, tenangkan diri anda dan aturlah pernafasan anda. Anda harus mewaspadai adanya his atau kontraksi, pada kontraksi akan terjadi tegang pada perut bawah terjadi secara teratur semakin lama semakin kuat dan tidak hilang dalam posisi istirahat atau relaks. Anda dapat memberikan pijatan ringan pada bagian paha dan kaki serta merendam kaki dalam air hangat untuk membantu menghilangkan ketegangan otot anda. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Gemini Dywa" dengan judul pertanyaan "Kapan Bayi Mulai Menendang" pada Tanya Bidan: bunddd usia kehamilan saya 18minggu di keterangan seharusnya saya sudh bisa merasakan tendangan atau janin saya bergerak.. tp saya blum ada merasakan gerakan ataupun tendanganya.. kir2 janin saya sehat gak ya?

Bidan menjawab:
Dear bunda Gemini Dywa,
Bunda tidak perlu cemas, gerakan janin memang sudah dapat dirasakan mulai usia kehamilan 18 minggu, namun tidak semua ibu hamil sudah dapat merasakannya, hal ini disebabkan karena gerakan janin masih sangat lembut. Gerakan janin sudah dapat dirasakan dengan jelas setelah minggu ke 24 kehamilan.
Indikasi janin sehat adalah ;
- bila denyut jantungnya 120-160x / menit.
- berat badan janin sesuai dengan usia kehamilan.
Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :