SITE STATUS
Jumlah Member :
501.110 member
user online :
814 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - susah bab


susah bab
hallo dok, saya dalam masa kehamilan 6 minggu, semenjak hamil, saya susah BAB, kadang 1 minggu baru keluar, itu pun di sertai darah segar, saya mau tanya bagaimana cara mengatasi hal tsb, saya sudah minum air putih yg bny, makan sayur dan buah-buahan juga rutin.
25 Oct 2018, 9:30
Dari : Sefti Anata Mechlowicz

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Bahan Makanan Pereda Keluhan Saat Hamil " :Saat sedang mengandung, seorang wanita kerap mengeluh karena mengalami beberapa gangguan kesehatan, seperti misalnya rasa mual yang sering muncul di pagi hari, diare, atau bahkan kesulitan buang air besar. Seringkali selera makan turut serta menyurut seiring dengan munculnya keluhan-keluhan tersebut.
Ada pula ibu hamil yang merasa kehilangan selera makannya, padahal...asupan nutrisi selama hamil sangat menentukan kesehatan ibu dan janin, lho. Oleh karena itu, berikut ini kami coba berikan beberapa contoh keluhan yang sering dirasakan oleh wanita hamil beserta resep praktis untuk mengatasinya:
- Munculnya rasa mual pada pagi hari
Cobalah untuk makan biskuit (crackers), sereal, atau pretzel sebelum tidur. Usahakan untuk mengurangi porsi makanan, tetapi menambah frekuensi makannya.
Hindari makanan berlemak, termasuk gorengan.

- Kesulitan buang air besar
Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Ditambah lagi, usahakan untuk selalu mengikuti anjuran minum air sebanyak 6 hingga 8 gelas per hari.

- Diare
Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung pektin dan gum, kedua jenis serat ini dipercaya mampu menyerap kelebihan air. Contoh makanan yang mengandung kedua serat tersebut, antara lain: saus apel, pisang, nasi putih, oatmeal, roti gandum, dan selai kacang.

- Jantung berdebar
Makanlah dalam porsi kecil dengan frekuensi yang lebih sering. Usahakan untuk minum susu sebelum makan dan batasi asupan makanan serta minuman yang mengandung kafein. Jangan menuruti selera makan yang menurun, apalagi sampai tidak makan. Hal tersebut bisa menghambat pertumbuhan janin di dalam rahim. Bukankah semua Bunda pasti menginginkan buah hatinya tumbuh dan berkembang sehat...?
Jadi... silahkan mencoba! Mudah-mudahan bermanfaat ya, Bunda...


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Trezy Ansyah " dengan judul pertanyaan " keluar darah saat buang air besar di usia kandungan 18w " pada Tanya Bidan:mlm bu bidan.. saya hamil usia kandungan krng lbh 18w.. sblmnya saya susah buang air besar (keras) itu juga sdh keluar darah.. kesokan harinya lancar.. tetapi masih mengeluakan darah saat BaB..
saat ini saya jg mengkonsumsi vit dan penguat kandungan dr. dokter kandungan..
apakah hal itu normal???
apakah mempengaruhi tumbuh kembang janin saya??
apa yg harus saya lakukan bu bidan??

Bidan menjawab
Dear bunda Trezy Ansyah,
Keluhan sembelit atau susah buang air besar memang kerap dialami oleh ibu hamil, hal ini disebabkan dari pengaruh hormon kehamilan, serta pembesaran rahim mempengaruhi kerja usus, untuk mengurangi sembelit sebaiknya perbaiki asupan cairan serta serat. Keluhan ini tidak mempengaruhi tumbuh kembang janin, namun menimbulkan ketidaknyamanan buat bunda. Bila keluhan semakin mengganggu sebaiknya periksakan keadaan bunda langsung pada dokter untuk penangan yang sesuai. Untuk terapi vitamin dan penguat kandungan aman untuk dikonsumsi.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " febbyqueen " dengan judul pertanyaan " Susah buang air besar saat hamil " pada Tanya Dokter: halo dokter.... saya febby hartono. saya susah sekali buang air besar. seminggu mungkin hanya 1 kali, saya itupun harus di bantu dengan mengkonsumsi buah2an, apakah susah bab dapat mengganggu buat perkembangan janin saya dokter. usia kandungan saya sekarang sudah berjalan 7 minggu.terima kasih dokter

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, penyebab konstipasi pada kehamilan dikarenakan oleh aktivitas hormonal yang membuat otot-otot pada saluran pencernaan menjadi rileks dan oleh karena adanya tekanan pada usus yang disebabkan bertambah besarnya ukuran rahim pada kehamilan. Otot saluran yang menjadi rileks ini menyebabkan makanan yang telah dicerna berjalan lambat melalui saluran pencernaan dan semakin banyak cairan yang diserap dari sisa makanan tersebut.Pastikan anda meminum banyak air dan memakan banyak serat, berolahraga ringan (konsultasikan kepada dokter anda sebelum anda memulai aktivitas olahraga) dan temui dokter anda bila keluhan konstipasi terus berlanjut.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " shienta " dengan judul pertanyaan " obat sembelit yg aman dikonsumsi saat hamil " pada Tanya Apoteker:
assalamu'alaikum bunda ...
sya mau tanya obat susah BAB saat hamil yg aman dikonsumsi apa ya bunda ??
saat ini sya hamil 33 minggu dri TM 1 hingga skrg mslah yg sering timbul adlah sembelit ..
sya sudah mengatur pola mkan n mkanan yg saya konsumsi serta minum air putih yg ckup tp mslah sembelit msih selalu menganggu ..
sya jg sudah pakai mixrolac krn setiap konsult dokter selalu menyarankan itu tp buat saya kurang pas bunda seperti blm tuntas dan msih membuat kurang nyaman diperut ..
mohon bantuannya bunda terima kasih .

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Shienta,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Selain mengatur pola makan dan minum air putih yang cukup, Saya sarankan untuk mengkonsumsi agar atau makanan lain yang tinggi serat. Mengganti sarapan dengan oat bisa membantu untuk tidak sembelit. Mengganti nasi dengan nasi merah dapat membantu mengurangi sembelit, karena nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi,

Konsumsi buah dan sayuran yang cukup setiap hari.

obat laksatif yang paling aman adalah microlax karena dapat melembutkan tinja sehingga tidak keras.

Obat lain untuk sembelit selama kehamilan membutuhkan konsultasi dengan dokter.
demikian jawaban saya, semoga membantu bunda.
Terima kasih
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :