SITE STATUS
Jumlah Member :
506.397 member
user online :
390 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - imunisasi


imunisasi
dok saya mau tanya imunisasi utk bayi bagusnya brp kali , apkah setiap bulan sekali atau gkn dok? anak saya 3 bln , dn bagaimna jika ada yg kelewatn imun nya, satu lg dok apa bednya imunisasi dn vaksinasi, trimaksih
05 Sep 2013, 12:26
Dari : Wijayanti Tanti

Jawaban
Hai Bunda, Berkaitan dengan pertanyaan bunda, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter live chat pada link : http://www.infobunda.com/pages/chat/chat.php yang diadakan setiap hari kamis jam 14.00 - 17.00 WIB, tetapi juga bunda akan menemukan banyak informasi pada artikel yang kami sarankan di bawah ini.

Dalam artikel yang saya temukan:
Zat yang dimasukkan ke dalam tubuh disebut vaksin. Vaksin adalah sebuah senyawa antigen yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh terhadap virus. Terbuat dari virus yag telah dimatikan atau "dilemahkan" dengan menggunakan bahan-bahan tambahan lainnya seperti formalaldehid, thymerosal, dan lainnya.

Jenis-jenis imunisasi atau vaksinasi antara lain adalah vaksin terhadap penyakit hepatitis, polio, Rubella, BCG, DPT, Measles –Mumps-Rubella (MMR), cacar air, dan jenis penyakit lainnya seperti influenza. Bunda yang memiliki anak balita pasti sudah sering membawa balitanya pergi ke tenaga medis terdekat untuk memperoleh imunisasi.

Pemberian vaksin dilakukan dalam rangka untuk memproduksi sistem immune (kekebalan tubuh) seseorang terhadap suatu penyakit. Berdasarkan teori antibodi, ketika benda asing masuk seperti virus dan bakteri ke dalam tubuh manusia, maka tubuh akan menandai dan merekamnya sebagai suatu benda asing. Kemudian tubuh akan membuat perlawanan terhadap benda asing tersebut dengan membentuk yang namanya antibodi terhadap benda asing tersebut. Antibodi yang dibentuk bersifat spesifik yang akan berfungsi pada saat tubuh kembali terekspos dengan benda asing tersebut.



Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=33&catid=1&catname=Imunitas&title=Imunisasi,-Upaya-untuk-Meningkatkan-Kekebalan-Tubuh#ixzz2dzq4Fn1r

Agar buah hati Anda memiliki pertahanan tubuh yang kuat dan mampu melawan infeksi, pastikan ia mendapat imunisasi secara lengkap.

Tujuan imunisasi adalah mempertinggi daya tahan tubuh agar anak Anda tidak terkena penyakit infeksi. Meskipun penyakitnya sudah tidak ada, imunisasi tetap diperlukan untuk berjaga-jaga kalau penyakit tersebut muncul kembali.

Sebagian besar imunisasi diberikan ketika anak berumur 4 bulan. Anda akan mendapat kartu yang berisi jadwal imunisasi dan kapan seharusnya imunisasi diberikan. Jangan lupa mencatat tanggal dan jenis vaksinasi yang telah diberikan untuk membantu dokter menentukan apakah anak Anda perlu mendapat vaksinasi tertentu.

Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/imunisasi/index.php#ixzz2dzqC5ULH


Pada kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Imunisasi yang sudah dianjurkan oleh pemerintah maupun IDAI sebaiknya diberikan pada anak Anda. Imunisasi adalah sebagai cara pencegahan terhadap penyakit-penyakit yang di berikan vaksinnya. Bila anak Anda sudah mendapatkan imunisasi, maka akan terbentuk antibodi terhadap penyakit yang telah diberikan vaksinnya pada tubuh sehingga dapat terhindar dari infeksi, atau bila terkena infeksipun tidak akan lebih parah daripada tidak mendapatkan imunisasi sama sekali.

Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/tanyadokter/question.php?qid=1275&subjek=Imunisasi-Anjuran#ixzz2dzqssVBg
Link yang disarankan :
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter