SITE STATUS
Jumlah Member :
505.904 member
user online :
248 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


Kuret
Dok saya mau tanya,
Saya termasuk orang yang memiliki BB rendah. Dengan asam lambung yang sudah lumayan parah. Dan kondisi saya kurang bagus setahun terakhir, Sekarang saya hamil anak kedua. Usia kehamilan 10 mgg. apa yang harus saya lakukan? Saya tidak kuat lagi dok, ditambah morning sickness yang tiada henti
26 Mar 2019, 20:07
Dari : Dinot27

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Tampak Kurus Saat Hamil " :“Wah kamu enak ya, hamil tapi tetap kurus. Setelah melahirkan jadi tidak susah untuk menurunkan berat badan.”. Bunda mungkin pernah mendengar ungkapan seperti ini dari seseorang yang ditujukan pada orang lain, atau mungkin pada Bunda.
Kebanyakan perempuan kuatir berat badannya akan melambung tinggi setelah melahirkan. Sehingga tidak sedikit ibu hamil yang merasa senang saat berat badannya tidak naik.
Tetapi Bunda perlu waspada bila berat badan Bunda kurang saat hamil, karena hal ini bisa mengganggu kesehatan janin. yuk, cari tahu supaya kehamilan Bunda lancar dan janin tetap sehat.

Dampak Buruk
Berat badan kurang saat hamil biasanya dipicu karena rasa mual yang berlebihan. Morning sickness seringkali menjadi penyebab berat badan tidak naik. Rasa mual, muntah, dan pusing berlebihan membuat Bunda tidak berselera untuk makan.

Berat badan kurang saat hamil bisa berakibat fatal. Berikut beberapa dampak buruk yang diakibatkan berat badan Bunda kurang saat hamil:
1.Persalinan sulit dan lama
2.Persalinan premature dan adanya kelainan syaraf pusat
3.Perdarahan setelah persalinan
4.Meningkatkan resiko persalinan secara operasi Caesar
5.Kematian janin saat di dalam kandungan
6.Bayi lahir dengan berat badan rendah

Sebuah penelitian dari London School of Hygiene & Tropical Medicine menyatakan bahwa 72% ibu hamil yang kurang berat badannya, mengalami keguguran di trimester pertama kehamilannya. Tentu Bunda tidak mau hal ini terjadi. Segera lakukan sesuatu untuk menaikkan berat badan Bunda.

Apa yang harus dilakukan?
Bunda perlu melakukan perbaikan pola makan. Konsumsilah makanan yang beragam dan pastikan asupan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat tercukupi. Usahakan makan tiga kali sehari diselingi camilan yang sehat. Bila Bunda kuatir mual setelah makan, sebaiknya Bunda makan sedikit tetapi sering.

Bunda bisa menambahkan suplemen seperti asam folat, zat besi dan vitamin lain yang dibutuhkan ibu hamil. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti keju, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu menaikkan berat badan. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung cairan. Bila ternyata berat badan Bunda masih sulit naik, periksakan kondisi gigi Bunda. Gigi yang rusak membuat makanan tidak terkunyah dengan baik, sehingga makanan tidak dicerna dan diserap oleh tubuh secara sempurna. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan Bunda ya!

Note:
Pertambahan berat badan (BB) saat hamil haruslah cukup, tidak lebih ataupun kurang.
- Bila BB sebelum hamil normal, maka pertambahan berat badan yang dianjurkan adalah 9-12kg.
- Bila BB sebelum hamil berlebih, maka pertambahan berat badan yang dianjurkan berkisar 6-9kg.
- Bila BB sebelum hamil kurang, maka pertambahan berat badan yang dianjurkan antara 12-15kg.
- Bila mengandung janin kembar, pertambahan BB biasanya lebih banyak tergantung jumlah bayi yang dikandung.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " susiisnani91 " dengan judul pertanyaan "Heartburn dan BB hamil 28 minggu" pada Tanya Bidan:Bu bidan , saya mau tanya masuk kehamilan 28 week, saya mulai merasa ngilu dan panas di sekitar ulu hati, dan juga ngilu di daerah selangkangan sblh kiri. jadi setip bergerak ngilu nya sangat terasa.
cara mengatasi nya bagaimana bu ?
dan juga selama hamil hingga masuk 28 week ini berat badan saya naik hanya 5kg saja. tapi setiap cek ke dokter. berat badan bayi normal sesuai usia kandungan.

Bidan menjawab
Dear bunda Susiisnani,
Gangguan nyeri ulu hati atau biasa disebut heartburn sering dikonsumsi para bunda saat sedang hamil. Gangguan ini sering disebut dengan naiknya asam lambung, dimana ibu merasakan iritasi atau sensasi panas pada ulu hati akibat isi perut yang naik dari dalam. Saat hamil, plasenta memproduksi hormon progesteron yang juga membuat katub yang memisahkan ulu hati dan perut menjadi rileks. Karena itu, asam lambung bisa merambah naik ke perut dan menyebabkan rasa panas yang mengganggu. Untuk mencegah peningkatan asam lambung yang berlebih, disarankan untuk makan dalam porsi sedikit tapi sering, menghindari konsumsi makanan yang terlalu pedas, dan terlalu asam.

Nyeri didaerah selangkangan biasanya disebabkan oleh kondisi yang disebut Symphysis Pubis Dysfunction ( SPD ) ini terjadi karena pelepasan hormon relaksin, jumlahnya maksimal pada usia kehamilan 38-42 minggu, yang mengakibatkan pelunakan dan merenggangnya kedua tulang panggul. Pertambahan berat badan saat hamil sangat penting, sebab merupakan pertanda kehamilan berjalan dengan baik dan janin tumbuh dan berkembang di dalam rahim.

Bila BB (Berat Badan) bunda sebelum hamil normal, pertambahan BB yang dianjurkan adalah 9-12 kg. Bila BB bunda sebelum hamil berlebih, pertambahan BB yang dianjurkan adalah 6-9 kg. Dan bila BB bunda sebelum hamil kurang, BB yang dianjurkan 12-15 kg. Apabila bunda mengalami penurunan berat badan akibat keluhan mual dan muntah saat awal kehamilan, maka penambahan berat badan masih dapat dikatakan normal.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Calista Dhiaplle Octaviolet " dengan judul pertanyaan " Seputar kehamilan punya Maag " pada Tanya Dokter:Dok sya mau tnya,sya hamil anak k 2 umur kandungan sya 9 minggu 3hari,0ttpi pnya skitt maag kdng srba slah dksh mkn skit gaq mkn mlah lbih skit nya,dbgian dada sya sring brsa skit,ttapi brat bdan pun ssah bwt naik

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Ketika hamil kerap dikleuhkan adanya mual, mengidam dan nyeri lambung akibat meningkatnya asam lambung.
Morning sickness (mual & muntah, atau mengidam) sering terjadi pada awal kehamilan (sekitar minggu ke-6 sampai minggu ke-12 kehamilan). Rasa mual ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi pada wanita hamil. Pada dasarnya, morning sickness tidak berbahaya bagi ibu dan janin, namun Anda harus segera menemui dokter atau bidan Anda bila gejala mual dan muntah bahkan nyeri lambung sampai menyebabkan hambatan pada asupan nutrisi dan cairan (selalu muntah ketika makan dan minum). Makan dan minumlah dalam porsi kecil namun sering, hindari makanan yang berbau tajam dan menyebabkan Anda mual, Bunda dapat menghirup aroma lemon atau jahe untuk membantu menghilangkan rasa mual, sebaiknya Anda tidak meninggalkan atau telat makan. Pada kasus tertentu, mual dan muntah sangatlah parah dan ibu hamil harus dirawat agar terapi dan nutrisinya dapat terpenuhi dengan baik, hal ini di namakan Hyperemesis gravidarum. Periksakan diri Bunda agar dapat diobati dengan baik.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :