SITE STATUS
Jumlah Member :
503.557 member
user online :
452 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - saya belum hamil


saya belum hamil
saya menikah sudah satu tahun lebih tidak hamil2. setiap kali saya haid perut bagian bawah selalu sakit tak tertahan dok. saya ingin cepat hamil bagaimana caranya dok
07 Feb 2019, 10:46
Dari : Dede Shinta Moon

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Jangan Sepelekan Nyeri Haid " :Hampir setiap wanita pernah merasakan nyeri haid. Nyeri haid sangat mengganggu aktivitas sehingga kita lebih memilih berbaring daripada melanjutkan pekerjaan. Tidak sedikit pula yang akhirnya memutuskan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri haid tanpa pernah memeriksakannya ke dokter.
Gejala penyerta dari nyeri haid yang dialami wanita bervariasi. Mulai dari pusing ringan, kram di area perut, keringat dingin, menggigil, lemas, hingga pingsan berkali-kali. Apakah nyeri haid berbahaya jika dibiarkan?


Nyeri yang dialami wanita saat menstruasi penyebabnya dikategorikan dalam dua jenis;
1.Dismenore Primer
Nyeri haid Dismenore Primer adalah nyeri haid yang umumnya tidak disebabkan karena kelainan atau penyakit pada organ reproduksi. Nyeri yang terjadi karena adanya peningkatan hormon Prostaglandin sehingga menimbulkan kontraksi pada uterus. Nyeri biasanya dapat berkurang dengan pemberian obat pereda nyeri haid.

2.Dismenore Sekunder
Dismenore Sekunder adalah nyeri haid yang disebabkan karena adanya masalah yang menyangkut fungsi rahim dan organ reproduksi. Kasus yang sering terjadi seperti Endometriosis, Fibroid, Pelvic Inflammatory Disesase (PID), Premenstrual Syndrome (PMS), Infeksi karena penularan aktivitas seksual, dan stress. Nyeri haid yang disebabkan oleh kasus seperti ini dapat mempengaruhi kesuburan yang berujung pada sulitnya memiliki anak. Untuk itu bila nyeri haid sudah sangat mengganggu sebaiknya periksakan ke dokter kandungan.


Penanganan yang dilakukan tergantung dari faktor penyebabnya. Bila faktor penyebabnya hanya karena kontraksi uterus dan hormon yang tidak seimbang biasanya akan diberikan penghilang rasa nyeri. Tetapi bila ditemukan adanya faktor lain pengobatan bisa dilakukan mulai dari pemberian obat-obatan hingga operasi.

Selain obatan-obatan, Bunda bisa lakukan hal berikut untuk mengurangi nyeri haid:
1.Konsumsi zat besi
Saat menstruasi wanita sering terkena anemia karena kurangnya sel darah merah. Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, hati ayam, kacang-kacangan dan bayam.

2.Botol air hangat
Ini adalah cara ampuh yang banyak dilakukan. Isi botol dengan air hangat lalu tutup. Guling-gulingkan pada bagian perut yang sakit. Cara ini bisa mengurangi nyeri haid.

3.Berbaring
Saat menstruasi biasanya kita akan merasakan nyeri punggung. Berbaringlah di alas yang rata. Gunakan bantal untuk menyangga lutut.

4.Olahraga
Bila memungkinkan lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki. Bila tidak memungkinkan, lakukanlah olahraga rutin saat tidak haid. Dengan berolahraga dapat memperlancar aliran darah di sekitar rahim.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Mustofa " dengan judul pertanyaan " Nyeri menstruasi dan kesuburan " pada Tanya Dokter:Dok,saya sudah menikah 2 th 8 bln dan belum punya anak.istri saya sering merasakan sakit di perut bagian bawah.apalagi kalau lagi haid.apakah itu salah satu gejala dari infeksi rahim?makasih dok.,

dr. Tanti menjawab
Dear Ayahanda Mustofa, nyeri saat haid di sebut dismenore, hal ini dapat berhubungan dengan adanya endometriosis, maupun gangguan organ lain dalam rahim atau tidak ada penyebabnya sama sekali dan hanya merupakan kram atau kontraksi rahim saja. Untuk mengetahui mengenai penyebab rasa nyeri ini, sebaiknya istri anda memeriksakan diri pada dokter kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, seperti pemeriksaan USG atau lainnya. Anda telah menikah lebih dari 1 tahun dan belum di karuniai anak, saya menyarankan anda berdua memeriksakan diri dengan pemeriksaan infertilitas untuk mencari tahu penyebab dan terapi agar anda mendapatkan keturunan. Demikian jawaban saya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " cherri " dengan judul pertanyaan " Ingin Hamil " pada Tanya Dokter:dok saya sudah menikah april lalu jadi 6 blan lah tetapi sampai ssat ini masih belum hamil.saya am suami ketemunya 1 MINGGU SEKALI.MOHON Dok kasih saran agar kami bisa cepat hamil?terakhir q mentruasi tgl 31 agustus tetapi itu keluar sedikit trs baru keluar lagi tgl 2 september.terima kasih

dr. Tanti menjawab
Untuk mendapatkan kehamilan, diperlukan hubungan intim yang berkualitas terutama pada masa subur. Untuk mengetahui masa subur anda, maka anda dapat menghitung dengan cara mengetahui periode siklus menstruasi anda. Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Rumusnya: Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18 Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11 Apabila siklus menstruasi teratur, Asumsi bila siklus haid teratur (28 hari) : Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1 Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid. Lakukan hubungan intim yang berkualitas pada saat-saat rentang masa subur Anda, agar terjadi pembuahan. Demikian jawaban saya,semoga dapat membantu.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter