SITE STATUS
Jumlah Member :
503.557 member
user online :
481 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - muslimah


muslimah
slmt sore dok, saya IRT, 33th. mau nanya dok, knpa ya stiap haid dan stlh haid perut bgian pinggang kiri sllu sakit, ? sy juga pngen program hamil dok..?
06 Feb 2019, 16:01
Dari : Lim1

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Jangan Sepelekan Nyeri Haid " :

Hampir setiap wanita pernah merasakan nyeri haid. Nyeri haid sangat mengganggu aktivitas sehingga kita lebih memilih berbaring daripada melanjutkan pekerjaan. Tidak sedikit pula yang akhirnya memutuskan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri haid tanpa pernah memeriksakannya ke dokter.
Gejala penyerta dari nyeri haid yang dialami wanita bervariasi. Mulai dari pusing ringan, kram di area perut, keringat dingin, menggigil, lemas, hingga pingsan berkali-kali. Apakah nyeri haid berbahaya jika dibiarkan?


Nyeri yang dialami wanita saat menstruasi penyebabnya dikategorikan dalam dua jenis;
1. Dismenore Primer
Nyeri haid Dismenore Primer adalah nyeri haid yang umumnya tidak disebabkan karena kelainan atau penyakit pada organ reproduksi. Nyeri yang terjadi karena adanya peningkatan hormon Prostaglandin sehingga menimbulkan kontraksi pada uterus. Nyeri biasanya dapat berkurang dengan pemberian obat pereda nyeri haid.
2. Dismenore Sekunder
Dismenore Sekunder adalah nyeri haid yang disebabkan karena adanya masalah yang menyangkut fungsi rahim dan organ reproduksi. Kasus yang sering terjadi seperti Endometriosis, Fibroid, Pelvic Inflammatory Disesase (PID), Premenstrual Syndrome (PMS), Infeksi karena penularan aktivitas seksual, dan stress. Nyeri haid yang disebabkan oleh kasus seperti ini dapat mempengaruhi kesuburan yang berujung pada sulitnya memiliki anak. Untuk itu bila nyeri haid sudah sangat mengganggu sebaiknya periksakan ke dokter kandungan.


Penanganan yang dilakukan tergantung dari faktor penyebabnya. Bila faktor penyebabnya hanya karena kontraksi uterus dan hormon yang tidak seimbang biasanya akan diberikan penghilang rasa nyeri. Tetapi bila ditemukan adanya faktor lain pengobatan bisa dilakukan mulai dari pemberian obat-obatan hingga operasi.

Selain obatan-obatan, Bunda bisa lakukan hal berikut untuk mengurangi nyeri haid:
1.Konsumsi zat besi
Saat menstruasi wanita sering terkena anemia karena kurangnya sel darah merah. Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, hati ayam, kacang-kacangan dan bayam.

2.Botol air hangat
Ini adalah cara ampuh yang banyak dilakukan. Isi botol dengan air hangat lalu tutup. Guling-gulingkan pada bagian perut yang sakit. Cara ini bisa mengurangi nyeri haid.

3.Berbaring
Saat menstruasi biasanya kita akan merasakan nyeri punggung. Berbaringlah di alas yang rata. Gunakan bantal untuk menyangga lutut.

4.Olahraga
Bila memungkinkan lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki. Bila tidak memungkinkan, lakukanlah olahraga rutin saat tidak haid. Dengan berolahraga dapat memperlancar aliran darah di sekitar rahim.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Green Angel " dengan judul pertanyaan " Nyeri Haid " pada Tanya Bidan:gimana caranya menghilangkan rasa sakit saat menstruasi?

Bidan menjawab
Dear bunda Green Angel,
Rasa sakit saat menstruasi terjadi karena adanya kontraksi atau kram pada rahim, kontraksi ini antara lain karena faktor psikis maupun dipicu oleh zat kimia yang dikenal sebagai prostaglandin. Ada beberapa cara untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul yaitu mengurangi makanan yg tinggi lemak, gula, dan kafein. Olah raga, serta relaksasi.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Nurhayati Binti Sutrisno " dengan judul pertanyaan " Nyeri haid " pada Tanya Dokter: Dokter saya mau tanya masalah haid, sebelum saya menikah kalau masa haid datang itu sakit sekali dan masa haid itu salama 8 hari setelah menikah saya punya anak 1 dan saya mengalami keguguran dikehamilan ke2,3,dan yang ke 4 itu harus dikuret,dan setelah kuret pertama haid dan sampai sekarang sangat sakit bagian perut kiri bawah. Dokter itu sudah hampir 2th ini dan sayapun tidak KB.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
PMS atau premenstruasi syndrome dapat terjadi beberapa hari menjelang menstruasi. PMS ini dapat berupa nyeri kepala, perubahan mood ataupun flek-flek kecoklatan yang disebabkan oleh perubahan kadar hormonal menjelang menstruasi.
Saat menstruasi dapat juga ditemukan keadaan nyeri pada bagian perut bawah. Pada nyeri menstruasi dapat dibagi menjadi dua tipe yaitu primer dan sekunder. Pada primer dysmenorrheal tidak ditemukan adanya kelainan atau penyakit pada organ reproduksi, sedangkan pada dysmenorrheal sekunder terdapat kelainan atau penyakit yang menimbulkan nyeri pada saat menstruasi. Apabila Anda telah dilakukan pemeriksaan dan tidak ditemukan kelainan, maka kemungkinan nyeri pada saat menstruasi tersebut disebabkan oleh adanya konstraksi uterus yang terlalu kuat. Pengobatan pada kasus ini adalah untuk mengurangi nyeri saat menstruasi, atau ada juga alternatif terapi hormonal yang bertujuan untuk mencegah terjadinya menstruasi alami, terapi hormonal ini dengan menggunakan pil hormonal yang di minum setiap harinya selama 21 hari. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Spesialis kandungan mengenai hal ini.
Nyeri pada saat menstruasi kerap dialami dan dianggap wajar bila hanya sesekali terjadi. Nyeri menstruasi dianggap perlu diperiksa lebih lanjut apabila nyeri sangat hebat atau sampai mengganggu aktifitas (tidak dapat melakukan aktifitas ataupun bekerja), secara rutin dirasakan setiap kali menstruasi. Nyeri yang seperti ini dapat dicurigai adanya gangguan seperti endometriosis dan keadaan endometriosis ini kerap dihubungkan dengan infertilitas (masalah kesuburan). Ketika menstruasi, dapat juga terjadi gangguan buang air besar seperti diare ataupun perut kembung. Hal ini karena pengaruh hormonal yang juga mempengaruhi organ lain saat menstruasi. Bila nyeri terasa hebat sampai tidak dapat beraktivitas, periksakan pada dokter. Untuk meringankan rasa nyeri dapat dengan menggunakan botol hangat yang ditempelkan pada daerah nyeri, bertistirahat dan memakan makanan bergizi

Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker