SITE STATUS
Jumlah Member :
501.110 member
user online :
869 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - penguat kandungan


penguat kandungan
assalamualaikum,,maaf sy mau tanya bolehkah obat penguat kandungan,folavit dan penambah darah diminun secara bersamaan,,sy sedang hamil baru 5 minggu.terima kasih
24 Oct 2018, 19:06
Dari : Iis Andriani

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Ainni(0) " dengan judul pertanyaan " Folavit " pada Tanya Dokter:Dok saya mau tanyas.. saya kalo minum folavit dosis 400 tidak begitu mual tapi kalo yang dosis 1.000 mualnya terasa sekali,saya sedang hamil 9 minggu apa boleh saya mengkonsumsi folavit dosis 400saja.. lalu sebaiknya folavit diminum saat siang hari atau malam hari dok.. terimakasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Suplemen untuk ibu hamil pada umumnya mengandung berbagai vitamin dan mineral serta asam folat yang sangat penting pada kehamilan terutama awal kehamilan. Asam folat dapat mencegah kejadian keguguran serta kecacatan pada janin.
Suplemen makanan merupakan bentuk konsentrat dari vitamin, mineral dan lainnya untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Namun, suplemen makanan tidak dapat menggantikan ataupun dijadikan sumber nutrisi utama untuk mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang. Memakan buah dan sayur sangat penting terutama karena mengandung serat alami dan kandungan vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh. Kegunaan asam folat antara lain untuk mencegah resiko terjadinya keguguran, mencegah adanya kecacatan pada persyarafan janin dan membantu pembentukan sel darah merah. Pada ibu menyusui juga di anjurkan untuk mengkonsumsi asam folat karena kebaikan dan manfaat zat tersebut. Asam folat tergolong aman untuk di konsumsi sebelum maupun saat hamil, juga ketika menyusui. Mengonsumsi asam folat 400mcg/hari pada trimester pertama dan meneruskan hingga 600mcg/hari pada kehamilan 4-9 bulan mengurangi resiko bayi mengalami gangguan lain, seperti cacat celah bibir dan langit-langit, kelahiran premature, bayi lahir dengan berat rendah hingga keguguran. Apabila Bunda mengalami mual setelah meminum asam folat ataupun suplemen yang mengandung asam folat dan zat besi, maka disarankan meminumnya pada malam hari sebelum tidur.
Makanan alami yang tinggi akan asam folat yakni sayuran berdaun seperti bayam, brokoli, salada, okra, asparagus, dll. Selain sayuran, buah-buahan seperti pisang dan melon juga tinggi akan asam folat. Kacang-kacangan termasuk kacang tanah dan kacang merah juga bisa menjadi alternatif lain. Bunda juga bisa mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung asam folat dan nutrisi lainnya sebagai suplemen.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " caldasf " dengan judul pertanyaan " Mengkonsumsi susu dan vitamin bersamaan " pada Tanya Dokter: Dok, kehamilan saya sudah memasuki minggu ke-14. Saat ini saya diberi vitamin utk kehamilan, tapi saya juga sedang mengkonsumsi susu kehamilan. Apakah ada efek sampingnya nga? trus, saya juga sering merasa nyeri di pinggang dan di perut, apakah itu pengaruh naik turun tangga, naik motor dan duduk seharian di kantor? Dibalas yah... Terima kasih Dok

dr. Tanti menjawab
Dear bunda, Apabila bunda mengkonsumsi susu dan supplement vitamin, dapat bunda perhatikan kandungan di dalam susu atau supplement vitamin tersebut jenis mineral dan vitamin serta besar kandungan zat tersebut. Sebaiknya bunda memilih yang lebih lengkap baik itu susu ataupun supplement vitamin sehingga tidak perlu meminum keduanya, namun ada juga suatu suplemen yang terdiri dari beberapa kandungan dan tidak terdapat di dalam susu ataupun sebaliknya, maka ada yang berpendapat tidak apa mengkonsumsi keduanya karena kelebihan dari zat tersebut nantinya akan dibuang melalui urine. Pendapat saya, bunda sebaiknya memilih yang terlengkap diantara keduanya sehingga tidak perlu mengkonsumsi keduanya secara bersamaan. Demikian jawaban saya.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Naa(0)" dengan judul pertanyaan " obat penambah darah bumil " pada Tanya Apoteker:Hallo mba rachel, mba mau tanya, saya kan pernah diberi aspilet untuk penguat kandungan, sedangkan aspilet kan bahaya untuk bumil karena mengencerkan darah. Kemudian penggantinya saya diberi folavit untuk tambahan vitamin karena sy minum aspilet muntah2, tp minum folavit pun jg muntah2. Skrg sy diberi sangobion untuk penambah darah. Hb sy 11, Hb normal bumil brp ya mba? Apakah folavit aman? Trs vitamin dan obat penambah darah yg terbaik tnp efek samping selain folavit dan sangobion apa ya? Terimakasih

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Naa,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Hb normal untuk ibu hamil adalah 11 - 12 g/dl. Hb Bunda sekarang sudah masuk range aman. Folavit adalah suplemen yang baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung asam folat yang dibutuhkan saat kehamilan. Follavit aman dikonsumsi saat hamil.

Jika bunda mual dan muntah saat mengkonsumsi folavit dan sangobion, saya sarankan untuk mengkonsumsinya setelah atau bersamaan saat makan.
Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu bunda.

Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :