SITE STATUS
Jumlah Member :
281.000 member
user online :
2903 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Terasa tegang pada perut saat kehamilan

   



Dear Ayah dan Bunda,
Halaman Tanya Dokter ini diasuh oleh dr. Tanti Retnowati yang saat ini aktif sebagai dokter umum di beberapa klinik swasta di Jakarta.

Pada setiap pekan, kami akan memilih pertanyaan dari member Infobunda dan bagi pertanyaan yang terpilih akan dijawab kemudian ditampilkan di Infobunda.

Bila Anda memiliki pertanyaan umum yang berhubungan seputar kesehatan keluarga, silahkan klik tombol dibawah ini.

Terasa tegang pada perut saat kehamilan 18-February-2014
Oleh :


aku lagi hamil usia kandunganku 6 bulan keluhanku sering sakit kayaknya kejang otot bagian kemaluan saya dan bagian pangkal paha kiri dan kanan dekat kemaluan saya sakitnya ini klo pas lagi tidur pas mau balik ke kiri dan kanan juga saat mau berdiri susah sekali terasa kejang dibagian tersebut pada waktu berdiri dari kursi dan baru mau melangkah berjalan pasti terasa kejang dibagian tersebut. bu dokter tolong dibantu ini aku takut terjadi sesuatu sama calon bayiku dan saya karna sebelumnya 2 anakku belum pernah terasa seperti ini...mksh
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, Dari keterangan bunda, dokter anda telah memberikan suplemen yang berisi multivitamin dan mineral.Multivitamin dan mineral terutama asam folat dan zat besi sangat dibutuhkan pada keadaan hamil.Asam folat dapat membantu mencegah resiko keguguran dan kecacatan syaraf pada janin.Sebaiknya Bunda meminum suplemen tersebut sesuai nasihat dokter.Rasa kejang dan tegang pada perut serta paha anda kerap di rasakan oleh wanita hamil, hal ini dikarenakan adanya perkembangan dari ukuran Rahim serta bertambahnya bobot yang harus ditopang lebih dari keadaan sebelum kehamilan.Apabila rasa tegang atau kejang ini anda rasakan, maka beristirahatlah sebentar, tenangkan diri anda dan aturlah pernafasan anda. Anda harus mewaspadai adanya his atau kontraksi, pada kontraksi akan terjadi tegang pada perut bawah terjadi secara teratur semakin lama semakin kuat dan tidak hilang dalam posisi istirahat atau relaks. Anda dapat memberikan pijatan ringan pada bagian paha dan kaki serta merendam kaki dalam air hangat untuk membantu menghilangkan ketegangan otot anda. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman