SITE STATUS
Jumlah Member :
501.938 member
user online :
1166 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kehamilan 6 minggu


kehamilan 6 minggu
bolehkah hamil membersihkan puting payudara
04 Oct 2018, 11:17
Dari : Andriani Bunda Dhanu

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Rawat Payudara Sejak Hamil" :Banyak wanita yang kuatir Air Susu Ibu (ASI)nya tidak akan keluar dan bentuk payudaranya tidak seindah sebelumnya.

Saat hamil payudara akan terasa lebih kencang, lebih besar, urat-urat halus di bawah permukaan kulit terlihat lebih jelas, dan puting susu di sekitar aerola menjadi lebih gelap. Mari rawat payudara Bunda untuk menghilangkan kekuatiran di atas.

Hormon Prolaktin
Di dalam payudara terdapat 15-25 segmen/cuping yang terdiri atas tandon kelenjar atau alveoli. Otot-otot di sekitar alveoli saling terkait yang nantinya akan berkontraksi dan memeras susu keluar melalui puting. Perkembangan sel-sel produksi susu di alveoli ini dirangsang oleh hormon prolaktin sejak usia kehamilan 8 minggu. Hormon inilah yang membuat beberapa perubahan di payudara Bunda.

Hormon inilah yang akan meningkatkan produksi ASI setelah melahirkan. Hormon prolaktin sering disebut-sebut juga sebagai hormon yang dapat membuat KB Alami. Karena hormon ini menekan hormon yang menstimulasi ovulasi.

Merawat payudara
Merawat payudara bisa dilakukan saat hamil sampai selama menyusui. Untuk melancarkan ASI dan mempertahankan keindahan bentuk payudara Bunda, lakukan hal-hal berikut:

1.Pijat
Lakukan pemijatan payudara menggunakan kedua tangan dengan baby oil. Buat gerakan memutar di sekeliling payudara searah jarum jam dan berlawanan jarum jam. Lakukan juga pemijatan dari bawah payudara menuju puting. Tak perlu memijat puting. Setelah itu tepuk-tepuklah payudara menggunakan seluruh jari Bunda untuk melancarkan peredaran darah. Terakhir, bersihkan payudara dan puting dengan air hangat lalu keringkan.

2.Senam payudara
Untuk memadatkan payudara dan merangsang produksi ASI lakukan gerakan senam yang memperkuat otot pektoralis di dada. Ada dua cara melakukannya:
a.Posisi berdiri: buatlah tangan seperti sedang bersidekap, tangan kanan memegang bagian lengan kiri bawah dekat siku, dan sebaliknya tangan kiri memegang lengan bawah kanan. Remas-remas lengan dengan cara mengeratkan pegangan sehingga otot-otot di sekitar payudara terasa kencang. Lakukan 30 kali.
b.Pegang kedua bahu Bunda, lalu buat lingkaran besar dengan kedua siku. Pertemukan kedua siku sehingga lengan bagian dalam memijat payudara Bunda. lakukan dengan arah sebaliknya. Buatlah 20 kali putaran.

3.Pakai bra yang pas
Saat ukuran payudara Bunda membesar, jangan lagi gunakan bra yang terlalu ketat. Sebaliknya, jangan pula gunakan bra yang terlalu longgar. Ukuran bra harus benar-benar pas dan nyaman dipakai. Pilih bahan yang menyerap keringat supaya Bunda lebih nyaman.

Nah, kini Bunda sudah tahu bagaimana merawat payudara Bunda. jangan takut lagi ya, Bun!

Tips:
-Gunakan kapas basah untuk membersihkan puting susu.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Nurie Rienurie " dengan judul pertanyaan " Luka di Payudara hamil 21minggu " pada Tanya Bidan:Ass Bu .. saya nurie umur 23th sedang mengandung 21minggu .. saya mau tnya bu puting payudara saya tidak mau keluar malah bisa d katakan masuk k dalam dan mengeluarkan bau seperti luka pdahal saya sering membersihkan .. boleh tau itu knpa dan cara penanganan.ny bu ?? terimakasih dan mohon jawaban.ny bu .. wassalam

Bidan menjawab
Wa'alaikumussalam bunda Nurie Rienurie,
Pada dasarnya puting payudara wanita terbagi dalam tiga jenis, yaitu

1. Puting payudara dengan bentuk normal, dimana keseluruhan puting keluar melebihi permukaan aerola.

2. Payudara dengan putting datar, tidak berubah meski telah dilakukan penekanan daerah aerola sekitar 2 cm diluar (outing pinch test).

3. Payudara dengan puting tertarik kedalam atau mencekung (inverted nipple) ketika dilakukan pinch test.

Jenis dua dan tiga termasuk tidak normal dan terbagi dalam beberapa bentuk, seperti

- Dimple : puting Yang terlihat menonjol sebagian namun masih dapat ditarik keluar meskipun tidak dapat bertahan lama.
- Unilateral : hanya satu sisi payudara yang memiliki puting yang tertarik kedalam.
- Inverted Nipple.

Bunda dapat menarik puting keluar pada saat trimester akhir kehamilan, dengan cara memegang payudara tepat diujung aerola dengan jempol dan telunjuk. Pijat dengan lembut ke arah puting sampai puting keluar, atau lakukan pinch test.

Timbulnya bau pada puting, kemungkinan terjadi infeksi pada puting, sehingga bunda memerlukan penanganan yang intensif. Segera kunjungi klinik laktasi, untuk penanganan yang memadai.

Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " ayuaryani " dengan judul pertanyaan " Cara membersihkan payudara saat hamil? " pada Tanya Dokter:selamat siang dokter.
saya ayu mau bertanya, saat ini saya sedang hamil 7 bln dan saya bingung cara membersihkan payudara saya bagaimana karna saya takut knp2 klo salah membersihkanya.
caranya bagaimana ya dok agar supaya nanti waktunya air susu saya bisa kluar tidak mampet pada saat saya melahirkan dan menyusui?
trimakasih

dr. Tanti menjawab
Air Susu Ibu (ASI) merupakan salah satu komponen penting bagi tumbuh kembang buah hati dan oleh karenanya ada program ASI eksklusif 6 bulan yakni pemberian ASI saja sebagai makanan dan minuman bayi selama 6 bulan penuh. Maka sering timbul pertanyaan serupa seperti pertanyaan Anda, bagaimana mempersiapkan payudara agar dalam kondisi optimal supaya dapat menyusui dengan baiknya.

Sebetulnya pada dasarnya tidak ada tatacara khusus dalam merawat payudara untuk mempersiapkan ASI. ASI akan keluar dengan sendirinya oleh karena tingginya hormon prolaktin menjelang hingga pasca melahirkan. Hormon ini merangsang produksi ASI dan akan terus ada selama bayi masih aktif menyusui. ASI sendiri dapat keluar dari puting oleh karena pengaruh hormon oksitosin yang akan timbul selama proses menyusui langsung dari ibu pada bayinya. Hanya saja patut diperhatikan untuk tidak memijat payudara menjelang akhir kehamilan karena dapat merangsang proses persalinan sebelum waktunya. Hal ini penting dikatakan mengingat banyak yang berasumsi bahwa mempersiapkan ASI ialah dengan jalan mengurut atau memijat payudara dengan harapan ASI dapat diproduksi dengan lancar. Cukup Anda bersihkan setiap hari saat mandi, agar tidak terjadi kolonisasi kuman dan menyebabkan peradangan yang menyulitkan proses ASI nantinya
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :