SITE STATUS
Jumlah Member :
505.904 member
user online :
184 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Hamil tapi bb Tidak naik


Hamil tapi bb Tidak naik
dok.... saat ini say Hamil anak ke 3 dengan usia kehamilan 27 minggu... tapi sampai saat in berat badan say Tidak mengalami kenaikan Dari awal kehamilan masih tetap di angka 64. sedangkan berat janin mengalami peningkatan.... Hal ini terjadi juga pada kehamilan ke 2 saya Tidak mengalami kenaikan berat badan hingga usia kehamilan 36 minggu Akan tetapi bayi saya lahir dengan berat badan 3,3 kilo Dan persalinan normal. sebenarnya Hal ini normal atau Tidak ya dok...
terima kasih atas penjelasannya
08 Mar 2019, 9:18
Dari : Irma Kasim

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Berat Badan Ideal Ibu Hamil " :Satu hal yang pasti dialami Bunda ketika menjalani masa kehamilan adalah berat badan yang bertambah. Berita baiknya, kenaikan berat badan tersebut bukan merupakan suatu masalah, malah merupakan salah satu indikator yang baik untuk memantau tumbuh kembang janin.

Namun, bila Bunda mengalami kenaikan berat badan yang terlalu berlebihan pada masa kehamilan, hal tersebut tentu dapat meningkatkan resiko hipertensi serta diabetes. Sebaliknya, berat badan dibawah rata-rata dapat meningkatkan resiko persalinan prematur, berat bayi lahir rendah dan komplikasi lainnya. Jadi, bagaimanakah pertambahan berat badan yang ideal untuk ibu hamil?

Pertambahan berat badan tiap Bunda pastilah berbeda satu dan lainnya. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan kalori yang berbeda-beda, kebutuhan tersebut dipengaruhi oleh jumlah berat badan Bunda sebelum masa kehamilan. Bagi Bunda yang mengalami kehamilan kembar, tentu memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih banyak. Sebagai acuan angka rata-rata berat bada ideal pada masa kehamilan, Bunda dapat melihat Tabel Perkembangan Janin & Ibu Hamil.

Konsumsi makanan yang memiliki nutrisi tinggi sangat dianjurkan bagi Bunda, semisal: gandum, kacang hijau, beras merah, dsb. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut maka diharapkan janin akan memperoleh nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya. Hindarilah makanan dengan kandungan lemak yang tinggi tapi minim nutrisi.

Dan jangan lupa, kunjungi dokter untuk mengetahui seberapa banyak kenaikan berat badan yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Selamat menjalani masa kehamilan, Bunda!
Tabel Perkembangan Janin & Ibu Hamil


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " susiisnani91 " dengan judul pertanyaan " Heartburn dan BB hamil 28 minggu " pada Tanya Bidan:Bu bidan , saya mau tanya masuk kehamilan 28 week, saya mulai merasa ngilu dan panas di sekitar ulu hati, dan juga ngilu di daerah selangkangan sblh kiri. jadi setip bergerak ngilu nya sangat terasa.
cara mengatasi nya bagaimana bu ?
dan juga selama hamil hingga masuk 28 week ini berat badan saya naik hanya 5kg saja. tapi setiap cek ke dokter. berat badan bayi normal sesuai usia kandungan.

Bidan menjawab
Dear bunda Susiisnani,
Gangguan nyeri ulu hati atau biasa disebut heartburn sering dikonsumsi para bunda saat sedang hamil. Gangguan ini sering disebut dengan naiknya asam lambung, dimana ibu merasakan iritasi atau sensasi panas pada ulu hati akibat isi perut yang naik dari dalam. Saat hamil, plasenta memproduksi hormon progesteron yang juga membuat katub yang memisahkan ulu hati dan perut menjadi rileks. Karena itu, asam lambung bisa merambah naik ke perut dan menyebabkan rasa panas yang mengganggu. Untuk mencegah peningkatan asam lambung yang berlebih, disarankan untuk makan dalam porsi sedikit tapi sering, menghindari konsumsi makanan yang terlalu pedas, dan terlalu asam.

Nyeri didaerah selangkangan biasanya disebabkan oleh kondisi yang disebut Symphysis Pubis Dysfunction ( SPD ) ini terjadi karena pelepasan hormon relaksin, jumlahnya maksimal pada usia kehamilan 38-42 minggu, yang mengakibatkan pelunakan dan merenggangnya kedua tulang panggul. Pertambahan berat badan saat hamil sangat penting, sebab merupakan pertanda kehamilan berjalan dengan baik dan janin tumbuh dan berkembang di dalam rahim.

Bila BB (Berat Badan) bunda sebelum hamil normal, pertambahan BB yang dianjurkan adalah 9-12 kg. Bila BB bunda sebelum hamil berlebih, pertambahan BB yang dianjurkan adalah 6-9 kg. Dan bila BB bunda sebelum hamil kurang, BB yang dianjurkan 12-15 kg. Apabila bunda mengalami penurunan berat badan akibat keluhan mual dan muntah saat awal kehamilan, maka penambahan berat badan masih dapat dikatakan normal.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Istie Almeera Athaleeta Kekira " dengan judul pertanyaan "Hamil 17 minggu BB belum naik " pada Tanya Dokter:Dok saya sekarang sedang hamil 17 minggu ,tapi berat badan saya tidak naik ,,apakah ini termasuk normal atau tidak

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Rata-rata kenaikan bobot badan ibu hamil pada kehamilan usia 17 minggu sebanyak 2.7 Kg. Bila bobot bunda belum ada kenaikan maka bisa mencoba mengatur menu makanan untuk menambah berat badan. Untuk menambah bobot janin pada umumnya dokter akan menyarankan untuk memakan es krim sebagai selingan atau kudapan. Sebenarnya tidak hanya es krim, menambah bobot janin harus mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang juga. Idealnya asupan makanan mengandung 50% karbohidrat, 30% lemak dan 20% protein. Untuk menambah bobot janin maka Bunda dapat menambah jumlah kudapan atau makanan dengan lebih sering. Es krim, yoghurt ataupun keju tinggi lemak merupakan beberapa pilihan sumber bahan makanan yang bernutrisi juga sumber karbohidrat dan lemak yang cukup tinggi. Hindari memakan junk food atau makanan yang kurang sehat sebagai sumber nutrisi, meskipun jenis makanan tersebut dengan mudah menambah bobot badan namun kurang sehat dari kandungan nutrisinya. Bunda dapat menggunakan sumber-sumber karbohidrat lainnya untuk menambah bobot janin, namun berhati-hati untuk tidak memakan bahan makanan dengan kandungan gula yang terlalu tinggi untuk menghindari terjadinya diabetes pada kehamilan.
Sebaiknya sebelum merubah pola dan menu makanan, Bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menilai apakah Bunda memang memerlukan tambahan asupan makanan untuk menambah berat badan.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :