SITE STATUS
Jumlah Member :
505.904 member
user online :
499 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - mioma pada ibu hamil


mioma pada ibu hamil
Selamat pagi dok, saya hamil 5 minggu dan terdeteksi ada mioma di rahim saya...apakah ini akan mengganggu kehamilan saya? Terima kasih dok
30 Apr 2019, 8:34
Dari : Asih sp

Jawaban

Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Kenali Miom, Gejala dan Penyebabnya " :Kenali Miom, Gejala dan Penyebabnya
Bunda pasti sudah pernah mendengar istilah Miom. Miom adalah istilah medis untuk tumor dinding rahim. Miom ini sebenarnya adalah sel otot rahim yang tumbuh secara abnormal. Ukuran Miom awalnya hanya sebesar kacang polong, namun lama kelamaan bisa menjadi sebesar anggur dan banyak. Yuk cari tahu tentang penyebab, gejala dan bagaimana mengobatinya!

1.Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kebanyakan kasus Miom tidak berbahaya, karena jarang sekali berubah menjadi kanker.

2.Terdapat beberapa jenis Miom yang dibedakan berdasarkan letaknya:

a.Mioma Uteri Intramural, yaitu Miom yang sebagian besar letaknya berada di dalam otot rahim.

b.Mioma Uteri Sub Serosum, yaitu Miom yang menonjol keluar sebagian dan terpisah dari ototrahim, namun terhubung ke rahim melalui sebuah tangkai.

c.Mioma Uteri Sub Mukosum, yaitu Miom yang menonjol ke dalam rongga rahim.

d.Mioma Uteri yaitu Miom yang terlepas sama sekali dengan rahim.

3.Bila seorang wanita memiliki Miom, ia dapat menujukkan gejala seperti:

a.Sering buang air kecil dan sulit buang air besar. Gejala ini muncul karena Miom menekan organ-organ di sekitar panggul seperti kandung kemih dan usus besar.

b.Volume darah menstruasi yang banyak dan masa menstruasi lebih lama. Ini karena Miom mengganggu volume rongga rahim.

c.Terasa nyeri saat menstruasi.

d.Perut yang tampak membesar dan adanya benjolan padat di sekitar perut.

4.Meski banyak dugaan tentang penyebab Miom, namun hingga kini belum diketahui pasti apa penyebab tumbuhnya Miom. Terdapat hubungan yang erat antara Miom dan kelainan kromosom. Miom juga dikabarkan karena adanya faktor keturunan. Selain itu perkembangan Miom diduga ada kaitannya dengan terapi hormone estrogen dan progesteron.

5.Penyebab lain Miom yang sering diungkap adalah melalui asupan makanan. Makanan yang mengandung logam berat seperti timbal dan merkuri dipercaya menjadi penyebab tumbuhnya Miom.

6.Tumbuhnya Miom di saluran leher rahim dapat mempersulit sperma masuk ke rahim, sehingga pembuahan sangat sulit terjadi. Bila situasinya seperti ini, maka Miom harus diangkat melalui operasi.

7.Miom dapat membesar atau pun mengecil saat kehamilan. Jika tidak menimbulkan keluhan, Miom tidak perlu dioperasi.

8.Saat memasuki masa Menopause, Miom akan mengecil dengan sendirinya.
Bila Bunda memiliki Miom, jangan terlalu kuatir. Bila ragu hubungi dokter kandungan Bunda. Bila Bunda tak terkena Miom, ada baiknya menghindari makanan yang mengandung logam dan merkuri untuk memperkecil kemungkinan terkena Miom.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " cecilia_ch " dengan judul pertanyaan " Kehamilan dan Miom " pada Tanya Dokter:saya saat ini hamil 3 minggu 8 hari,pada saat usg di ketahui adanya miom dalam kandungan.mohon informasi dan penjelasan apakah miom dapat mengganggu perkembangan janin,makanan apa saja yg tidak boleh saya makan terkain dgn miom dan apa saja yg harus yg lakukan.terima kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda Cecilia Katharina, Mioma uteri dapat mempengaruhi kehamilan, misalnya menyebabkan infertilititas , resiko terjadinya abortus bertambah, letak janin menghalangi kemajuan persalinan menyebabkan inersia sehingga menyebabkan perdarahan pasca persalinan menyebabkan perdarahan pasca persalinan menyebabkan plasenta sukar lepas dari dasarnya dan mengganggu proses involusi dalam nifas. Pertumbuhan mioma biasanya harus dilakukan pemantauan berkala, pengobatannya tergantung dari perkembangan mioma tersebut. Saran saya, terus pantau keadaan kehamilan Bunda kepada dokter kandungan pilihan, konsumsi makanan segar dan sehat, hindari makanan instant terutama yang mengandung bahan pengawet.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " nina adi saputra " dengan judul pertanyaan " Adanya kista dan mioma selama kehamilan " pada Tanya Apoteker:Salam kenal dok, saya baru hamil 6 mggu dok, bbrp hari yang lalu, saya cek ke dokter SPog waktu diUSG saya ada miom dan kista jujur saya kaget karena selama gadis saya mens g pernah telat dan g sakit yang berlebihan, dan 2 mnggu selanjutnya disuruh periksa kembali, dok apakah kondisi janin saya bisa terganggu dan dapat berkembang dengan adanya miom dan kista, apakah nanti kelahiran saya caesar, konsumsi makan/buah yang baik untuk janin saya, makasih dokter

dr. Tanti menjawab
Dear bunda,
Apabila anda memiliki kista pada ovarium atau pada kandungan anda, maka anda harus rajin memeriksakan kandungan anda untuk masa kedepannya. Adanya kista belum tentu mengganggu kehamilan apabila ukuran kista tersebut tidak bertambah besar, cara mengetahuinya adalah dengan memeriksakan kandungan anda secara rutin kepada dokter kandungan Anda. Terkadang ukuran kista akan berkurang dan bahkan menghilang selama kehamilan karena di pengaruhi oleh faktor hormonal.
Mioma uteri dapat mempengaruhi kehamilan, misalnya menyebabkan infertilititas , resiko terjadinya abortus bertambah, letak janin menghalangi kemajuan persalinan menyebabkan inersia sehingga menyebabkan perdarahan pasca persalinan menyebabkan perdarahan pasca persalinan menyebabkan plasenta sukar lepas dari dasarnya dan mengganggu proses involusi dalam nifas. Hal ini memerlukan pemantauan berkala, pengobatannya tergantung dari perkembangan mioma tersebut. Saran saya, terus pantau keadaan kehamilan Bunda kepada dokter kandungan pilihan, konsumsi makanan segar dan sehat, hindari makanan instant terutama yang mengandung bahan pengawet.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :